PENINGKATAN LITERASI BIOLOGI DALAM PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING PADA KONSEP EKOSISTEM
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrohim. Feronika, T. & Bahriah, E. S. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2): 197-212.
Arafah, S. F., B. Priyono, & S. Ridlo. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1): 75-81.
Ardian, A. & Gita, P.C. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2): 87-101. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.2000.
Brewer, C. A & Diane, S. 2009. Vision and Change In Undergraduate Biology Education A Call To Action. Washington: American Association For The Advancement Of Science.
Dewi, N. L. Dantes, N. & Sadia, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar.
Nurhidayati, S. Zubaidah, S. & Indriwati, S. E. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3): 285-294.
Purwanto, A. & Lubis, I. S. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium IPA terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 5 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2012, Palembang.
Rahmah, A., Lesmanawati, I. R. & Wahidin. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatiae: Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1).
Rahmi, R. Hartini, S. & Mystika, M. 2104. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2): 240-256.
Rahmi. 2017. Analisis Keterampilan Psikomotorik Untuk Membangun Literasi Biologi Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium. JESBIO, 6(1): 6-8.
Ratnasari. Endang, A. R. & Maknun, J. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Terhadap Lingkungan Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 3 Sumber. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2).
Rika, I.A., Wahidin. & Roviati, E. 2016. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep KingdomPlantae kelas X di SMAN 3 Kuningan. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2): 144-155.
Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Uno, Gordon E. & Rodger W. Bybee. 1994. Understanding the Dimensions of Biological Literacy. Oxford University Press on behalf of the American Institute of Biological Sciences. 44(8): 553-557.
Wahyuningsih, F. Saputro, S. & Mulyani, S. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Pedagogia, 17(1): 33-43.
Witanecahya, S. Z. & Jatmiko, B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(3): 6-10.
Article Metrics
Abstract view : 44 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.