Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Organisasi Siswa di SMPN 4 Palimanan

misbah Munir(1*), Ahmad Fauzi(2), Mukhlisoh Mukhlisoh(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen kesiswaan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Tanpa adanya manajemen kesiswaan kegiatan pendidikan akan mengalami kesulitan yang sangat serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan keorganisasian siswa di SMP Negeri 4 Palimanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan beberapa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMP Negeri 4 Palimanan mulai dari perencanaan penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, pembinaan disiplin siswa, kegiatan siswa, sampai dengan kelulusan dan alumni. (2) Pelaksanaan organisasi siswa di SMP Negeri 4 Palimanan mulai dari rekrutmen anggota baru, pembinaan, pengontrolan serta evaluasi. (3) Manajemen kesiswaan dalam mempengaruhi peningkatan prestasi organisasi siswa di SMP Negeri 4 Palimanan yang meliputi perencanaan tahap rekrutmen, pembinaan, pengontrolan, sampai dengan evaluasi yang dilakukan oleh manajemen kesiswaan dan pembina organisasi dengan pencapaian hasil prestasi yang maksimal. (4) adanya beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan keorganisasian siswa di SMP Negeri 4 Palimanan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi organisasi siswa sudah cukup baik, akan tetapi perlu adanya peningkatan dalam system pengontrolan, pembinaan serta pembiayaan yang dilakukan oleh waka kesiswaan dalam meningkatkan prestasi organisasi di SMP Negeri 4 Palimanan.

Student management is a very important component and cannot be separated from the overall educational process. Without student management, educational activities will experience very serious difficulties. This study aims to determine how the implementation of student management in improving student organization at SMP Negeri 4 Palimanan. This study uses qualitative methods with data collection techniques through participatory observation, structured interviews, and documentation. The analysis of this research uses several stages, namely: data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are: (1) The implementation of student management at SMP Negeri 4 Palimanan starting from planning new student admissions, grouping students, fostering student discipline, student activities, up to graduation and alumni. (2) Implementation of student organizations at SMP Negeri 4 Palimanan starting from the recruitment of new members, coaching, controlling and evaluation. (3) Student management in influencing the improvement of student organizational achievement at SMP Negeri 4 Palimanan which includes planning the recruitment, coaching, controlling, and evaluation stages carried out by student management and organizational coaches with maximum achievement results. (4) there are several supporting and inhibiting factors in the implementation of student management in improving student organization at SMP Negeri 4 Palimanan. Based on the results of these studies, it can be concluded that the application of student management in improving student organizational achievement is quite good, but there is a need for improvements in the control, guidance and financing system carried out by the student waka in improving organizational performance at SMP Negeri 4 Palimanan.

Key words: Student Management, Achievement and Student Organization.


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Tujuan Pendidikan Nasional Perspektif Al-Qur'an. INSANIA, 376.

Aqib, d. (2011). Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Ardana, K. d. (2008). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fauzi, A. (2017). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Hasan, T. (2009). Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta: Studi Press.

Husaini, U. (2009). Manajemen teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Imron, A. (2005). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: DP3M Depdiknas.

Indonesia, D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

Indonesia, K. A. (2015). Alqur'anul Karim. Jakarta: Adhwaul Bayan.

Indonesia, T. D. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Indrawan, I. (2005). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Intan Meutia, d. (2016). Pengaruh Kegiatan Anggota Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 52-66.

Kemenag. (2015). Alqur'anul Karim. Jakarta: Adhwaul Bayan.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mantja. (2007). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.

Matry, N. (2008). Implementasi Dasar-dasar Manajemen Sekolah dalam Era Otonomi Daerah. Makassar: Aksara Madani.

Metha Falmalia Arnal, H. F. (2020). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Organisasi. Jurnal Pendidikan Tembusai, 18-21.

Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Kompetensi dan Aplikasinya. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Safriyanto, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 65-80.

Suderajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, UUD '45 dan Amandemennya. (n.d.). Surakarta: Pustaka Mandiri.

Wahyosumidjo. (2001). Kepemimpinan Kepada Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11845

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 misbah Munir, Ahmad Fauzi, Mukhlisoh Mukhlisoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: