REVITALISASI “LEGENDA AZAN PITU†MELALUI SINIAR: MENYEMAI SPIRIT ISLAMI DAN TRADISI

Nurhannah Widianti(1), Abdu Zikrillah(2*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini, yakni mendeskripsikan wujud revitalisasi cerita legenda Azan Pitu melalui media siniar atau podcast. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya masyarakat Cirebon yang mengenali cerita legendanya sendiri. Terutama pada kalangan anak-anak maupun remaja. Padahal, dalam cerita tersebut memuat berbagai nilai positif baik dari aspek keagamaan maupun kebudayaan. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari legenda “Azan Pitu†yang ditayangkan di siniar Rumah Inspirasi. Sementara itu, data penelitian berupa penggalan tuturan yang disampaikan oleh pendongeng. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data kuesioner berupa pernyataan-pernyataan dan dokumentasi berupa rekaman video. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data lapangan, verifikasi data melalui klarifikasi berdasarkan kategori tertentu, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah adanya siniar yang memuat konten Azan Pitu membuat penonton menjadi melek terhadap tradisi maupun cerita legenda Cirebon. Tayangan siniar tersebut juga memotivasi mereka untuk terus memperbarui literasi cerita legenda dari daerahnya. Di sisi lain, legenda yang disampaikan memuat nilai-nilai semangat Islami, antara lain meningkatkan iman, meningkatkan ibadah, memperbaiki akhlak, dan menjaga kedamaian. 


Keywords


Azan Pitu; Cerita Legenda; Siniar; Spirit Islami; Tradisi

Full Text:

PDF

References


Ali, Musyafa, Riyanti, and Umi Khomsiyatun.

“Pendidikan Moral Anak Usia Dini

Berbasis Kearifan Lokal Dalam

Keluarga.†Jurnal Obsesi 6 (3): 2287–95.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2020

.

Cahyani, Atif Nur. 2019. “Makna Simbolik

Dalam Geguritan ‘Sengkuni Mbayi’

Karya Setyawati Dwi Dijaman Sekarang

(Kajian Antropologi Sastra).†Jurnal

Ikabudi 8 (1).

https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v8i1.42

Candrakusuma, I Dewa Agung Made. 2021.

“Masatua Sebagai Salah Satu Kearifan

Lokal Bali Untuk Melestarikan Bahasa

Bali.†Dharma Sastra: Jurnal Bahasa

Dan Sastra Daerah 1 (1).

https://doi.org/https://doi.org/10.25078/d

s.v1i1.2337.

Dwipayana, I Kadek Adhi. 2020. “Inovasi

Pembelajaran Apresiasi Sastra Lisan

Dalam Konteks Masa Pandemi Covid19.†STILISTIKA Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Seni 9 (1).

https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stili

stika/article/view/961.

Erfinawati, and Ismawirna. 2019. “Nilai

Budaya Dalam Sastra Lisan Masyarakat

Aceh Jaya.†Jurnal Bahasa Dan Sastra

(2): 81–89.

https://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article/do

wnload/14763/11064#:~:text=Hasil

penelitian menunjukkan bahwa

nilai,%2C perihal lamaran%2C dan

hedonis.

Febriyanto, Dedi, Kiki Nurjana, Eka Anista,

and Dedi Mardiansyah. 2021. “Kearifan

Lokal Dalam Hikayat Komering Pitu

Phuyang.†Diglosia: Jurnal Kajian

Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 4

(3): 321–34.

https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.227.

Hasanah, Luluk Ulfa, and Novi Andari. 2021.

“Tradisi Lisan Sebagai Media

Pembelajaran Nilai Sosial Dan Budaya

Masyarakat.†Fonema: Jurnal Edukasi

Bahasa Dan Sastra Indonesia 4 (1): 48–

https://doi.org/https://doi.org/10.25139/fn

.v4i1.3232.

Hestiyana, NFN. 2015. “Fungsi Tradisi Lisan

Susurungan Bagi Masyarakat Banjar

Hulu.†Mabasan 9 (2): 88–99.

https://doi.org/https://doi.org/10.26499/m

ab.v9i2.161.

Jamilah. 2017. “Pembentukan Karakter Anak

Melalui Pembelajaran Cerita Dongeng

Nusantara.†Jurnal PTK Dan Pendidikan

(2): 87–96.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/

ptk.v3i2.1962.

Jati, Rocky Prasetyo. 2021. “Podcasting

Sebagai Metode Alternatif Penelitian

Sosial.†MEDIASI – Jurnal Kajian Dan

Terapan Media, Bahasa, Komunikasi 2

(3): 242–54.

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/me

diasi/article/download/408/271.

Kaswadi. 2022. “Karakteristik Dan Strategi

Pembelajaran Sastra Lisan.†Jurnal

Ilmiah Sarasvati 4 (1): 68–78.

https://doi.org/10.30742/sv.v4i1.2110.

Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara.

“Podcast Sebagai Media

Pembelajaran Di Era Milenial.†Jurnal

Golden Age 3 (2): 126–35.

https://doi.org/https://doi.org/10.29408/g

oldenage.v3i02.1720.

Parozak, M. Rudi Gunawan, and Fadma

Rosita. 2020. “Implementasi Pendidikan

Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Di Madrasah

Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lombok

Timur.†Nusra: Jurnal Penelitian Dan

Ilmu Pendidikan 1 (1): 1–9.

https://doi.org/https://doi.org/10.55681/n

usra.v1i1.1.

Razi, Ahmad Fahrur. 2020. “Aktualisasi Spirit

Islam Nusantara Dan Islam Berkemajuan

, Dua Instrumen Penagkal Arus

Radikalisasi Penegak Negara

Demokrasi.†Muasarah: Jurnal Kajian

Islam Kontemporer 2 (2): 58–65.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/

msr.v2i2.4313.

Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal :

Hakikat, Peran, Dan Metode Tradisi

Lisan. Jakarta Selatan: Asosiasi Tradisi

Lisan.

Strickland, Bronson K., Jarred M. Brooke,

Mitchell T. Zischke, and Marcus A.

Lashley. 2021. “Podcasting as a Tool to

Take Conservation Education Online.â€

Ecology and Evolution 11 (8): 3447–

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/

1002/ece3.7353.

Syahri, Akhmad. 2018. “Spirit Islam Dalam

Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi

Industri 4.0.†Attarbiyah 28: 62–80.

https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v28i0.6

-80.

Widihastuti, Rahma Ari. 2021. “Revitalisasi

Dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan

Dalam Komunitas Srandul Suketeki.â€

Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri

Humaniora 6 (1): 33–46.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/

sh.v6i1.440




DOI: 10.24235/orasi.v13i2.11712

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â