LIVING RELIGION JURNALIS DI MEDIA LINTAS PLATFORM

Syaiful Halim(1*), Dody S. Truna(2),


(1) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam kurun sepuluh tahun terakhir, media lintas platform bersikeras menjalankan praktik-praktik komodifikasi, dengan menyajikan teks-teks bertema ‘agama’ yang harus dimaknai sebagai ‘politisasi identitas agama’. Para jurnalis memiliki peran besar dalam kegiatan produksi dan distribusi isu-isu yang sesungguhnya berkaitan erat dengan persoalan identitas agama (persisnya, agama Islam, di mana penganut agama ini merupakan mayoritas penduduk negeri ini). Untuk mendeskripsikan keberadaan living religion jurnalis di media lintas platform, penulis melakukan penelitian kualitatif, dengan paradigma konstruktivistik, dan metode penelitian studi kasus. Kesimpulannya, para jurnalis media lintas platform cenderung tidak lagi memerhatikan prinsif-prinsif jurnalisme, etika komunikasi, atau soal kegunaan untuk khalayak, apalagi pengetahuan agama. Hal ini menjadi pembuktian konstribusi media dalam memancang keberadaan agama masyarakat kontemporer melalui praktik-praktik keagamaan yang mencerminkan sikap sekular dan realitas geo-religius.


Keywords


Agama; Jurnalis; Lintas Platform; Living Religion; Masyarakat Kontemporer; Media

Full Text:

PDF

References


Al-Azami, Salman. 2016. Religion in the Media: A Linguistic Analysis. New York: Palgrave Macmillan.

Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eller, Jack David. 2007. Introducing Anthropology of Religion: Culture to the Ultimate. New York: Routledge.

Fisher, Mary Pat and Rinehart, Robin. 2017. Living Religions. London: Laurence King Publishing.

Green, Nile, and Mary Searle-Chatterjee. 2008. Religion, Language, and Power. 1st editio. New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203926857.

Halim, Syaiful. 2019. Reportase: Panduan Praktis Reportase Untuk Media Televisi. 1st ed. Jakarta: PrenadaMedia Group.

———. 2023. Postkomodifikasi Politik Identitas: Kajian Studi Agama-Agama Atas Media Lintas Platform. Depok: RajaGrafindo Persada.

Menzies, Allan. 2017. Sejarah Agama Agama: Studi Sejarah, Karakteristik Dan Praktk Agama-Agama Besar Di Dunia. Yogyakarta: Forum.

Rakhmani, Inaya. 2016. Mainstreaming Islam in Indonesia: Television, Identity, and the Middle Class. New York: Palgrave Macmillan.

Sudibyo, Agus. 2009. Politik Media Dan Pertarungan Wacana. Edited by Nurul Huda SA. 4th ed. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: 10.24235/orasi.v14i1.12907

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â