KOMODIFIKASI PESAN DAKWAH: ANALISIS WACANA KRITIS DALAM IKLAN DUTA PELAJAR RABBANI

Nova Siti Umaya(1*), Akhmad Rifa'i(2),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mengkomodifikasikan agama menjadi keuntungan yang bernilai material. Iklan fashion muslim yang beredar di media sosial menjadi contoh bentuk komodifikasi agama. Artikel ini akan membahas komodifikasi pesan dakwah dalam iklan Rabbani, edisi Duta Pelajar Rabbani (DPR) 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis Sara Mills. Studi ini berusaha menyajikan gambaran lengkap mengenai komodifikasi pesan dakwah pada iklan dan memberikan penjelasan mengenai posisi subjek dan objek dalam iklan di media. Berdasarkan hasil analisis, pesan dakwah yang dikomoditi berkaitan dengan anjuran menerapkan identitas, nilai dan kakarter Rabbani, di antaranya menutup aurat dengan pakaian panjang (jilbab) dan kerudung serta mampu membaca Al-Quran agar menjadi teladan bagi pelajar lainnya dalam mencerminakn nilai-nilai rabbani. Namun disamping itu, menurut Sara Mills terjadi marjinalisasi sebagian kelompok dalam hal ini kaum perempuan sebagai objek pada teks iklan dan audiens yang tidak dapat memenuhi standar kecantikan yang diciptakan media iklan. Sehingga mereka tidak memiliki banyak ruang untuk bereksplorasi dan berekspresi di media, khususnya media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi penting untuk memahami bagaimana media digunakan sebagai alat komodifikasi agama yang lumrah dilakukan namun disisi lain sebagai jurang pemisah antara perempuan rupawan dan tidak. Sehingga dapat diadakan penelitian lanjutan yang lebih mendalam mengenai persoalan di atas.


Keywords


Iklan; Komodifikasi; Media Sosial; Perempuan; Rabbani

Full Text:

PDF

References


Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. 1st ed. Jakarta: Kencana.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Annur, Cindy Mutia. 2023. “Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5,16 Miliyar Orang Pada Januari 2023.†Databoks.Katadata, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-516-miliar-orang-pada-januari-2023#:~:text=Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5%2C16 Miliar Orang pada Januari 2023,-Teknologi %26 Telekomunikasi&text=Lapora.

Aziz, Moh Ali. 2017. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Ba’its, Ammi Nur. 2011. “Mendidik Generasi Rabbani.†At Tauhid

Buletin.Muslim.or.Id, 2011. https://buletin.muslim.or.id/mendidik-generasi-rabbani/.

Bahri, Media Zainul. 2022. Perjumpaan Islam Ideologis Dan Islam Kultural. 1st ed. Yogyakarta: IRCiSoD.

CREC, Aileena Solicitor. 2013. “Representasi Perempuan Muslim Kontemporer: Identitas Perempuan Muslim Pada Iklan Wardah.†Visualita 5 (1): 100–115. https://doi.org/10.33375/vslt.v5i1.1107.

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Ke-V. Yogyakarta: LKis.

Fajar, Ario. 2014. “Rabbani, Raja Busana Muslim Di Bandung.†Swa Online, September 18, 2014. https://swa.co.id/swa/trends/management/rabbani-raja-busana-muslim-dari-bandung?page=8.

Fauzi, Ahmad Nailul. 2019. “Komodifikasi Agama Terhadap Pembacaan (Khataman) Alquran Air Kemasan Kh-Q Pt. Buya Barokah.†Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis 7 (02): 281. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v7i02.5802.

Febriani, Nufian S. 2022. Sejarah Dan Evolusi Strategi Manajemen Periklanan Di Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Helianthusonfri, Jefferly. 2020. Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Ibrahim, Idi Subandy, and Bachruddin Ali Akhmad. 2014. Komunikasi Dan Komodifikasi. 1st ed. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ihsan, Wahyu, and atus Saudah. 2022. “Beauty Privilege Wanita Menurut Pandangan Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik).†El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis 11 (2): 190. https://www.economica.id/2020/04/20/beauty-.

JA, Denny. 2014. Indonesia Tanpa Diskriminasi. Jakarta: Inspirasi.co.

Mayaningrum, Hana Qodzari. 2016. “Komodifikasi Hijab Dalam Iklan Kosmetik Sophie Paris Versi ‘Natural & Halal’ Di Televisi.†CHANNEL: Jurnal Komunikasi 4 (2): 207–26. https://doi.org/10.12928/channel.v4i2.6227.

Munir, M. 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Muslim, Abu Husain. 1993. Shahih Muslim, Juz. 3, No. 2564. Bairut Libanon: Darul Fikri.

Prajarini, Dian. 2020. Media Sosial Periklanan-Instagram. 1st ed. Sleman: Deeppublish.

Rahmadani, Rizki Alya Putri. 2022. “Fenomena Good Looking: Label Standar Kecantikan Baru Dalam Pergaulan Zaman.†Blog Sahabat Jurnal Perempuan. 2022. https://www.jurnalperempuan.org/blog-sjp/fenomena-good-looking-label-standar-kecantikan-baru-dalam-pergaulan-zaman-now.

Sadya, Sarnita. 2023. “Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat Di Dunia Pada Awal 2023.†DataIndonesia.Id, 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023.

Syaepu, Indra Latif, and M Sauki. 2021. “Komodifikasi Agama: Islam Fashion Sebagai Gaya Hidup Di Era Modern Dalam Pandangan Mahasiswa Dan Santri.†Communicative : Jurnal Komunikasi Dan Dakwah 2 (2): 148. https://doi.org/10.47453/communicative.v2i2.581.

Triwardhani, Ike Junita, Endri Listiani, and Raditya Pratama Putra. 2021. “Peran Perempuan Dalam Iklan Televisi Di Indonesia-Malaysia.†Jurnal Common 5 (1): 12–24. https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4675.

Yustati, Herlina. 2017. “Implikasi Strategi Pemasaran Melalui Komodifikasi Agama Di Indonesia†3 (2): 1–14.




DOI: 10.24235/orasi.v14i1.13371

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â