Penerapan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem di SMAN 1 Ciwaringin

Andini Fitria Febianti(1*), Anda Juanda(2), Ina Rosdiana Lesmanawati(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diterapkannya pembelajaran blended learning berbasis aplikasi google classroom di SMAN 1 Ciwaringin pada mata pelajaran biologi. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab siswa yang masih cenderung pasif, belum berani mengungkapkan pendapat, atau pertanyaan saat berdiskusi, kurang dapat menunjukkan kemampuan yang dimiliki, kurang percaya diri ketika dilakukan tes, dan nilai kemampuan kognitifnya masih di bawah KKM. Pembelajaran blended learning berbasis aplikasi google classroom dapat menjadi inovasi baru untuk membentuk suasana belajar yang menarik, selain itu pembelajaran ini membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitifnya. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ; 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dan 3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran blended learning berbasis aplikasi googleclassroom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Ciwaringin dengan populasi 160 siswa kelas X MIPA dan sampel sebanyak 31 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan 31 siswa kelas  X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran blended learning berbasi google kelas (classroom) pada materi ekosistem

Keywords


Blended Learning, Aplikasi Google Classroom, Kemampuan Kognitif, Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Hasanuddin, & Abdullah. (2018). Analisis Kelayakan Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Pembelajaran Biologi.Jurnal EduBio Tropika, 6(2), 73- 121.Tersedia [Online]:http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/do wnload/3169/2359.

Bentri, Z.& Rahmi. 2014. Formulasi Strategi Penerapan Blended Learning dalam Implementasi Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5 (1), 22-29.Tersedia.[Online]: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/penelitianpendidikan/article/view/4126/3294.

Budiharti, R. Ekawati, E. Y. Pujayanto, Wahyuningsih, D. Fitria, F. (2015). Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif siswa SMP,

dalam Cakrawala Pendidikan, XXXIV(1).Tersedia.[Online]:

http://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4148

Graham, C. R. (2014). Developing Model and Theory for Blended Learning Research. Blended Learning Research Perspective, 2 (1), 635-650. Tersedia. [Online]:

https://www.google.com/bools?hl=id^lr=&id=JfMJAgAAQBA&oi=fnd&pg=PA13&dq=Gr

aham,+c.+r.+2014.+developing+model+and+theiry&ots=LA6UhFtF3F&sig=WW8vCYclR Z5vm8VgPM5pLNWkWRA

Hanif, Ibrohim, & Rochman, F.(2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inquiry Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. 1(11), 2163-2171. Tersedia

[Online]:http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8042

Harahap, N. (2014). Hubungan antara Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar

Kognitif Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TEMS

Achievement Division Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan, 5(1), 35-45. Tersedia.

[Online]:https://visipena.stkaipgetsempena.ac.id

Kazu, I. Y.&Dermikol. (2014). Effect of Blended Learning Environment Model on High School

Students Academic Achievment.Journal of Educational Technology, 13(1).Tersedia. [Online]:https://eric.ed.gov/?id=EJ1018177

Kuswana, W,S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pallenari, Muhiddin, Adnan, & Fanrianti, Nur. (2018). Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Blended Learning Terintegrasi Discovery Learning. Jurnal Sainsmat, VII(1), 47-56.

Sari, A. R. (2013). Strategi Peningkatan Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi

Indonesia, 11(2). Tersedia. [Online]: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1689

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Woodal, D., & Hovis, S. (2010). Eight Phases Of Workplace Learning: A Framework For Designing Blended Programs. Tersedia. [Online]: http://www.skillsoft.com/news/white_papers.pdf


Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.