Optimization of Education Management Information System (EMIS)

Zulfa Fadilah(1*), Wulan Nurzakia(2), Irawan Irawan(3),


(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan data statistik nasional pada rekap progress pendataan EMIS periode 2022-2023 di Lembaga Pendidikan Islam dapat disimpulkan bahwa Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) menduduki presentase terendah pada lembaga yang belum melakukan update EMIS. Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) salah satunya adalah LPQ di Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang yakni TPQ Barkatul Huda yang memiliki persentase sebesar 14, 36%. Hal tersebut menunjukkan bahwa TPQ Barkatul Huda belum optimal dalam pemutakhiran data pada EMIS periode 2022-2023. Tujuan penulisan ini untuk membuktikan bahwa penggunaan EMIS dapat dioptimalisasikan dalam proses pendataan lembaga pendidikan Al-Quran supaya menghasilkan mutu pendidikan yang efektif. Metode penelitian menggunakan studi library research kemudian dikaji menggunakan pendekatan teoritis dan filosofis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pengelolaan data lembaga di TPQ Barkatul Huda Tirtamulya Karawang dilakukan dengan menggunakan aplikasi EMIS berbasis online. Pengelolaan data EMIS yang dilakukan tergolong baik, 2) Proses pengolahan data EMIS melalui pengumpulan data yang diperlukan, penginputan, penyimpanan, dan pengecekkan ulang. 3) Faktor yang mempengaruhi penerapan EMIS meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dipengaruhi oleh peran kepala madrasah yang sangat baik dan tingkat pemahaman operator TPQ Barkatul Huda. Faktor penghambat dipengaruhi oleh minimnya anggaran yang dikeluarkan oleh sekolah serta standar kualifikasi operator yang tidak sesuai.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Islam . (2009). Pedoman Mekanisme Pendataan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Departemen Agama RI.

Indah. (2021, 2 25). Transformasi Digital Pendidikan Keagamaan, Kemenag Rilis Aplikasi EMIS 4.0. Retrieved 11 16, 2022, from Kementrian Agama Republik Indonesia: https://kemenag.go.id/read/transformasi-digital-pendidikan-keagamaan-kemenag-rilis-aplikasi-emis-40-egye2

Irawan, Wahyuni, A., & Hijaz, M. A. (2021). Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 19-48.

Muhadjir, N. (2011). Metodologi penelitian edisi VI pengembangan. Yogyakarta: Rake Sarasin.

PD-Pontren, E. (2023, 6 29). Kemenag. Retrieved from Emis Kemenag: https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/

Siregar, E. (2021). Pengantar Manajemen & Bisnis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.




DOI: 10.24235/jiem.v7i2.14399

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulfa - Fadilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â