Pengaruh Keterampilan Sosial dan Kinerja Kepala Sekolah terhadap Budaya Sekolah di Wilayah Kota Tanggerang Selatan
(1) UIN Syarif Hidayatullah
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Sekolah, sebagai sebuah institusi pendidikan, diharapkan mampu membentuk karakter positif peserta didiknya. Untuk mencapai harapan tersebut, sekolah perlu menciptakan lingkungan sekolah dengan budaya sekolah yang positif. Dalam hal ini, kepala sekolah berperan penting dalam membentuk budaya sekolah. Sebagai pimpinan institusi pendidikan, kepala sekolah diharapkan mampu menjadi teladan yang memiliki keterampilan sosial serta kinerja yang mumpuni agar budaya sekolah sekolah yang positif dapat terbentuk dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keterampilan sosial kepala sekolah terhadap budaya sekolah, ada atau tidaknya pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap budaya sekolah, dan ada atau tidaknya pengaruh keterampilan sosial dan kinerja kepala sekolah terhadap budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain non eksperimental dan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 orang yang berprofesi sebagai guru atau staf sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial kepala sekolah secara signifikan mempengaruhi budaya sekolah. Selain itu, kinerja kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap budaya sekolah. Di sisi lain, keterampilan sosial dan kinerja kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap budaya sekolah dengan masing-masing memiliki tingkat pengaruh yang berbeda.
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Keterampilan Sosial dan Kinerja Kepala Sekolah
Â
Abstract: Schools, as an educational institution, are expected to be able to build students’ positive characters. To achieve the expectation, schools need to create a positive school culture in their environment. In this case, school leaders take an important role in creating school culture. As leaders of educational institutions, school leaders are expected to be the role models who have social skills and good performances to create positive school culture. This study is aimed to determine whether or not the influence of the school leaders’ social skills on school culture, whether or not the influence of the school leaders’ performance on school culture, and whether or not the influence of social skills and school leaders’ performance on school culture. This study used a quantitative method with non-experimental design and questionnaire as the instrument for data collection. Samples of the study were 72 people consisting of teachers and school staff. The results showed that school leaders’ social skills significantly influence school culture. In addition, school leaders’ performance has a positive influence on school culture. On the other hand, the social skills and performance of school leaders have a positive influence on school culture with each having a different level of influence.
Keywords: School Culture; School Leaders’ Social Skills; School Leaders’ PerformanceFull Text:
PDFReferences
Adrianto, S. (2011). Pengaruh keterampilan teknis, keterampilan sosial, keterampilan konseptual, dan keterampilan manajerial terhadap kinerja kepala sekolah dasar negeri di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 88-96.
Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Bremer, Christine D. & Smith, Jhon. 2004. Teaching Social Skills. National Center on Secondary Education and Transition.
Colquitt, J., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2014). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace (4e). New York, NY, USA: McGraw-Hill.
Deal, Terrence E., dan Peterson, Kent D. 1990. The Principal’s Role in Shaping School Culture.
Gresham, F. M., & Elliott, S. N. (1984). Assessment and classification of children’s social skills: A review of methods and issues. School Psychology Review, 13(3), 292–301
Hanum, Farida. 2006. Kontribusi Budaya Sekolah Terhadap Kemampuan Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dinamika Pendidikan No. 2/Th. XIII
Hartanto, Frans Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani. Bandung: PT Mizan Pustaka
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Loukas, Alexandra. 2007. What Is School Culture? High-quality school climate is advantageous for all students and may be particularly beneficial for at-risk students. Leadership Compass, Vol. 5, No. 1
Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, Sugeng. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropolog (UNS-Surakarta).
Sedarmayanti. (2011). Manajemen dan Komponen Terkait Lainnya. Bandung: PT.Refika Aditama.
Seijts, Gerard., Gandz, Jeffrey., et al. 2015. “Character matters: Character dimensions’ impact on leader performance and outcomes. ScienceDirect
Stolp, Stephen and Smith, Stuart C. Transforming School Culture Stories. Symbols, Values and Leader Role. Oregon: Eugene OR: ERIC Clearing House on Educational Management. University of Oregon, 1995).
Sumar, Warni Tune. 2018. Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifan Lokal (budaya Huyula). Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Syamril, J.R & Nuryana, I.K. 2008. “Pengaruh pelatihan kecerdasan emosi terhadap keterampilan sosial siswa akselerasiâ€. Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas. 02(01), 13-19.
DOI: 10.24235/jiem.v6i1.10068
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ardita Agung Asriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â