Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di MTSN 4 Cirebon
(1) IAIN Syekh Nur Jati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Manajemen yang progresif, dinamis, responsif bisa membuka suasana baru, indah, dan penuh dengan kekeluargaan, dari setiap elemen merasa dihargai karena ditempatkan di posisi yang sesuai, serta mempunyai tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai bidangnya. Dengan pembahasan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 4 Cirebon dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu tinggi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan sumber data dari wakil kurikulum di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi pengabsahan data. Temuan dari penelitian yang dilakukan penulis yaitu manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 4 Cirebon dalam penerimaan siswa menggunakan tahap seleksi dan sesuai dengan kebutuhan kelasnya. Penentuan kelas didasarkan pada hasil nilai yang didapatkan oleh peserta seleksi. Sekolah ini memiliki kewenangan yang luas atau otonomi dalam mengelola dan mengatur Sekolah. Dibuktikan dengan adanya keterbukaan Sekolah mengenai program kerjanya. Masyarakat juga berpartisipasi dalam mengelola kurikulum pembelajaran, peserta didik, keuangan, guru dan tata usaha, sarana prasarana yang ada di Sekolah serta layanan yang baik. Sekolah ini sangat terbuka karena terlihat dari beberapa kegiatan yang membutuhkan masyarakat, seperti kegiatan pembelajaran membuat batik.
Kata kunci: Manajamen berbasis sekolah, manajemen, pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Aziz, Ahmad Zaini. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Cecep, H., Hani, Subakti, Muhammad, Nurtanto, Sukarman, Purba, Muhammad, Hasan, Sakirman, et al. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Dewi, Tya, Ayu, Pransiska, Arief, Sadjiarto. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. 5(4), 1909-1917.
Hakim, Muhammad Nur. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.
Hamid. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah.
Haryono, Hafidh. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Sambirejo 01 Kabupaten Pati. Jurnal Wawasan Pendidikan. 2(1), 207-216..
Lazwardi, Dedi. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam. 7(1), 99-112.
Mawardi, Agus Dian dan Rina Fadliah. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Negeri Kebun Bunga 6 Banjarmasin Timur Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 15 (1), 1-10.
Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi, Jakarta Grasindo.
Suherman. (2021). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Wahyu Mandiri Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Usman, Samad. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Washliyah Banda Aceh.
Ziulhaq, Muhammad. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 6 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
DOI: 10.24235/jiem.v6i1.10540
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Melisah Melisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â