Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon

Puput Suliastianti(1*), Ahmad Ripai(2), Nur Salim(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon masih terdapat kekurangan seperti dari segi fasilitas dan pelayanannya, sehingga hal tersebut diduga menyebabkan kurangnya minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah, minat baca siswa dan pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa(i). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa digunakan analisis deskriptif, untuk mengetahui pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa diolah dengan menggunakan teknik data regresi linear dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebaai berikut: (1) Pengelolaan perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada pada interval 75%-100% dengan nilai 84%. (2) Minat baca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada padda interval 75%-100% dengan nilai 75,75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan Perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh yang diberikaan pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa yaitu sebesar 29% sedangkan sisanya 71% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bafadal, I. (2003). Perpustakaan, Kepustakaan, dan Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bastiano, S. (2013). Pembinaan Minat Baca. Tanggerang Selatan: Unniversitas Terbuka.

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah (Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja). Jakarta: Grasindo.

Fauzi, A. (2018). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Fiqriansyah, N. (2021). Pengaruh Manajemen Fasilitas Perpustakaan Dan Manajemen Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Peserta Didik. Managere : Indonesian Journal Of Educational Management, 11–26.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Professional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Kamah, I. (2008). Perpustakaan Sekolah Pembinaan Perpustakaan dan Minat Baca. Makassar: Yayasan Pencerdasan Insani.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rahim, F. (2006). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. (B. Aksara, Ed.). Jakarta.

Riyanto. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer. Bandung: Fokusmedia.

Sinaga, D. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarno, N. (2006a). Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

_________. (2006b). Perpustakaan dan Masyarakat edisi revisi. Jakarta: Sagung Seto.

Wahyuni, S. (2018). Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa Studi Kasus Pada Perpustakaan STMIK AKAKOM Yogyakarta. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 3(1), 11–19.

Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11127

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puput Suliastianti, Ahmad Ripai, Nur Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â