Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Puisi Berbasis Multimedia 3D Flipbook (Prototype Development of 3D Multimedia-Based Poetry Teaching Materials Flipbook)
(1) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to develop a prototype of poetry teaching materials based on 3D Flipbook multimedia. Through this research, it is hoped that there will be more varied teaching materials as well as learning media than the previous ones. The research design is a procedural descriptive research model, which is guided by the ADDIE model development research procedure initiated by Lee & Owens. Broadly speaking, this development model consists of 4 stages, namely: 1) analysis, 2) design, 3) development and implementation, and 4) evaluation. Thus, this research is a category of development research. The result of this research is poetry teaching materials in the form of 3D Flipbook multimedia. The results showed that according to 30 respondents, the 3D Flipbook multimedia display aspect was very feasible, the 3D Flipbook multimedia material aspect was feasible, and the 3D Flipbook multimedia learning aspect was very feasible. In conclusion, according to respondents, 3D multimedia flipbooks can be used as a very feasible alternative for learning poetry.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe bahan ajar Puisi berbasis multimedia 3D Flipbook. Melalui penelitian ini diharapkan tersedia bahan ajar sekaligus media pembelajaran yang lebih variatif dari yang sebelumnya. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada model ADDIE yang terdiri atas empat tahap yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan dan implementasi, dan 4) evaluasi. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar puisi berupa multimedia 3D Flipbook. Â Berdasarkan respons dari informan dapat diketahui bahwa aspek tampilan dan pembelajaran multimedia 3D Flipbook sangat layak, serta aspek materi multimedia 3D Flipbook layak. Multimedia 3D Flipbook bisa dijadikan alternatif dalam pembelajaran puisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyadmo, D. A. (2020a). Multimedia 3D Flipbook Sebagai Alternatif untuk Menciptakan Pembelajaran Drama Secara Mandiri. Senamika, 1(1), 554–560.
Adiyadmo, D. A. (2020b). Prototipe Bahan Ajar Drama Berbasis Multimedia 3D Flipbook (Penelitian Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/9213/.
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62-65 https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Aprilia, T., Sunardi., & Djono. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Teknodika,15(2), 75-82. https://dx.doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Borg, W. R. & Gall, M. D.. 1983. Educational Research: fourth edition.New York: Longman Inc.
Bhegawati, D. A. S., & Yuliastuti, I. A. N. (2019). Effect of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage in the Coconut Shell Craft Industry in Karangasem Regency. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 71–89.
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-II. Diakses tanggal 12 Mei 2021 dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810
Jaja, J., Rahayu, S., & Pujiatna, T. (2021). Bahan Ajar Teks Prosedur Berorientasi Kebudayaan Lokal (Local Culture Oriented Procedure Text Teaching Materials). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 290-304. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.7794
Juwati, J. (2017). Diksi dan Gaya Bahasa Puisi Kontemporer Karya Sutardji Calzoum Bachri, Sebuah Kajian Stilistik. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 72–89. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.96
Kurniawati, H., Desnita, D., & Siswoyo, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 97–102. https://doi.org/10.21009/1.02114
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.
Lensun, S. F. (2016). Peningkatan Penguasaan Kanji dengan Metode Nemonik melalui Multimedia. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 107–117. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.151.010
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311–326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828
Masi, A. (2015). Strategi Inovasi Produk Garmen dalam Menghadapi pasar Bebas (Studi Kasus Pada UKM Garmen di Kota Denpasar). Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 45–55.
Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.
Mulyono, H., Darman, R. A., & Desriwandi, F. (2019). Pengembagan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 2 Painan Provinsi Sumatera Barat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 166–174. http://dx.doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1369
Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). Desain dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigenerasi. Jurnal of Mechanical Engineering, 2(1), 106-105. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1160
Noor, R., & Asih, T. (2016). Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Melalui Inventarisasi Tanaman Obat di Suku Semendo Kecamatan Way Tenong Lampung Barat. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(2), 114-120. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i2.612
Nugraha, W., & Syarif, M. (2018). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(2), 97–105. http://dx.doi.org/10.32767/jusim.v3i2.331
Nurfa, N. N., & Nana, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Display Berbasis 3D PageFlip dengan Model POE2WE pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(1), 18–23. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v6i1.15029
Nurseto, T. (2019). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2399
Pujiatna, T., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Simak Berorientasi Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Menyimak. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 91–97. http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2804
Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2017). Rekonstruksi Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2(1), 196–205. Diakses tanggal 12 Mei 2021 dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1062
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6213
Ramansyah, W. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 3(1), 28-37. https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2558
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80
Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar yang Berorientasi pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Capaian Pembelajaran pada Ranah Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–32. http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431
Suendro, G. (2010). Analisis pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2), 230–243. https://doi.org/10.14710/jspi.v9i2.230%20-%20243
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–106. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Susiana. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Malang Berdasarkan Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Untuk SMP/MTs kelas VII Semester Gasal. Nosi, 5(2), 175–186.
Suwandi, S., Imansyah, H. F., & Dasril, H. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy Yang Bermigrasi Ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1), 1-11
Taluke, D., Ricky S. M., Lakat., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota, 6 (2), 531-540
Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457
Wardiani, R., Mulyaningsih, I., & Maneechukate, S. (2021). Writing Skills Development: A Balancing Perspective of Brain Function in Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 8(1), 65-79. DOI: http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v8i1.7795.
Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 94-100. https://doi.org/10.15294/seloka.v4i2.9866
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162–172. http://dx.doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049
DOI: 10.24235/ileal.v7i2.9303
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â