Stimulus Variation Strategies and Audiovisual Media for Indonesian for Foreign Speakers Students (Strategi Variasi Stimulus dan Media Audiovisual bagi Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)

Dadi Satria(1*), Sulis Triyono(2), Herman Dwi Surjono(3),


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi keterampilan variasi stimulus dengan menggunakan media audio visual bagi mahasiswa yang mengambil program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jenis penelitian ini adalah studi kasus proses di Universitas Negeri Padang. Data penelitian berupa catatan lapangan yang dikumpulkan melalui observasi langsung dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BIPA dapat dilakukan dengan memanfaatkan media audio visual untuk merangsang penglihatan, pendengaran, dan gerak. Penggunaan rekaman dan lagu dapat merangsang pendengaran. Hal ini untuk mempelajari bunyi bahasa dan struktur kalimat dalam bahasa Indonesia. Gambar dapat membantu siswa untuk menguasai berbagai macam objek. Video berupa lagu mampu merangsang gerakan melalui proses menirukan. Dengan demikian, strategi ini dapat digunakan oleh para pengajar BIPA untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

This study aims to describe the strategy of stimulus variation skills using audio-visual media for BIPA students. This type of research is a case study at Universitas Negeri Padang. Research data in the form of field notes is collected through direct observation and participant observation. The results of the study found that learning Indonesian for early speakers through a variety of stimulus strategies in the form of sight, hearing, and movement by utilizing audio-visual media formed active and communicative learning. The use of audio media in the form of recordings and songs can stimulate auditory stimulation to learn the sounds of language and sentence structure in Indonesian. Furthermore, visual media in the form of images can help students to master various kinds of objects and objects. Meanwhile, video playback in the form of songs is able to stimulate movement stimuli through the process of imitating the movements in the video song being played. Thus, this strategy can be used by BIPA teachers to create active, creative, communicative, and collaborative learning.


Keywords


BIPA; audiovisual media; learning strategic

Full Text:

PDF

References


Al-Idrus, T. S. F., Mahmud, & Vitoria, L. (2017). Penerapan Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus pada Proses Mengajar di Kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 228–235.

Aliffiani, Syafrina, A., & Husin, M. (2018). Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus di SD Negeri 71 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 24–34.

Andriyana, Anh, H. H. van, & Iswatiningsih, D. (2022). Kesalahan fonologi mahasiswa Vietnam tingkat BIPA 1 dalam pelafalan fonem bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 119–124.

Arsyad, A. (2013). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Pustaka Pelajar.

Artikawati, R. (2016). Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Basic Education, 5(11), 1074–1084.

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017). Revitalisasi Peran Budaya Lokal dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Elic, 1(1), 915–920.

Bahasa, B. P. (2021). Badan Bahasa Targetkan 100.000 Pemelajar Baru BIPA pada Tahun 2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Basuki, W. (1992). Media Pengajaran. Depdikbud.

Bogdan, C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Reasearch for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon Inc.

Buss, E., Calandruccio, L., Oleson, J., & Leibold, L. J. (2021). Contribution of Stimulus Variability to Word Recognition in Noise Versus Two-Talker Speech for School-Age Children and Adults. Ear & Hearing, 42(2), 313–322. https://doi.org/10.1097/AUD.0000000000000951

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Daulay, S. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penguasaan Bahasa Kedua Bagi Penutur Asing Mahasiswa Asal Thailand di UMSU. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dzikri, N. (2020). Kontribusi Indonesia dalam Hubungan South-South Cooperation Periode 2016-2018. Indonesian Journal of International Relations, 4(2), 164–186.

Emmers, R. (2014). Indonesia’s role in ASEAN: A case of incomplete and sectorial leadership. The Pacific Review, 27(4), 543–562. https://doi.org/10.1080/09512748.2014.924230

Fanani, Moh. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fitriani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6 (1), 104–114. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950

Haryoko, S. (2012). Efektifivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Edukasi Elektro, 5(1), 1–10.

Hasibuan, L. H. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar melalui Pendekatan SAVI dengan Variasi Mengajar Stimulus Materi Dimensi Tiga. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 7(2), 213–226. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2117

Islam, A. M. S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Perspektif Siswa Madrasah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 1-16.

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.

Kartika, D. (2017). Strategi dan Penggunaan Modifikasi dalam Kesantunan Tindak Tutur Memohon oleh Mahasiswa Jepang pada Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 136–147. https://doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1418

Khalikhmadee, W., Hermanto, & Himawan, R. (2022). Analisis pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah Pattanakarn Ying Sueksa Thailand. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 180–190.

Kurniawan, K., Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia†untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 (Conformity of BIPA Textbook Contents “Sahabatku Indonesia†for Level 1 English Speakers). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279–293. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10052

Kusuma, E. R., & Ismail, A. (2017). Karut-Marut dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. Seminar Nasional, 1978, 99–104.

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2). http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v6i2.6618

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Lutfi Gilang.

Lasswell, H. (1972). The Structure an Function of Communication in Society. University of Ilionis Press.

Latupapua, F. E. (2020). Mencari Formula Bahan Ajar Yang Ramah Budaya Lokal: Problematika Pembelajaran Bipa Di Maluku. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 233–244. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no1hlm233-244

Lemaich, S. E., & Utami, S. (2022). Linguistic categorization of teacher perceptions about BIPA learner errors and learning challenges: a multiple case study. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(1), 9–29.

Lindlof, T. R. (1994). Qualitative Communication Research Methods. SAGE Publication Inc.

Lisda, P., & Naningsih, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan HIV/AIDS (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Maulana, A., Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2022). Pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 134–156.

Mulyaningsih, I. (2020). Ability of Indonesian Teachers Candidates in Preparing a Lesson Plans. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 19(2), 218–234. https://doi.org/10.21009/bahtera.192.03

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Referensi GP Press Group.

Nastiti, A. D., Datil, L. L., & Sukma, B. P. (2019). Hambatan dalam upaya pengembangan BIPA di luar negeri. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 01. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1723

Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Islam, 6(1), 97–111.

Nurlaila, N. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 557-566. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2681

Prabowo, H., & Sinaga, O. (2020). Free Trade Integration Effect on International Relations through Cross Border Entrepreneurship: A Study from Indonesia and Malaysia International Business Perspective. Croatian International Relations Review, 26(86), 220–237.

Priandono, F. E., Astutik, S., & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 247–253.

Purba, A. (2013). Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2).

Purnamasari, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Dalam Perspektif Psikolinguistik. Prosiding Seminar Nasional Sasindo, 1(2), 122–131. https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10822

Purwiyanti, Y., Suwandi, S., & Andayani, N. (2017). Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Asal Filipina. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 6(2), 160. https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448

Puspita, R. A., Subroto, A., & Arnakim, L. Y. (2023). Digital Sovereignty in Indonesia-China Trade Relations. Journal of Social Science, 4(1), 30–39.

Putri, A. T., & Akifah, A. (2017). Efektifitas media audio visual dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan penyakit gastritis pada santriwati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Haluoleo University).

Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta.

Rombepajung, J. P. (1988). Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Depdikbud.

Roinah, R. (2019). Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di STAIN Bengkalis. Jurnal Quality, 7(1). http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1.4966

Safwan. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Stimulus Pembelajaran melalui Bimbingan Kepala Sekolah di SD Negeri 3 Bintang Tahun 2017. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Humaniora, 8(3), 468–478.

Salahuddin. (2022). Analisis kesalahan pengucapan kosakata bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA tingkat dasar di INCULS UGM Yogyakarta. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(1), 82–98.

Saputro, W. A., & Anggrasari, H. (2021). The Role, Development and Opportunities of Spice Commodities for International Relations Between Indonesia and Other Countries in The International Market. JASSP, 1(2), 154–166. https://doi.org/10.23960/jassp.v1i2.34

Sarippudin, S. (2017). Stimulus Variation in Entrepreneurship Training. PROMOSI (Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi), 5(2), 74–84. https://doi.org/10.24127/ja.v5i2.1216

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). The Use of Audio-Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Setyawati, Y., Purwani, R., & Pratiwi, A. (2022). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menganalisa Keefektifan Belajar dan Kemampuan Mendengar Bahasa Inggris Mahasiswa Keperawatan. Nusantara Hasana Journal, 2(6), 62-69.

Suryawantie, T., Budiarti, K. D., & Nuraeni, S. R. (2020). Literature Review: Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual tentang Menarche terhadap Kesiapan Siswi SD Menghadapi Menarche. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(2), 13-22.

Tawandorloh, K.-A., Islahuddin, I., & Nugraheny, D. C. (2021). Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Fatoni, Thailand. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 139–151. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.8603

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Thontowi, J., & Wati, E. (2023). The Prophetic Law, Pancasila, and Indonesia’s Significant Role toward International Law in Asia-Africa, ASEAN, and Global Context. International Journal of Educational Review, Law and Social Sciences, 3(1), 312–322.

Tompkins, G. E., & Hoskisson, K. (1991). Language Arts: Content and Teaching Strategies. Order Processing, Merril, an Imprint of Prentice Hall.

Utami, T. D. & Nurhuda. (2019). Pengaruh Keterampilan Variasi Stimulus Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Bidang Studi Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Jurnal PEKA 7(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/4652

Wahyuni, L. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa. Basic Education, 4(11), 1-17.

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.

Widianto, E., & Zulaeha, I. (2016). Pilihan Bahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 124–135.

Yusriah, Y. (2019). Strategi Komunikasi dalam Pembelajaran. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), 16–27. https://doi.org/10.36915/jpi.v3i1.46

Zainudin, R., & et al. (2005). Metodologi dan Strategi Alternative Pembelajaran Bahasa Arab. Pustaka Pilhah Group.

Zulfahmi. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 7(2), 600–609.




DOI: 10.24235/ileal.v8i2.8670

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â