Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Komunikasi Pimpinan terhadap Kinerja Pegawai

Randika Widianto Randi(1*),


(1) UIN SUSKA RIAU
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim komunikasi organisasi dan juga pengaruh gaya komunikasi pimpinan terhadap kinerja pegawai di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif untuk memberikan gambaran umum responden dan analisis kuantitatif menggunakan model analisis regresi linier berganda.Sampel dari penelitian ini adalah para pegawai di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau, Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Organisasi dan teori iklim organisasi, Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa iklim komunikasi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau adalah positif. Begitupula dengan gaya komunikasi pimpinannya yang berlandaskan persamaan (The Equilitarian Style), membuat kinerja para pegawai memiliki kepercayaan yang tinggi antar pegawai dan pimpinan. Keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama, jujur, saling mendengar baik ke atas maupun ke bawah, dan saling perhatian demi kinerja yang tinggi. Pengaruh gaya kepemimpinan yang berlandaskan persamaan (The Equilitarian Style), juga membuat iklim organisasi menjadi lebih responsif, tanggung jawab, serta akuntabilitas yang berintegrasi dan konsisten.  

Full Text:

PDF

References


Annisa, Y. N. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. In Semarang , universitas diponogoro.

Bungin, B. (2011). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group) Dt, K. (2003). Etika Pelayanan Publik. Demokrasi, 9(1), 61–70.

Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. In Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. Pustaka Binaman Pressindo.

Emzir, P. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data – Emzir. In Penelitian Kualitatif (Vol. 1, Nomor Metode Penelitian). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=969848

Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE – Indonesia Journal on Software Engineering, 5(1),

Mangkunegara, A. P. (2009). Managemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Bandung:Remaja Pustaka Karya)

Mathis, R. & John H. Jackson. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jakarta : Selemba Empat).

McCandless, S., & Ronquillo, J. C. (2020). Social Equity in Professional Codes of Ethics. Public Integrity, 22(5). https://doi.org/10.1080/10999922.2019.1619442

Muzaki, I. A., Mujahidah, & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai Basis Penguatan Kualitas Pendidikan. Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 14–31.

Nawawi, J., Tamar, M., & Indrayani. (2019). Kode Etik Aparatur Sipil Negara. KRITIS : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, 5(1).

Nurmandi, A. (2005). Perilaku Birokrasi Publik di Indonesia: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Sosiohumaniora, 7(2).

Pace, R. Wayne & Faules. (2010). Komunikasi Organisasi. (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Rizki, N. A. (2014). Hubungan Komunikasi Organisasi Dengan Semangat Kerja Pegawai. eJournal llmu Komunikasi, 2(4): 209-219.

Wahyunie, S., Kanto, S., & Kriyantono, R. (2015). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Interpersonal( Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah).

Zuriah. (2018). Teori Komunikasi Organisasi (Kerangka, Pendekatan, dan Perspektif Teori). Analytica Islamica,




DOI: 10.24235/jiem.v7i1.14131

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Randika Widianto Randi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: