MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI ISLAM DENGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) BERBASIS BALANCE SCORE CARD (Telaah Reflektif di IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Suhatma Suhatma(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Faktor sumber daya manusia adalah sangat penting dalam perguruan tinggi karena sumber daya manusia me­nunjang kegiatan perguruan tinggi, melalui karya, bakat, kreativitas, dorongan dan peran nyata. Tanpa adanya unsur manusia dalam perguruan tinggi, tidak mungkin perguruan tinggi tersebut dapat bergerak dan menuju yang diinginkan. Keberhasilan dalam mencapai tujuan perguruan tinggi sangat ditentu­kan oleh kinerja Sumberdaya manusianya. Pengukuran kinerja MSDM penting dilakukan dalam Perguruan Tinggi, hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan Balanced Scare Card (BSC) yaitu merupakan pendekatan yang sistematik untuk menilai kinerja organisasi (Perguruan Tinggi) menjadi kerangka kerja

 

Kata kunci: Perguruan Tinggi, Manajemen  sumber daya manusia, Balanced Scare Card


Full Text:

Download

References


Alex S. Nitisemito, (1996). Manajemen Personalia Jakarta: Ghalia Indonesia.

Andrew E. Sikula. (1981). Personnel Administration and Human Resources Management. Jhon Wiley & Sons. Inc.

Anwar Prabu Mangkunegara, A.A., Dr. Drs., M.Si., Psi. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Dave Ulrich. (1997). Human Resources Champion.

Edwin B. Flippo. (1980). Personel Management, Fifth Edition. Mc Graw Hill. Inc.

Eko Indrajit, R., dan R. Djokopranoto. (2006). Manajemen Perguruan tinggi Modern. ANDI Yogyakarta.

Mas Achmad Daniri. (2005). Good Corporate Governance. Konsep dan Penerapannya dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Ray Indonesia.

Sedermayati, Dr. M.Pd. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Bandung: CV. Mandar Maju.

Veithzal Rivai, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Peru-sahaan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Peta Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon,Kepegawaian IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Apri 2020




DOI: 10.24235/jiem.v4i1.6825

Article Metrics

Abstract view : 39 times
Download - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suhatma Suhatma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: