TREND PODCAST SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH MASA KINI

M. Al Qautsar Pratama(1*), Maulida Dwi Agustiningsih(2),


(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan zaman yang diiringi oleh perkembangan digital, mengakibatkan munculnya teknologi-teknologi baru yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan manusia. Belakangan ini podcast menjadi pelayanan digital media baru yang dinilai lebih fleksibel. Podcast merupakan sebuah konten dalam audio broadcast yang dapat dijangkau melalui banyak platform, seperti spotify, soundcloud, google podcast, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend podcast sebagai media komunikasi dan dakwah masa kini. Metode yang digunakan adalah library research dengan menganalisis data pustaka secara mendalam untuk mengurai rumusan masalah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa podcast merupakan media komunikasi dan dakwah yang efektif karena dapat menyampaikan pengetahuan kepada khalayak, dan dapat diakses dengan aman dan nyaman. Podcast juga menyajikan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Yang dikemas dengan cara yang unik dengan menyesuaikan dengan karakter dan orientasi media

Keywords


Konten Dakwah; Komunikasi; Media Baru; Podcast

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Bonini, Tiziano. 2015 “The Second Age Of Podcasting: Reframing Podcasting as A New Digital Mass Mediumâ€, in Journal of Quaderns del CAC, Vol. 41 No. 18.

Effendy, O. U. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadilah, Efi Pandan Yudhapramesti, & Nindi Aristi. 2017. “Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audioâ€, dalam Jurnal Kajian Jurnalisme, Vol. 1 No. 1.

Fajar, M. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indri, 5 Pilihan Podcast Islami Terbaik di Spotify buat Temanin Buka dan Sahur. dalam https://urbandigital.id/pilihan-podcast-islami-terbaik-spotify/

Munir, M. dan Wahyu Ilaihi. 2015 Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa (6th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Pratomo, Yudha. 2022. Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. dalam https://tekno.kompas.com/read/2022/05/17/09000067/jumlah-pendengar-podcast-di-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia?page=all

Snyder, Hannah. 2019. Literature Review as A Research Methodology: An Overview And Guidelines, in Journal of Business Research, Vol. 104.

Ummah, Athik Hidayatul. 2020. “Dakwah Digital dan Generasi Milenialâ€, dalam Jurnal Tasamuh Vol. 18 No. 1

Pew Internet Project Data Memo. Pew Internet and American Life Project. Retrieved form www.pewsearch.org/PIP_Podcasting_Nov06_memo

Winengan. 2018. Seni Mengelola Dakwah. Mataram: Sanabil.

Zellatifanny, Cut Media. 2020. “Tren Diseminasi Konten Audio on Demand Melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesiaâ€, dalam Jurnal Pekommas, Vol. 5 No. 2.




DOI: 10.24235/orasi.v14i2.11331

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â