Totemisme dalam Iklan: Studi Sastra Komparatif TVC Sabun Lux Versi Beauty Superpowers dan Versi Maudy Ayunda

Fitri Astuti Lestari(1*), Nurdien H. Kistanto(2),


(1) Universitas Diponegoro, Semarang
(2) Universitas Diponegoro, Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe totemism in advertisements for the Soap Lux Beauty Superpowers and Maudy Ayunda versions and explain the similarities and differences between the two TVCs. The method used is descriptive qualitative. The results show that Lux soap advertisements from different production gap times contain totemism elements. The difference lies in the ambassador's image, which is then used as a totem. The Beauty Superpowers version displays the impression of being beautiful, sensual, confident, glamorous, rich, powerful, and economically strong. Maudy Ayunda's version, aside from these things, a highly educated image is also inserted. This research implies that advertising invites people to buy products and influences them to be included in a group bound by a totem.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan totemisme dalam iklan Sabun Lux versi Beauty Superpowers dan versi Maudy Ayunda serta memaparkan adanya persamaan maupun perbedaan dari kedua TVC tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan sabun Lux dari gap time produksi yang berbeda tersebut sama-sama mengandung unsur totemisme. Perbedaannya terletak pada citra ambassador yang kemudian dijadikan totem. Versi Beauty Superpowers menampilkan citra yang cantik, sensual, percaya diri, glamor, kaya, berkuasa, dan kuat secara ekonomi. Versi Maudy Ayunda selain hal-hal tersebut, diselipkan juga citra berpendidikan tinggi. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa iklan tidak hanya mengajak masyarakat untuk membeli produk, tetapi juga memengaruhi agar masuk dalam sebuah kelompok yang diikat oleh sebuah totem.


Keywords


totemism in advertising; TVC Lux soap beauty powers; TVC Lux soap Maudy Ayunda

Full Text:

PDF

References


Akpan, I. (2013). A Semiotic Deconstruction of Symbols in Print Advertising Contents: Implications for Consumers Purchase Decisions in Nigeria. Research on Humanities and Social Sciences, 3(13), 13–26.

Alfons, C. R. (2020). Totemisme di Era Modernisasi : Realitas Masyarakat Adat Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon. Komunitas, 3(2), 89–100.

Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak di Televisi. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(1), 43–65.

Balakrishnan, L., & Kumar, C. S. (2011). Effect of Celebrity Based Advertisements on the Purchase Attitude of Consumers towards Durable Products (A Study with Reference to the City of Chennai). World Review of Business Research, 1(2), 98–112.

Biswas, D., Biswas, A., & Das, N. (2006). The Differential Effects of Celebrity and Expert Endorsements on Consumer Risk Perceptions. The Role of Consumer Knowledge, Perceived Congruency, and Product Technology Orientation. Journal of Advertising, 35(2), 17–31.

Christianna, A. (2012). Fenomena Totemisme Iklan (Studi Kasus: TVC Mie Sedaap Versi Edwin Lau). Jurnal Media, Seni dan Desain Universitas Negeri Malang, 1–8.

Damayanti, N. S. (2017). Studi Komparatif Iklan Indomie Mi Goreng di Indonesia dan Lima Negara di Lima Benua (Eropa, Amerika, Afrika, Asia, dan Australia). Thesis Universitas Airlangga.

Damono, S. D. (2005). Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa.

Danesi, M. (2011). Pesan, Tanda, dan Makna Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Darwis, A., & Ismail, T. (2018). Citra Perempuan dalam Iklan Sabun Media Elektronik (Kajian Feminisme). Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 9 Juli 2018, 71–79.

Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Bukupop.

Fauziyyah, F. (2018). Gejala Totemisme dalam Iklan lippo Group: Aku Ingin Pindah ke Meikarta. Skripsi Universitas Pasundan.

Freud, S. (2017). Totem & Taboo. Yogyakarta: Immortal Publishing dan Octopus.

Gor, R. A. (2018). Objectification of Woman in Media. International Journal of Research 6, 84–87.

Harrington, K. (2014). Save Your Money: Celebrity Endorsements Not Worth the Cost. Forbes.

Hermawan, F. W. (2016). Mitos dan Relasi Ketidaksadaran Masyarakat Telaah Atas Pembentukan Mitos Borjuasi Perancis Modern dalam Perspektif Roland Barthes. Dharmasmrti, XV(28), 91–107.

Hermawan, H., & Bakri, W. (2021). Mitologi Iklan Tolak Angin Sido Muncul Versi Rhenald Kasali (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Mercusuar, 2(1), 1–15.

Hoed, B. H. (2001). Dari Logika Tuyul ke Erotisme. Yogyakarta: IndonesiaTera.

Iklan LUX Soft Touch Baru - Maudy Ayunda. (2017). https://www.youtube.com/watch?v=-A9PS0l8nRo

Lorino, P. (2014). Charles Sanders Peirce (1839–1914). Oxford Handbook of Process Philosophy and Organization Studies, 143–165.

Lux Beauty Gives You Superpowers. (n.d.). https://youtu.be/pq5II6g2fVY

Mardani, A. (2013). Konsekuensi-Konsekuensi Modernitas: Perubahan Perilaku Konsumsi dan Kontestasi Tanda di Dunia Maya. Jurnal Sosiologi.

Muryati, P., Djakfar, Y., & Suwarno, D. M. (2021). Pergeseran Citra pada Iklan Sabun Kecantikan (Analisis Semiotik Charles Sander Pierce pada Iklan Lux Botanical 99 % Bunuh Kuman Versi Maudy Ayunda). Jurnal Komunikasi dan Budaya, 02(3), 241–248.

Parmita, N. P. A. (2020). Totemisme Barong Gajah di Desa Blakiuh Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Dharmasmrti Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 20(2), 110–123.

Purnomo, E. (2018). Pengaruh Iklan Sabun Mandi di Televisi Terhadap Perubahan Perilaku Siswa Kelas VII SLTP Suluh Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(6), 837–864.

Ranjbarian, B., Shekarchizade, Z., & Momeni, Z. (2010). Celebrity Endorser Influence on Attitude Toward Advertisements and Brands. European Journal of Social Sciences, 13(3), 399–407.

Ridho, M. (2014). Perempuan dan Erotisme dalam Periklana. Makalah Non Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Ritzer, G. & B. S. (2012). Handbook Teori Sosial. Bandung: Nusa Media.

Sabir, R. I., Safdar, M., Junaid, M., Khurshid, N., & Shahnawaz, M. (2014). Impact of Uniform Celebrity Endorsed Advertisements on Consumer Buying Behavior-Sahiwal University Students Perspective. Journal of Basic and Applied Scienfific Research, 4(4), 238–248.

Saitya, I. B. S. S. (2020). Totemisme dalam Teks Ādiparwa. Sphatika: Jurnal Teologi, 9(1), 47-56.

Sari, D. (2020). Konstruksi Gender Perempuan Ideal dalam Iklan Sabun Lux Edisi Super Power (dalam Kajian Semiotika Roland Barthes). JSGA, 02(02), 68–82.

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.

Setyowati, D. (2010). Kigo pada Haiku Kobayashi Issa dalam Perspektif Semiotika CS Pierce. PARAFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 10(01), 8-15.

Sidik, A. (2018). Analisis Iklan Produk Shampoo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(4), 201-208.

Siregar, R. R. (2015). Makna Simbol “S†dalam Film Superman sebagai Bentuk Propaganda Internasional Amerika Serikat. Transnasional, 6(2), 1690–1707.

Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media. Bandung: Rosdakarya.

Sugihartati, R. (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta.

Surya, A. A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Sabun Lux di Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wardani, C. A. D. (2019). Animal Totems and its Representation in Philip Pullman’s Northern Lights. Litera-Kultura, 07(04), 1–9.

Wibowo, S. W. (2011). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Widati, E. (2016). Kecocokan Celebrity Endorser dengan Citra Merek. Sosio E-Kons, 8(1), 8–14.

Yana, V. D. (2018). Citra Perempuan dalam Iklan Sabun Shinzui dan Lux (Analisis Semiotik Roland Barthes). Thesis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Yunanda, Y., Rahmat, W., Samsiarni, S., & Rifai, A. A. B. B. M. (2021). Analysis of Fiersa Besari Speech Act on Youtube Playlist “Episode Sebuah Jurnal†Pragmatic Study. Journal of Pragmatics and Discourse Research, 1(2), 76-87.

Yusuf, R. (2014). Representasi Mitos Gaya Hidup Dalam Iklan (Analisis Semiotika Barthes pada Iklan Kopi Kapal Api Spesial Versi Suka yang Hitam). Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 2(4). 170-195.




DOI: 10.24235/ileal.v7i1.8498

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â