Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Penyususnan Visi Misi dI Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang

Abdul Wahab(1*),


(1) UIN Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap madrasah yang akan meningkatkan mutu harus memiliki visi dan misi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu madrasah melalui penyusunan visi misi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi analisis isi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas peningkatan mutu madrasah dapat dilihat dari strategi peningkatan mutu madrasah melalui penyusunan visi misi di MTsN Batang. Visi misi sekolah berorientasi ke masa depan, untuk jangka waktu yang lama. Setelah menganalisis SWOT pada visi dan misi di MTs Negeri Batang  dapat dilihat pada masing bobot antara  kekuatan dan kelemahan yang ada, sehingga dapat disimpulkan, bahwa antara kekuatan dan kelemahan yang dimiliki MTs Negeri Batang seimbang. Hal ini dapat dijadikan pelajaran bagi pihak sekolah, bahwa kekuatan yang ada kurang begitu dimaksimalkan untuk meminimalisasi kelemahan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Affandi, M. H. Al. (1996). Essensi Pendidikan Islam. Jurnal Lektur, IV, 25.

Fahmi, A., & Haedari, A. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Manajemen Berbasis Madrasah di MI Swasta Al Wasliyah Sumber. Edulead : Journal of Education Management, 2(2), 1–13.

Hadi, A. (2013). Konsep Analisis SWOT dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIV(1), 143–158.

Iskandar, W. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.109

Kamal, M. M., Sivaraja, U., Bigdeli, A. Z., Missi, F., & Koliousis, Y. (2020). Servitization Implementation in the Manufacturing Organisations: Classification of Strategies, Definitions, Benefits and Challenges. International Journal of Information Management, 55(1–15).

Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). Qualitatve Data Analysis. London: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munajat, N. (2016). Kebijakan Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2). Retrieved from https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/74

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 3(2).

Shobri, M. (2017). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/jiem.v6i1.9571

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Wahab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â