SUPERVISI MEMANTAPKAN PROFESIONALISASI GURU
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Supervisi dapat dipandang sebagai suatu seni kerja sama dengan sekelompok orang agar memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Dalam menerapkan hubungan antar manusia tidak ada ukuran yang pasti meyakinkan, karena setiap manusia memiliki pribadi yang unik. Oleh karena itu kepribadian merupakan suatu pertimbangan bagi supervisor dalam membentuk kerja sama yang berhasil. Sekolah berperan sebagai lembaga yang memproses lulusan untuk bidang-bidang pekerjaan dalam kehidupan masyarakat secara luas. Guru bekerja secara sistematis dalam pengajaran dan belajar siswa dengan memberikan konsulatas individu secara teratur, dan menjelaskan pelajaran dengan mengantisipasi hasilnya agar siswa dapat aktif dalam kegiatan yang ditugaskan. Tanggungjawab terhadapkompetensi professional guru untuk mengajar dan mendidik merupakan tuntutan masyarakat akan efektifitas pelaksanaan pengajaran. Makanya kepekaan dan konsistensi supervisor terhadap profesionalitas jabatan guru menjadi demikian penting. Dengan demikian supervisi pendidikan dituntut memberikan perhatian khusus meperbaiki pengajaran sehingga tercipta kualitas yang baik
Â
Kata kunci : supervisi, guru, profesional, jabatanReferences
H. Syaeful Sagala,Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2006
Sondang P. Siagian., Admintrasi Pembangunan, Konsep, Demensi, dan Strateginya, Bumiaksara, 1999
Beeby, ce.,Perencanaan dan Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bhrata Karya Aksara.
Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung
Mochamad Rifai, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars
Harbangan Siagian, Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistemik, Salatiga: Setya Wacana
Sondang p. Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Gunung Agung.
Sutjipto, Analisis Kebijakan Pendidikan (Suatu Pengantar), Jakarta
DOI: 10.24235/jiem.v3i2.5959
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Subur .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â