STRATEGI MANAJEMEN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN OUTPUT MELALUI PROGRAM KERJA SAMA DUNIA USAHADUNIA INDUSTRI (DUDI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SAMUDRA NUSANTARA CIREBON

Nur Iqrima - Nuriqrima(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat dalam meningkatkan output melalui program kerjasama dunia usaha/ dunia industri di Sekolah Menengah Kejuruan Samudra Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, berupa wawancara mendalam, observasi mendalam, dan studi dokumentasi. Dengan informan penelitian yaitu, kepala sekolah, hubungan masyarakat, dan ketua Bursa Kerja Khusus Sekolah Menengah Kejuruan Samudra Nusantara Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi humas dalam meningkatkan output melalui program kerja sama dunia usaha/dunia industri di Sekolah Menengah Kejuruan Samudra Nusantara Cirebon disimpulkan cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari strategi humas yang memperhatikan dan menyusun (1) Perencanaan Humas, yaitu (a) menetapkan tujuan, (b) menentukan kekuatan, (c) menyusun strategi, (d) Persiapan kerja sama. (2) Pelaksanaan Humas, yaitu (a) mensosialisasikan program, (b) menyakinkan stakeholders, (c) membuka komunikasi, (d) follow-up. (3) Evaluasi humas yaitu evaluasi hasil.

 

Kata Kunci : Strategi, Hubungan Masyarakat, Kerja sama

 

ABSTRACT

The aim of this research is to know the management strategy of the vice principal of public relation to improve the output via cooperation program business world or industrial world  at Samudra Nusantara Cirebon Vocational High School. The method using descriptive qualitative. Data collection technique are in-depth interview, in-depth observation, and documentation study. The informant of this research are head master, public relation, and the head of the special job fair Samudra Nusantara Cirebon Vocational High School. The data analysis technique using are data collection, data reduction, data presentation, and data conclusion. The result is the public relation strategy to improve output of the business world/industrial world cooperation program at Samudra Nusantara Cirebon Vocational High School is to be quite good. This is shown by the public relation strategy that pay attention and arranges (1) public relation planning, (a) setting goals, (b) determining strengths, (c) developing strategies, (d) preparing for cooperation. (2) implementation of public relations, (a) socializing the program, (b) convincing stakeholders, (c) opening communication, (d) follow-up. (3) Evaluating public relations is evaluating result.

Keyword: Strategy, Public Relation, Cooperation

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat Agustus 2019. 2019, 62, 1–12. https://jambi.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/387/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka-sebesar-4-19-persen-.html

Benty, D, D, N & Gunawan, I. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. UM Press.

Billett, S. (2011). Vocational Education. In Vocational Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-1954-5

Bukit, M. (2014). Strategi dan Inovasi Kejuruan. Alfabeta.

Finnish National Agency for Education. (2017). Finnish education in a nutshell. In Education in Finland.

Iktiari, R., & Purnami, A. S. (2019). Manajemen Praktek Kerja Industri untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK pada Dunia Usaha dan Dunia Industri. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–180. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.3719

Iriantara, Y. (2013). Manajemen Humas Sekolah. Simbiosa Rekatama Media.

Isbianti, P. (2009). Peran Humas Sebagai Upaya Menjalin Kerjasama Antara SMK dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Manajemen Pendidikan.

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.

Jaerman, R., Bentri, A., & Kadri, H. Al. (2019). The School Strategy to Produce Graduates Ready to Work at SMK-SMTI Padang. Advences in Social Science, Education and Humanities Research, 373, 60–65. https://doi.org/10.2991/iccelst-ss-19.2019.13

Kunnskapsdepartementet. (2006). Digitale læremidler i videregående opplæring - Oppfølging av Revidert Nasjonalbudsjett for 2006. 070081-110005.

Kurniawan, A. (2018). Manajemen Strategik. Eduvision.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Eduvision.

Kurniawan, A. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Sultan Agung Cirebon. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.8323

Kurniawan, A., & Sumadi. (2016). Manajemen Strategik dengan Pendekatan Balanced Scorecard di IAIN Syekh Nurjati dalam Upaya Transformasi Menjadi UIN. Journal For Islamic Social Science, 1(1), 49–69.

Maulana, R & Pramusinto, H. (2020). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 228–242. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37167

Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri). Ar-Ruzz Media.

Morissan. (2008). Manajemen Public Relations. Kencana Prenada.

Nasution, Z. (2006). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. UM Press.

Pilz, M., & Wiemann, K. (2020). Does Dual Training Make the World Go Round? Training Models in German Companies in China, India and Mexico. Vocations and Learning. https://doi.org/10.1007/s12186-020-09255-z

Rintala, H., & Nokelainen, P. (2020). Vocational Education and Learners’ Experienced Workplace Curriculum. Vocations and Learning, 13(1), 113–130. https://doi.org/10.1007/s12186-019-09229-w

Ruslan, R. (2003). Manajemen Public Relation Dari Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Santari, A. N., & Sunarya, D. M. (2017). Public Relations Strategy for Disseminating Indonesian Smart Cards in the Ministry of Education Indonesia. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 117(15), 873–883.

Suwanti. (2008). Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Pustaka Grafia.

Widodo, E, S. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan (Untuk Guru dan Kepala Sekolah). PT. Ardadizya Jaya.

Wiyani, A, N. (2019). Manajemen Humas di Sekolah. Gava Media.




DOI: 10.24235/jiem.v5i1.8894

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Iqrima - Nuriqrima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: