Puisi Bertema Corona Karya Joko Pinurbo Sebagai Bahan Ajar Kontekstual Menulis Puisi
(1) Universitas Kuningan
(2) Universitas Kuningan
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to describe the value of contextuality with a one-step analysis of the sociology of literature from extrinsic elements and intrinsic elements. This study uses a qualitative descriptive method with research steps: looking for Joko Pinurbo's poetry in the mass media, looking for news about corona; compiling data, and analyzing data based on theory. Extrinsic element analysis is done by comparing news and poetry. As a result, the idea and theme of the poem are the same as the news in Republika and Detik, namely, discussing the Covid-19 pandemic. This poem can be used as learning material for writing poetry with contextual techniques. In addition to teaching environmental awareness, contextual techniques when writing poetry can also sharpen and train logical thinking. Therefore, observing various events in the surrounding environment can lead to creativity in writing poetry.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kontekstualitas dengan satu langkah analisis sosiologi sastra dari unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Penelitian ini menggunakan metode desktriptif kualitatif dengan langkah penelitian: mencari puisi Joko Pinurbo di media massa, mencari berita tentang corona; menyusun data, dan menganalisis data berdasarkan teori. Analisis unsur ekstrinsik dilakukan dengan cara membandingkan antara berita dan puisi. Hasilnya, ide dan tema puisi sama dengan berita di Republika dan Detik, yakni membahas Pandemi Covid-19. Puisi ini dapat digunakan sebagai materi pembelajaran menulis puisi dengan teknik kontekstual. Selain mengajarkan kepedulian pada lingkungan, teknik kontekstual pada saat menulis puisi juga dapat menajamkan dan melatih logika berpikir. Oleh karena itu, aktivitas mengamati berbagai peristiwa di lingkungan sekitar dapat memunculkan kreativitas dalam menulis puisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita, K. A., Satoto, S., & Sumarlam. (2017). Diction in Poetry Anthology Surat Kopi by Joko Pinurbo as A Poetry Writing Teaching Material. International Journal of Active Learning, 2(1), 39–49.
Arfanda, M. F. & Muzakka, M. (2020). Kritik Sosial Pada Lirik Lagu Karya Feast. NUSA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(2), 199-213.
Basuki, I. (2015). Aspek Psikologis Pengarang dan Pengaruhnya Terhadap Perwatakan Tokoh Utama Novel Lady Chatterlay’s Lover Karya David Herbert Lawrence. Literasi, 5(2), 127-138.
Budiana, S., & Kamil, M. N. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA PGRI 4 Kota Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 1(1), 52-64.
Budiastuti, W., Mulyono, S., & Hastuti, S. (2013). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(3), 573-582.
Fatimah, D. S., Sadiah, S. H., & Pramadhika, R. B. (2019). Analisis Makna Pada Puisi ‘Kamus Kecil’ Karya Joko Pinorbo Menggunakan Pendekatan Semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Sastra Indoneisa, 2(5), 701-706.
Hafid, A., & Marzuki, I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar. Jurnal Pendidikan, 8(1), 1–8.
Hanardi, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X MIA III SMAN 2 Bangkinang Kota. Journal on Education, 1(1), 92–102.
Handiwiguna, R., Mila, F. M., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran Menganalisis Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Imajinatif. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 577–84.
Hidayat, A. (2019). Representasi Cerita Karnadi Anemer Bangkong Sebagai Identitas Masyarakat Sunda. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 15(2), 40-49.
Karmila, N. P., Gunatama, G., & Sutresna, I. B. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Inspirator Gambar Peristiwa Siswa Kelas VII A SMPN 1 Melaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3), 1-11.
Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMAN 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 248-258.
Maulidiyah, M., Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Facebook Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa SMP. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 91-101.
Mawardi, A. B. (2018). Komodifikasi Sastra Cyber Wattpad Pada Penerbit Indie Arif. Sabda, 13(1), 77–82.
Mulyaningsih, I. (2015). Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 95-101.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: DIVA Press.
Rahim, R. A. (2018). Penggunaan Media Video Youtube ‘Demi Raga Yang Lain’ Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Daring Puisi Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Idiomatik, 3(1), 22-28.
Rahman, F. (2017). Cyber Literature: A Reader – Writer Interactivity. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 156-164.
Rasyid, M. H. (2020). "Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X SMA Negeri 3 Pati". Seminar Nasional Pascasarjana 2020 Universitas Negeri Semarang, 352-358.
Sari, N. I., & Randi, R. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra, 3(2), 153-161.
Solihah, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 15-25.
Sucipta, M. D., Artawan, G., & Rasna, I. W. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Pendekatan Kontekstual Berinspirasi Alam Pedesaan Pada Siswa Kelas V SD Mahardika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2), 12-21.
Sugiarti, S. (2014). Estetika Pada Novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy. Atavisme, 17(2), 134-147
Sujarwa. (2019). Model & Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suntini, S. (2017). Analisis Wacana Kritis Pada Novel Perempuan Di Titik Nol Karya Nawal El Saadawi Ditinjau Dari Tokoh dan Perwatakan, Konflik serta Amanat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 1-14.
Susilastri, D. (2020). Strata Norma Roman Ingarden dalam Apresiasi Puisi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(2), 89-96.
Waraulia, A. M. (2018). Implementasi Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Pembelajaran Kontekstual-Inquiri Siswa Kelas VII SMPN 1 Mantingan. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(1), 1–9.
Wati, S. (2019). Keefektifan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMP. Jurnal Bindo Sastra 3(1):55–62.
Wellek, R. & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: 10.24235/ileal.v7i1.7769
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â