KONSEP ITTISHAL AL-SANAD SEBAGAI SYARAT KAJIAN KITAB KUNING DALAM TRADISI PESANTREN AN-NAHDLIYYAH CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afwadzi, Benny. “MEMBANGUN INTEGRASI ILMU-ILMU SOSIAL DAN HADIS NABI.†Jurnal Living Hadis 1, no. 1 (May 6, 2016): 101–28. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2016.1070.
Aisyah. 2009. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.
Ali, St Nomah. “Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) 1 Kolaka.†Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 4, no. 2 (December 28, 2018): 127–44. https://doi.org/10.31332/zjpi.v4i2.1082.
Asadullah, M Niaz, and Nazmul Chaudhury. “To Madrasahs or Not to Madrasahs: The Question and Correlates of Enrolment in Islamic Schools in Bangladesh.†International Journal of Educational Development 49 (July 1, 2016): 55–69. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.01.005.
Asqalany, al-, Ahmad ibn Ali ibn Hajar. Fath Al-Bary Bi Syarh Sahih al-Bukhari. Riyadh: Dar al-Taybah, 2005.
Aziz, Safrudin. “Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik Bagi Anak Usia Dini Dalam Keluarga.†Dialogia 15, no. 1 (June 1, 2017): 131–49. https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i1.1188.
Chasanah, Udzlifatul. “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.†Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18, 2017): 83–115. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.
———. “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.†Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18, 2017): 83–115. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.
Elewa, A. “Authorship Verification of Disputed Hadiths in Sahih Al-Bukhari and Muslim.†Digital Scholarship in the Humanities 34, no. 2 (2019): 261–76. https://doi.org/10.1093/llc/fqy036.
Fadhli, Muhibuddin. “Pemikiran Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.†JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 1, no. 1 (December 1, 2016). https://doi.org/10.24269/jin.v1n1.2016.pp69-80.
Filasofa, Lilif Muallifatul Khorida. “Analisis Semiotika Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Kitab Tarbiyat Al-Aulad Fi Al-Islam.†Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 1 (July 6, 2017): 111–26. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1471.
file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/62-165-1-PB.pdf
Fitriningsih, Fitriningsih. “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah.†Jurnal Musawa IAIN Palu 8, no. 1 (2016): 55–68.
Hanur, Binti Su’aidah, and Fatimah Fatimah. “Dari Pesantren Untuk PIAUD.†Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, no. Seri 2 (May 14, 2017): 898–908.
Harmika, Harmika." Urgensi Kopetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter MTs Mursyidul Awwam Cenrana.†Masters, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2201/.
Hartini. Metodologi Pendidikan Anak. Scribd, accessed April 26, 2020, https://id.scribd.com/doc/250527519/03-Metodologi-Pendidikan-Anak-n-Hartini.
Hasbiyallah, Hasbiyallah. “Relevansi Materi Hadis Pada Jurusan Pai Dengan Bahan Ajar Quran Hadis Pada Madrasah Tsanawiyah.†Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 1, no. 1 (February 17, 2016): 71–84. https://doi.org/10.15575/ath.v1i1.2436.
Hidayati, Laily. “Qashashul Quran: Pengembangan Mata Kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).†Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, no. Seri 2 (May 14, 2017): 909–19.
Huda, Mohammad Nurul. “Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Sikap Kemandirian Siswa Di PIAUD.†Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (September 3, 2018): 49–76.
Jamaludin, Dindin, Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2013), hlm.37.
Jamaris, Martini, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, (Jakarta:Yayasan Penamas Murni, 2010),hlm.3-4.
Jumrah, Jumrah. “Developing an Intensive Course Model in Improving English Language Skills of Students of Early Childhood Islamic Education Department (Piaud).†International Journal of Language Education 1, no. 1 (March 5, 2019): 22–32. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.7435.
Khaeruman, Badri. Ulum Al-Hadis. Bandung: Pustaka Setia. 2010.
Kusmayadi, Ismail. Membongkar Kecerdasan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2013.
Maimunah, Hasan. PAUD. Jakarta: Diva Press. 2009.
Masitoh, Imas. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi (Prodi) PIAUD Di STIT NU al-Farabi Pangandaran.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 1, no. 1 (May 31, 2018). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i1.336.
Mudrikah, Desy Ashfirani. “Hak pendidikan anak dalam perspektif hadis dan undang-undang perlindungan anak.†Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2017. http://digilib.uinsgd.ac.id/17375/.
Fadhilah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.
Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Mutiah, Diana. Psikologi Bermain. Jakarta: Kencana. 2010.
Purnomo, Agus. “Pendidikan Anak Dini Usia (PAADU) Dalam Islam: Sebuah Analisis Gender.†EGALITA 0, no. 0 (May 12, 2012). https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1965.
Puspitaloka, Nina, and Yuna Tresna Wahyuna. “Kesulitan-Kesulitan Yang Dihadapi Mahasiswa PIAUD Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.†AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 2 (September 30, 2018): 120–36. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3071.
Retnaningrum, Wulandari. “Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Perspektif Islam.†Jurnal Warna 2, no. 2 (2018): 56–68.
Roziqoh, Roziqoh, and Suparno Suparno. “Pendidikan Berperspektif Gender Pada Anak Usia Dini.†JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat) 1, no. 1 (March 1, 2014): 86–100. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2359.
Samsukadi, Mochamad. “Paradigma Studi Hadis di Dunia Pesantren.†Religi: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (April 10, 2015): 46–75.
Sayadi, Wajidi. “Hadis Daif Dan Palsu Dalam Buku Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah.†Jurnal Analisa Balai Diklat Semarang 19, no. 02 (2012).
Soegeng Santoso, Ramli. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2004.
Sulaemang, Sulaemang L. “Teknik Interpretasi Hadis Dalam Kitab Syarah Al-Hadis.†Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 14, no. 2 (March 7, 2016): 125–32. https://doi.org/10.18592/jiu.v14i2.697.
Sumarna, Elan. “Syarah Hadis Dalam Persfektif Kritik Dakhili Dan Khariji Menuju Pemaknaan Hasdis Yang Integritas.†taklim 526 (2016). http://jurnal.upi.edu/taklim/view/4055/syarah-hadis-dalam-persfektif-kritik-dakhili-dan-khariji-menuju-pemaknaan-hasdis-yang-integritas-.html.
Suryadilaga, Muhammad Alfatih. “Dinamika Studi Hadis di PP Hasyim
Asy’ari Tebuireng Jombang: Dari Klasikal Hingga Ma’had ‘Aly.†AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 3, no. 2 (November 25, 2019): 119–34. https://doi.org/10.29240/alquds.v3i2.1001.
———. Metodologi Syarah Hadis. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.
———. “Profil Prodi Ilmu Hadis Di Era Globalisasi Teknologi Informasi,†February 2, 2018. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i1.1502.
———. “Ragam Studi Hadis Di PTKIN Indonesia Dan Karakteristiknya: Studi Atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, Dan IAIN Jember.†JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES 4, no. 2 (December 20, 2015): 215–47. https://doi.org/10.1548/quhas.v4i2.2394.
Udzlifatul Chasanah, “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini,†Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18, 2017): 83–115, https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.
Yahya, Agusni. “Pendekatan Hermeneutika Dalam Pemahaman Hadis: Kajian Kitab Fath al-Bari Karya Ibn Hajar al-Asqalany.†Ar-Raniry International Journal of Islamic Studies, Vol. No. 2 Desember 2014, 365–86.
Yaqin, Ainul. “Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) 1 Kolaka.†Jurnal Kariman 2, no. 1 (2014): 69–84.
Yenina Akmal, Pendidikan Anak Usia Dini di Dalam Keluarga, Sebuah Bunga Rampai Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Program Studi Jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2012
Zumarni, Zailani dan. “Studi Analisis Terhadap Hadis-Hadis dalam Buku Paket Pada Sekolah Negeri dan Madrasah di Kota Pekanbaru.†An-Nida’ 39, no. 2 (February 5, 2014): 232–48.
DOI: 10.24235/jshn.v2i1.6746
Article Metrics
Abstract view : 28 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under CC BY 4.0
Jurnal Studi Hadis Nusantara (JSHN)
Department of Hadith Studies | Faculty of Ushuluddin and Adab | Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi, Kesambi, Karyamulya, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132
E-mail: jurnalstudihadisnusantara@uinssc.ac.id