PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI GRENJENG KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam peran kepala sekolah dalam menciptakan budaya religius siswa: studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Grenjeng Kota Cirebon. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berasalah dari kepala sekolah, guru-guru, para siswa, orang tua siswa dan masyarakat umum. Alat pengumpulan data meliputi wawacara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan konklusi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Wujud budaya agama di Sekolah Dasar Negeri Grenjeng meliputi: (a) pembelajaran baca tulis al-Qur’an (BTQ), (b) Pembiasaan sikap senyum dan salam, (c) Pelaksanaan shalat berjamaah, (d) pemakaian jilbab (berbusana muslim), (e) peringatan hari-hari besar Islam (PHBI). (2) strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya agama meliputi: (a). Perencanaan progam, (b) Memberi teladan kepada warga sekolah. (2) Penciptaan budaya religius di sekolah berdampak kepada sikap religius siswa di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Peran kepala sekolah dalam menjalankan program sekolah berbasis Islam di SDN Grenjeng diwujudkan dalam peran sebagai pemimpin, manajer, pendidik, inovator, administrator, dan supervisor.
Full Text:
PDFReferences
Amin, Ahmad. 1998. Etika.Ilmu Akhlak. Jakarta : Bulan Bintang.
Branch, Gregory, Eric Hanushek, and Steven G. Rivkin, “School Leaders Matter: Measuring the impact of effective principals,” dalam Education Next. 13 (1), Winter 2013: 62-69.
DeMatthews, David, dan Hanne Mawhinney. 2014. “Social Justice Leadership and Inclusion: Exploring Challenges in an Urban District Struggling to Address Inequities”, dalam Educational Administration Quarterly. Vol 50, Issue 5, Dec 2014: 844-881.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fadjar, A. Malik. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia.
Kurniawan, Asep. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision.
Kyte, G.C., 1972. The Principal at work Rivised Edition. Boston: Gin and Company.
Lipham, James M., Robb E. Rankin, James A. Hoeh, Jr. 1985. The Principalship: Concepts, Competencies, and Cases. New York, N.Y.: Longman.
Shihab, Qurais. 1999. Membumikan Al-Qur'an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Masyarakat. Bandung: Mizan.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 2008. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: 10.24235/jiem.v2i2.3617
Article Metrics
Abstract view : 128 timesPDF - 536 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Novianti Muspiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: