Hubungan Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Pegawai di MI Hidayatus Shibyan Talun Kabupaten Cirebon

Safana Diva Azjka(1*), Masduki Duryat(2), Ali Hasan(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 A leader rarely applies a servant leadership style, but in fact there are principals who apply this leadership style but it has not been measured how far the implementation has been applied. The many changes and advances in the field of education so that careful preparation and adaptation are needed for employees; because these two things are one of the factors causing the decline in employee motivation at MI Hidayatus Shibyan Talun Cirebon. This study aims to determine how closely the principal's servant leadership style is related to employee motivation which refers to servant leadership indicators, namely: Love, Empowerment, Vision, Humility, and Trust. Then that refers to employee motivation indicators, namely: Responsible, Challenging Tasks, Encouraging Criticism and Suggestions, Optimistic Spirit, Meticulous and Tenacious, and Innovation and Creative. This study used quantitative methods with 20 respondents who were employees of MI Hidayatus Shibyan Talun Cirebon Regency. Based on the results of the study, a significant relationship was found between the principal's servant leadership style and employee work motivation of 0.001. With a strong degree of correlation (0.60-0.799) and a positive relationship form with a value of 0.672.

Keywords: Relationship, Leadership Style, Servant Leadership, Work Motivation, Principal, Employee

 

Seorang pemimpin jarang sekali yang menerapkan gaya kepemimpinan servant leadership, namun pada kenyataannya terdapat kepala sekolah yang menerapkan gaya kepemimpinan tersebut tetapi belum terukur seberapa jauh implementasi yang sudah diterapkan. Banyaknya perubahan dan kemajuan pada bidang pendidikan sehingga diperlukannya persiapan yang matang dan adaptasi bagi para pegawai; karena kedua hal ini menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya motivasi kerja pegawai di MI Hidayatus Shibyan Talun Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan gaya kepemimpinan servant leadership kepala sekolah dengan motivasi kerja pegawai yang merujuk pada indicator servant leadership yaitu: Love, Empowerment, Vision, Humility, dan Trust. Kemudian yang merujuk pada indicator motivasi kerja pegawai yaitu: Bertanggung jawab, Tugas Menantang, Kritik dan saran yang mendorong, Semangat optimis, Teliti dan Ulet, serta Inovasi dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 20 responden yang merupakan pegawai MI Hidayatus Shibyan Talun Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian ditemukannya hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan servant leadership kepala sekolah dengan motivasi kerja pegawai sebesar 0,001. Dengan derajat hubungan korelasi kuat (0,60-0,799) dan bentuk hubungannya yang positif dengan nilai 0,672.

Kata Kunci: Hubungan, Gaya Kepemimpinan, Servant Leadership, Motivasi Kerja, Kepala Sekolah, Pegawai

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, K., & Fontaine, R. "Islamic Leadership At The International Islamic University

Malaysia." Journal of Economics, Management and Accounting, 2011: 121-135.

Anoraga, Pandji. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Cipta Kerja, 2006.

Asnawi, Nur dan Masyuri. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang:

UIN-MALIKI PRESS, 2011

Bakry, Syamril. "Pengaruh Servant Leadership Terhadap Nilai Kinerja Guru." Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 5, 2020: 298-302.

Daft, Richard L. "The Leadership Experience. 7th ed." Cengage Learning, 2018.

Darsono. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP Semarang Press, 2002.

Daryanto, H. M. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

David C, McClelland. Human Motivation. New York: CUP Archive, 1987.

Dennis, Robert S. Development of the Servant Leadership Assessment Instrument. Dissertation Abstracts International, Virginia: Regent University, 2004: 18-57.

Enco, Mulyas. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Impelentasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

—. Menjadi Kepala Sekolah Profesional : Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Enco, Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Enhart. "Leadership and Procedural Justice Climate as Antencedent of Unit Level Organizational Citizenship Behavior." Personal Psychology Journal 57, 2004: 61-94.

F.M.Dumatubun, Nelly. "Servant Leadership, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan Dan Komitmen Organisasi." Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial 12, 2021: 60–70.

Faiza, Gonaim. "An Analysis of The Life of Prophet Muhammad: Servant-Leadership and Influence." International Journal of Humanities and Social Science Invention (5), 2016: 53–59.

Fanny, Sintya Admaja dan. "Analisa Servant Leadership Terhadap Organization Citizenship Behavior (OCB) Melalui Kepuasan Kerja Karyawan." Universitas Kristen Petra Surabaya, 2017: 40–427.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

Greenleaf, Robert K. "The Servant as Leader." Indianapolis: The Robert K. Greenleaf Center, 1991.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. 10th. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Heckhausen, Heinz. The Anatomy of Achivement Motivation. New York: Academic Press, 2013.

Hendarman. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah 6th. Jakarta: PT. Indeks, 2015.

Henry Clay, Lindgren. Educatonal Psychology In The Classroom. 4th. New York: Jhon Wiley & Sons, 2006.

Jhon C. Alvin, Maxwell. The 21 Irrefutable Laws Of Leadership. Batam: Interaksara, 2004.

Jonathan, Sarwono. Path Analysis Dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis Untuk Riset Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

Karwanto, Ayu Rahma dan Salvabilla. "Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Gutu Di Era Pandemi COVID-19." Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, 2021: 1286-1300.

Mahmood Zare Nikooparvar, Hamideh and Shekari. "Promoting Leadership Effectiveness in Organizations: A Case Study on the Involved Factors of Servant Leadership." International Journal of Business (3), 2012: 54.

Masyuri, Nur dan Asnawi. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang:UIN-Maliki Press, 2009.

Mulyono Agus, Sudarmono dan Indriyo. Prinsip Dasar Manajemen. 3rd. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2009.

Peter G, Northouse. Leadership. 8th. USA, California: SAGE Publications, Inc., 2019.

Pramesti, Sonia. Pengaruh Sosialisasi Surat Keputusan (SK) Rektor Tentang Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok Di Kawasan UMY Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Pada Satpam UMY. Karya Tulis Ilmiah Strata Satu, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2014: 70-123.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010, tentang Penugasan Guru

Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2007, tentang Standar

Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990, tentang Pendidikan Dasar.

Sendjaya, Sen. Personal and Organizational Excellence through Servant Leadership. New York: Springer International Publishing Switzerland, 2015.

Silaen, Sofar. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Bogor: In Media, 2018.

Simarmata, Risda Herawati. "Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar." Jurnal Administrasi Pendidikan 2, 2014.

Siregar, Sofian. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Kencana, 2017.

Smith, Carol. "Servant Leadership: The Leadership Theory of Robert K. Greenleaf." 2005.

Spears, Larry C. "Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leaders." The Journal of Virtues & Leadership 1 , 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suherman, Irman. "Kepemimpinan Pendidikan Dalam Upaya Pencapaian Efektivitas Sekolah." 2018.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: ELKAF, 2006.

Suprayogo, Imam. Reformulasi Visi Pendidikan Islam. Malang: STAIN Press, 1999.

Suryana. Kewirausahaan: Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Syahril, Sulthon. Teori-Teori Kepemimpinan. Riayah 4, 2019.

Ulum, Mohammad B. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja." Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3, 2021.

Uno, B. Hamzah. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahjosumido. . Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada, 2002.

Wahyudi, Imam. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Yusuf, Muri A. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta, 2014.




DOI: 10.24235/jiem.v7i2.15422

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 masduki duryat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â