REVITALISASI “LEGENDA AZAN PITU†MELALUI SINIAR: MENYEMAI SPIRIT ISLAMI DAN TRADISI
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini, yakni mendeskripsikan wujud revitalisasi cerita legenda Azan Pitu melalui media siniar atau podcast. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya masyarakat Cirebon yang mengenali cerita legendanya sendiri. Terutama pada kalangan anak-anak maupun remaja. Padahal, dalam cerita tersebut memuat berbagai nilai positif baik dari aspek keagamaan maupun kebudayaan. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari legenda “Azan Pitu†yang ditayangkan di siniar Rumah Inspirasi. Sementara itu, data penelitian berupa penggalan tuturan yang disampaikan oleh pendongeng. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data kuesioner berupa pernyataan-pernyataan dan dokumentasi berupa rekaman video. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data lapangan, verifikasi data melalui klarifikasi berdasarkan kategori tertentu, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah adanya siniar yang memuat konten Azan Pitu membuat penonton menjadi melek terhadap tradisi maupun cerita legenda Cirebon. Tayangan siniar tersebut juga memotivasi mereka untuk terus memperbarui literasi cerita legenda dari daerahnya. Di sisi lain, legenda yang disampaikan memuat nilai-nilai semangat Islami, antara lain meningkatkan iman, meningkatkan ibadah, memperbaiki akhlak, dan menjaga kedamaian.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Musyafa, Riyanti, and Umi Khomsiyatun.
“Pendidikan Moral Anak Usia Dini
Berbasis Kearifan Lokal Dalam
Keluarga.†Jurnal Obsesi 6 (3): 2287–95.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2020
.
Cahyani, Atif Nur. 2019. “Makna Simbolik
Dalam Geguritan ‘Sengkuni Mbayi’
Karya Setyawati Dwi Dijaman Sekarang
(Kajian Antropologi Sastra).†Jurnal
Ikabudi 8 (1).
https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v8i1.42
Candrakusuma, I Dewa Agung Made. 2021.
“Masatua Sebagai Salah Satu Kearifan
Lokal Bali Untuk Melestarikan Bahasa
Bali.†Dharma Sastra: Jurnal Bahasa
Dan Sastra Daerah 1 (1).
https://doi.org/https://doi.org/10.25078/d
s.v1i1.2337.
Dwipayana, I Kadek Adhi. 2020. “Inovasi
Pembelajaran Apresiasi Sastra Lisan
Dalam Konteks Masa Pandemi Covid19.†STILISTIKA Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Seni 9 (1).
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stili
stika/article/view/961.
Erfinawati, and Ismawirna. 2019. “Nilai
Budaya Dalam Sastra Lisan Masyarakat
Aceh Jaya.†Jurnal Bahasa Dan Sastra
(2): 81–89.
https://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article/do
wnload/14763/11064#:~:text=Hasil
penelitian menunjukkan bahwa
nilai,%2C perihal lamaran%2C dan
hedonis.
Febriyanto, Dedi, Kiki Nurjana, Eka Anista,
and Dedi Mardiansyah. 2021. “Kearifan
Lokal Dalam Hikayat Komering Pitu
Phuyang.†Diglosia: Jurnal Kajian
Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 4
(3): 321–34.
https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.227.
Hasanah, Luluk Ulfa, and Novi Andari. 2021.
“Tradisi Lisan Sebagai Media
Pembelajaran Nilai Sosial Dan Budaya
Masyarakat.†Fonema: Jurnal Edukasi
Bahasa Dan Sastra Indonesia 4 (1): 48–
https://doi.org/https://doi.org/10.25139/fn
.v4i1.3232.
Hestiyana, NFN. 2015. “Fungsi Tradisi Lisan
Susurungan Bagi Masyarakat Banjar
Hulu.†Mabasan 9 (2): 88–99.
https://doi.org/https://doi.org/10.26499/m
ab.v9i2.161.
Jamilah. 2017. “Pembentukan Karakter Anak
Melalui Pembelajaran Cerita Dongeng
Nusantara.†Jurnal PTK Dan Pendidikan
(2): 87–96.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/
ptk.v3i2.1962.
Jati, Rocky Prasetyo. 2021. “Podcasting
Sebagai Metode Alternatif Penelitian
Sosial.†MEDIASI – Jurnal Kajian Dan
Terapan Media, Bahasa, Komunikasi 2
(3): 242–54.
https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/me
diasi/article/download/408/271.
Kaswadi. 2022. “Karakteristik Dan Strategi
Pembelajaran Sastra Lisan.†Jurnal
Ilmiah Sarasvati 4 (1): 68–78.
https://doi.org/10.30742/sv.v4i1.2110.
Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara.
“Podcast Sebagai Media
Pembelajaran Di Era Milenial.†Jurnal
Golden Age 3 (2): 126–35.
https://doi.org/https://doi.org/10.29408/g
oldenage.v3i02.1720.
Parozak, M. Rudi Gunawan, and Fadma
Rosita. 2020. “Implementasi Pendidikan
Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Di Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lombok
Timur.†Nusra: Jurnal Penelitian Dan
Ilmu Pendidikan 1 (1): 1–9.
https://doi.org/https://doi.org/10.55681/n
usra.v1i1.1.
Razi, Ahmad Fahrur. 2020. “Aktualisasi Spirit
Islam Nusantara Dan Islam Berkemajuan
, Dua Instrumen Penagkal Arus
Radikalisasi Penegak Negara
Demokrasi.†Muasarah: Jurnal Kajian
Islam Kontemporer 2 (2): 58–65.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/
msr.v2i2.4313.
Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal :
Hakikat, Peran, Dan Metode Tradisi
Lisan. Jakarta Selatan: Asosiasi Tradisi
Lisan.
Strickland, Bronson K., Jarred M. Brooke,
Mitchell T. Zischke, and Marcus A.
Lashley. 2021. “Podcasting as a Tool to
Take Conservation Education Online.â€
Ecology and Evolution 11 (8): 3447–
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/
1002/ece3.7353.
Syahri, Akhmad. 2018. “Spirit Islam Dalam
Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi
Industri 4.0.†Attarbiyah 28: 62–80.
https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v28i0.6
-80.
Widihastuti, Rahma Ari. 2021. “Revitalisasi
Dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan
Dalam Komunitas Srandul Suketeki.â€
Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri
Humaniora 6 (1): 33–46.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/
sh.v6i1.440
DOI: 10.24235/orasi.v13i2.11712
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.