Upaya Guru Bersertifikat Memenej Budaya Kerja dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah

Mutoharoh Mutoharoh(1), Wahyudin Wahyudin(2*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Kementerian Agama Inderamayu
(*) Corresponding Author

Abstract


Program sertifikasi guru telah dilakukan dengan kerjasama pemerintah dan perguruan tinggi. Sertifikasi guru sebagai upaya mengembangkan etos kerja, kompetensi, dan profesionalisme guru, untuk menciptakan budaya kerja yang sinergis, sehingga terwujud keberhasilan pendidikan, pada akhirnya berdampak pada kemajuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru bersertifikat memanage budaya kerja dalam meningkatkan prestasi sekolah. Data disajikan dalam bentuk naratif menggunakan metode kualitatif deskriptif, analisis dengan triangulasi. Penelitian ini melibatkan guru tersertifikasi dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul disajikan dan dijelaskan dalam bentuk naratif. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru bersertifikat memiliki budaya kerja yang baik, seperti dalam pembelajaran mengacu pada perencanaan, menggunakan metode dan pendekatan yang variatif, aspek pengetahuan, kognitif, psikomotor, dan afektif menjadi acuan penilain. Dalam memanage budaya kerja, guru dapat berkolaborasi dengan tim guru lainnya, menjaga hubungan baik, memiliki keterampilan komunikasi, berkomitmen pada perubahan. MTs Negeri Lohbener memiliki kredibilitas unggul di Indramayu, dan menjadi rujukan orang tua, dan MTs Negeri Lohbener berprestasi pada beberapa kegiatan kompetisi. Menindaklanjuti temuan ini, optimalisasi pemerataan guru tersertifikasi pada lembaga pendidikan di pelosok negeri harus terus digaungkan, guna menciptakan budaya kerja sekolah yang bersinergis menuju pada perubahan dan kemajuan dalam bidang pendidikan.
Kata Kunci: Guru, sertifikasi, budaya kerja, prestasi sekolah, manajemen.
 
Abstract
The teacher certification program has been developed through collaboration with the government and universities. Teacher certification is an effort to develop teachers' work ethic, competence, and professionalism as well as to create a synergistic work culture in order to achieve educational success and, essentially, to influence national education progress. The study's purpose would be to describe and analyze certified teachers' efforts to manage work culture in order to improve school achievement. The data is presented in narrative form using descriptive qualitative methods and triangulation analysis. This research project included both certified teachers and students. Observation, interviews, and documentation have been used to collect data. The information collected is presented and explained in narrative form. The results of this analysis revealed that certified teachers have a positive work culture in areas such as learning, which refers to planning, using various methods and approaches, and aspects of knowledge, cognitive, psychomotor, and affective that serve as a reference for assessment. Certified teachers can collaborate with other teacher teams, maintain good relationships, have good communication skills, and are committed to change whenever it comes to managing work culture. MTs Negeri Lohbener has excellent credibility in Indramayu, would be a reference for parents, and succeed in a variety of competitive activities. Following up on these findings, the optimization of certified teacher distribution in educational institutions in remote parts of the country must be repeated in order to create a school work culture that is synergistic toward change and progress in the field of education.
Keywords: Teacher, certification, work culture, school achievement, management.
 

 


Full Text:

PDF

References


Bibliography

Alfiana, Z. (2021). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Quran Hadits Kelas IV di SDIT Al Anwar Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN KUDUS. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6008

Amirin M. Tatang. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Barbara Prashnig. (2007). The Practical Guide to Leraning Style (Practical Guides). Network Continum Education.

Burhan, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta.: PT. Raja Grafindo Persada.

E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. (2013). Standar kompetensi dan sertifikasi guru (ke-7). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Retrieved from http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=51325&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111

Fatimah, A. N. (2022). Pengaruh Sertifikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts N 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98821

Fauzi, M., & Prasetyo, Ageng, M. (2021). Sertifikasi, Komitmen Dan Kompetensi Profesional Sebagai Predictor Variable Kinerja Guru Sd Kecamatan Kaliwungu Selatan Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kendal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Slamat Sri, 8(2), 167–177. https://doi.org/https://doi.org/10.51792/jeb.Vol8.Jeb2.93

George Thomason. (1922). A Textbook of Human Resource Management. Hyperion Books.

Gusal, T. P., Ramlawati, R., & Rusli, M. A. (2021). Penerapan Video Tutorial Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Ketentuan Belajar Peserta Didik Remedial Kelas VIII SMPN 18 Makassar (Studi pada Materi Pokok Usaha dan Pesawat Sederhana). Jurnal IPA Terpadu, 5(1). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.22953

Halimah, N., Timur, K., & Timur, K. (2022). Unsur-unsur Penting Penilaian Objek, 2(1), 160–167.

Ilena Dwika Musyafira, W. H. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3105

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Jailani. (2020). Pengaruh Disiplin, Motivasi Dan Sertifikasi Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Guru Di Smp Kabupaten Tapin. Kindai, 16(2), 333–341. https://doi.org/10.35972/kindai.v16i2.423

Jesika Anggreni Br Tarigan. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar di Rumah dari Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 046411 Doulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Retrieved from http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/128

John W. Santrock. (2021). Educational Psicology. New York : McGraw-Hill, 2001.

Jubaedah, J., Suryadi, S., & Santosa, H. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru. Visipena, 12(1), 67–83. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1477

Malayu Hasibuan. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi (Edisi Revi). Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. . A. P. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardiah, A. A. (2021). Pengaruh Budaya Kerja, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Suatu Penelitian Pada Guru SD PNS di UPTD Pendidikan Wilayah Sukarame). Universitas Siliwangi.

Miyono, N., & Makhsun, N. (2017). Kompetensi dan Budaya Kerja Guru dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v6i3.2009

Munzenmaier, C., & Rubin, N. (2013). Bloom’s Taxonomy: What’s Old Is New Again. Perspectives, 1–47. Retrieved from http://www.elearningguild.com/research/archives/index.cfm?id=164&action=viewonly&utm_campaign=research-blm13&utm_medium=email&utm_source=elg-insider

Nana Sudjana. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safari Hendra. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Sanhedrin Ginting, .Rosmini Tarigan, Alim Perangin-angin, Humiras Betty Marlina Sihombing, J. P. (2022). Profesi Kependidikan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Db1bEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Sertifikasi+guru+dapat+dimaknai+sebagai+suatu+proses+pemberian+pengakuan+kompetensi+yang+dimiliki,+setelah+melalui+proses+seleksi+dan+pendidikan+kompetensi+yang+diselenggarakan+ol

Soerjanto Poespowardojo. (1993). Strategi Kebudayaan Suatu Pendekatan Filosofis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Steiner, G. F. (2020). Exceptions to the rule? Ethnographic alternatives to cumulative cultural evolution. International Journal of Modern Anthropology, 2(14), 177–235. https://doi.org/10.4314/ijma.v2i14.1

Stevens, J. E., Bernabei, S., Bitter, M., Boody, F., Bowen, N., Cavallo, A., … Wilson, R. (1982). Lower Hybrid Heating and Current Drive on PLT. In Heating in Toroidal Plasmas 1982 (pp. 455–468). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-1-4832-8428-6.50057-6

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukarno, S., Munadi, M., & Matin, A. (2021). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 257–276. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.93

Suwarti. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran daring Masa Pandemi Covid 19 Dapat Meninngkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambakromo 03 Kecamatan Tambakromo Semester I Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6). https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.234

Tabi’in, A., Hasibuan, L., & US, K. A. (2022). Pendidikan Islam, Perubahan Sosial, dan Pembangunan di Indonesia. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(1), 48–59. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i1.469

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Yuli Farah Dina. (2020). Kompetensi Profesional Guru Kelas tinggi di MI Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/295326434.pdf

Zulfahmi, Z., Marantika, A., & Zulher, Z. (2022). Pengaruh Komptensi dan Pelatihan Terhadap Tingkat Kelulusan Sertifikasi Guru dan Dampaknya pada Kinerja Guru Pada SMA Negeri di Bangkinang Kota. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 854–872. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.655




DOI: 10.24235/jiem.v6i1.10341

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutoharoh Mutoharoh, Wahyudin Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â