Penilaian Kinerja Melalui Supervisi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 13 Batu Manjulur

Doni Masria Idola(1*), Nora Wati(2), Andrizal Andrizal(3), Demina Demina(4), Zulmuqim Zulmuqim(5),


(1) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(3) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(4) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(5) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru merupakan salah satu faktor terpenting pada organisasi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan suatu organisasi kependidikan. Kinerja yang memuaskan tersebut tidak akan terjadi begitu saja dalam suatu organisasi. Evaluasi kinerja seorang guru perlu dilakukan untuk melihat perkembangan kinerja seorang guru, evaluasi tidak serta merta dilakukan hanya dalam waktu tertentu saja, tetapi harus dilakukan terus menerus setiap bulan. Dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penilaian kinerja melalui supervisi dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu dan sumber daya manusia seorang guru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, subjeknya adalah kepala sekolah, guru, dan kegiatan guru lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru dimulai dari perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan menentukan jadwal supervisi guru, pengorganisasian pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah selama proses belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja guru dilakukan setiap bulan melalui kegiatan kelas, supervisi dilakukan kepala sekolah secara langsung saat kegiatan berlangsung, faktor penghambat yang ditemukan masih banyak guru yang masih kurang dalam mengoperasikan IT dalam pembelajaran, faktor pendukung sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. 

Full Text:

PDF

References


Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G.,

Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Nomor March).

Baharuddin, R. Z. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sma Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5071

Baharudin, L. N. (2020). Kepemimpinan Dalam Supervisi Pendidikan di Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 249–255.

Evita, S. N., Muizu, W. O. Z., & Raden Tri Wayu Atmojo. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal, 9(1), 18–32.

Hanief, M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI UNISMA, 10(2), 1–19.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Dr. Hasan). Wal ashri Publishing. Medan.

Jamilus. (2019). Perspektif Islam Terhadap Pengembangan Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(2), 67. https://doi.org/10.31958/jsk.v3i2.1699

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97.

Kurniati. (2020). Pendekatan Supervisi Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(1).

Lukman Hakim, M. (2016). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Pada SMA Negeri 2 Sampit Berbasis Desktop. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM ( UNDA ), 5(2), 1–6.

Mubarak, F. (2015). Faktor dan indikator mutu pendidikan islam. Jurnal Manajemen Of Education, 1(1), 10–18.

Muslim, Abdul Qodir, I. S. W. (2018). Model Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1), 37–54.

Oktayani, D. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perfektif Islam. Ejournal.Stiesyariahbengkalis, 170–186.

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67.

Radit Hijrawan. (2019). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Manajemen di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. AL-Fahim, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(2), 109–134.

Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahdah : Jurnal Pendidikan, 1.

Suhada, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam (Upaya Menunu Masyarakat Ekonomi Asean (Mea)). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman, 3(1), 37–65. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.32

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonom Pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2).

Wakini, J. (2021). The Effect of Supervision of the Principal in Increasing Teacher Performance in SMA 1 Koto Besar Dharmasraya West Sumatra. BirLE - Journal Budapest International Research and Crittcs In Linguistikcs and Education, 4, nomor 2, 957–963.

Wulandari, F. (2020). Manajemen sumber daya manusia (Nomor juni). Gerbang Media Aksara.




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11667

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Doni Masria Idola, Nora Wati, Andrizal Andrizal, Demina Demina, Zulmuqim Zulmuqim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â