STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK AIRLANGGA HARTARTO DALAM MEMBANGUN POLITICAL BRANDING MENJADI CAPRES 2024

Rahmat Sahid(1*), Heri Budianto(2),


(1) Universitas Mercu Buana, Jakarta
(2) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author

Abstract


Semua kontestan politik di Indonesia baik perseorangan ataupun partai politik mempunyai strategi komunikasi pemasaran politik, baik dilakukan oleh konsultan politik profesional maupun seorang kader yang mampu melakukan komunikasi politik dan memiliki jejaring kuat dengan media. Istilah dari profesi ini kini populer digunakan demi tercapainya target suara yang diharapkan. Di satu sisi, strategi komunikasi pemasaran politik juga bertujuan menciptakan Political Branding terhadap seorang kandidat. Political Branding sendiri menjadi salah satu instrumen penting dalam sebuah kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) agar kandidat tersebut memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kandidat lain sehingga dapat mudah dikenal oleh khalayak umum. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Political Branding kandidat calon presiden (capres). Subjek utama pada penelitian ini adalah salah satu Bakal Calon Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029, Airlangga Hartarto. Sementara, informan tambahan dalam penelitian ini adalah tim pemenangan, elite Partai Golkar, dan pakar survei sekaligus komunikasi politik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivis, yaitu berusaha memahami realita pengalaman yang dengan paradigma konstruktivis ini penulis menggunakannya untuk mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran Airlangga Hartarto dalam membangun Political Branding menjadi capres pada pemilu 2024 mendatang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Airlangga Hartarto menggunakan 3 strategi komunikasi pemasaran politik, yaitu dengan segmentasi pemilih tradisional, menjadikan tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai target dalam komunikasi dengan pemilih, serta terus melakukan konsolidasi internal guna memperkuat positioning. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa political branding Airlangga Hartarto adalah seorang teknokrat yang sukses memimpin Kemenko Perekonomian dan pribadi religius keturunan Ki Ageng Gribig.

Keywords


Calon Presiden; Political Branding; Strategi Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2015. Komunikasi Politik:

Paradigma - Teori - Aplikasi - Strategi

Dan Komunikasi Politik Indonesia.

Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi

Politik:Konsep, Teori Dan Strategi. Edisi

Revi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Firmanzah. 2012. Pemasaran Politik Antara

Pemahaman Dan Realitas. Edisi Revi.

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor

Indonesia.

Haryokusumo, Diaz. 2016. “Pengaruh

Kepemimpinan Autentik Pada Emosi

Positif, Kepercayaan, Dan Harapan Serta

Dampaknya Pada Komitmen

Organisasional.†Jurnal Bisnis

Darmajaya 2 (2).

https://doi.org/https://doi.org/10.30873/jb

d.v2i2.705.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2006.

Principles of Marketing. 11th Ed. Upper

Saddle River: New Jersey: Prentice-Hall.

Kotler, Philip, dan Neil Kotler. 1999.

"Political Marketing - Generating

Effective Candidates, Campaigns, and

Causes. CA: Sage Publications, Inc.

Littlemore, Jeannette. 2003. The

Communicative Effectiveness of Diferent

Types of Communication Strategy.

University of Birmingham.

https://www.researchgate.net/publication/

_The_communicative_effecti

veness_of_different_types_of_communic

ation_strategy.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Newman, Bruce I. 1999. The Mass Marketing

of Politic: Democracy in Age of

Manufactured of Image. New Delhi:

Sage Publications, Inc.

Perloff, Richard M. 1998. Political

Communication: Politics, Press, and

Public in America. Routledge.

Republika.co.id. 2022. “Airlangga Harap

Golkar Jangkau 17 Juta Pemilih Hingga

Akhir Tahun Ini.†Republika.Co.Id.2022.

https://www.republika.co.id/berita/rainbo

/airlangga-harap-golkar-jangkau-17-

juta-pemilih-hingga-akhir-tahun-ini.

Rodiah, Saleha, dan Pawit Yusuf. 2018.

“Strategi Komunikasi Dalam

Pengembangan Desa Agro Wisata Di

Kabupaten Pangandaran.†Jurnal Signal

(2).

https://doi.org/10.33603/signal.v6i2.1321

.

Rohrschneider, Robert, dan Stephen

Whitefield. 2012. The Strain of

Representation: How Parties Represent

Diverse Voters in Western and Eastern

Europe (Comparative Politics). Illustrate.

Oxford University Press.

Tirto.id. 2017. “Termasuk Pemilih Macam

Apakah Anda Dalam Pilkada?â€

Www.Tirto.Id. 2017.

https://tirto.id/termasuk-pemilih-macamapakah-anda-dalam-pilkada-cmWj




DOI: 10.24235/orasi.v13i2.11227

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â