Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Kapetakan Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Kepala Sekolah memegang peranan penting dalam perkembangan lembaga pendidikan, bertanggung jawab terhadap proses pembinaan tenaga kependidikan, untuk itu Kepala sekolah harus mengetahui segala potensi tenaga kependidikan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan Kepala sekolah dituntut untuk dapat menciptakan upaya dalam peningkatan profesionalisme kerja tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan dapat dikatakan profesional jika telah memiliki 4 kompetensi (kompetensi kepribadian, sosial, metodik spesialis). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kinerja, profesionalisme kerja, dan upaya Kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas profesionalisme kerja tenaga kependidikan di MA Kapetakan. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Gambaran kinerja yang dilakukan tenaga kependidikan yaitu dengan melaksanakan pengelolaan kurikulum, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, hubungan masyarakat, dan pengelolaan kearsipan 2) Profesionalisme kerja menunjukkan bahwa masih terdapat tenaga kependidikan yang double job, mismatch, kurang menguasai IT, dan kurang kesadaran akan peningkatan profesionalisme kerja 3) upaya yang dilakukan Kepala Sekolah yaitu dengan mengikutsertakan diklat, IHT (In House Training), kursus komputer, evaluasi setiap semester, wokshop dan belajar ke jenjang yang lebih tinggi.
Â
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Profesionalisme, Tenaga Kependidikan
The head of the School plays an important role in the development of educational institutions, responsible for the process of coaching staffs, for it is the Head of the School should be aware of all potential personnel. To improve the quality of educatiojatinal personnel School principal required to be able to create an effort in improving the professionalism of the personnel. Personnel may be said to be a professional if you already have a 4 competence (competence of the personality, social, methodical specialist). This research is a qualitative research. This research aims to know the description of the performance, professionalism, and the efforts of the Head of the school in improving the quality of professionalism of the personnel in MA Kapetakan. The results of the research can be explained as follows: 1) an Overview of the performance of committed educators, namely by carrying out the management of the curriculum, student, personnel, finance, infrastructure, public relations, and management of the archives 2) the Professionalism of the work shows that there are still educators who double job, mismatch, less master IT, and lack of awareness will increase the professionalism of the work 3) the efforts made Head of the School is to include training, IHT (In House Training), computer courses, the evaluation of each semester, workshop and learning to a higher level.
Keywords: Principal, Professionalism, Personnel
Â
References
Ananda, R. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Ananda, R. (2018). Profesi Pendidik dan Kependidikan . Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Asikin. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru. MADINASIKA Manajemen dan Keguruan, 103-111.
Fauzi, A. (2013). Manajemen dan Ruang Lingkupnya. Ygyakarta: Dee Publish.
Gianto. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 15-36.
Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hasibuan, A. (2017). Etika Profesi Profesionalisme Kerja. Medan: UISU PRESS.
Kurniawan, A. (2018). Manajemen Pendidikan Sekolah. Cirebon: Eduvision.
Lian, B. (2017). Kepemimpinan dan Kulitas Kinerja Pegawai. Palembang : CV. Amanah.
Mahyudin, E. (2017). Manajemen Pemberdayaan Sekolah. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Manu dan Jusuf, B. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Kupang: Jusuf Aryani Learning.
Marnis, P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Masram, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Kependidikan V o l . 6 N o . 2 , 233-248.
Mukminin, A. D. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UNY Press.
Rouf. (2018). Analisis Pekerjaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Lembaga Pendidikan. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, Vol.02, No.02, 44-64.
Rusdiana, A. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah, Motivasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, 201-207.
Siyoto, S. d. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&B). Bandung: Alfabeta.
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Taufiqurokhman. (2009). Mengenal Sumber Daya Manusia. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Ulfatin, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Wiijaya, R. A. (2018). Pengelolaan Kearsipan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 231-237.
Winoto, S. (2020). Dasar- Dasar Manajemen Pendidikan . Yogyakarta: BILDUNG.
DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11848
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times PDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Julaekha, Masduki Duryat, Suhatma Suhatma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â