Pembelajaran Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Metode Discovery Learning

Teti Sobari(1*), Mutiara Ramadhan(2),


(1) IKIP Siliwangi, Bandung
(2) SMK Bhakti Praja Purwakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


One of the texts used in language learning is anecdotal text. This study aims to improve students' knowledge and skills on anecdotal text material. This research was conducted in two cycles, each of which consisted of two meetings. The stages in this research consist of planning, implementing and reflecting. The method in this research is Classroom Action Research. Subjects taken in this study were all students of class X Multimedia 1 SMK TI Garuda Nusantara Cimahi. Based on the research results obtained, it can be concluded that the level of difficulty of the learning material can affect student outcomes. This can be seen from the assessment of students' knowledge skills, which are better than writing skills. Learning using the discovery learning method can increase students 'knowledge of anecdotal texts and improve students' ability to write anecdotal texts.

Salah satu teks yang digunakan pada pembelajaran bahasa adalah teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa pada materi teks anekdot. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Tahapan dalam penelitian ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia 1 SMK TI Garuda Nusantara Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan materi pembelajaran dapat memengaruhi hasil siswa. Hal tersebut dilihat dari penilaian kemampuan pengetahuan siswa lebih baik dibandingkan kemampuan menulis. Pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai teks anekdot serta meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot.


Keywords


anecdotal texts; discovery learning; lesson study; SMK

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK SWASTA AL MA’SHUM. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 200 – 208.

Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1 – 18. https://doi.org/10.1037/a0021017

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Azis, A. (2012). Menulis Poster dan Slogan melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Suatu Alternatiff Peningkatan Keterampilan Menulis. Semantik, 1(1), 65 – 74.

Dewy, R. T. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik Transformasi Naskah Drama pada Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Padalarang Tahun Ajaran 2015. STKIP Siliwangi.

Druckman, D., & Ebner, N. (2018). Discovery Learning in Management Education: Design and Case Analysis. Journal of Management Education, 42(3), 347 – 374. https://doi.org/10.1177/1052562917720710

Heriawan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. LP3G.

Khasanah, N. U. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.03.005

Kusnadi. (2017). MenganalisissTeks Anekdott dengan Menggunakann Metode Paradigmaa Kritiss pada Siswa Kelas X SMK Pakuan Lembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Pasundan.

Maarif, S. (2016). Improving junior high school students’ mathematical analogical ability using discovery learning method. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 114 – 124.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9 – 22.

Mulyani, R. (2019). Studi Komparasi: Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika 10 Kata. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 39 – 48. https://doi.org/10.30870/gravity.v5i1.5210

Nopriyanti, E. (2015). Penerapan Model SETS (Science Environment Technology Society dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Universitas Pendidikan Indonesia.

Permadi, dkk. (2018). Development of Anecdote Text Writing Teaching Materials Based on Process Approach For Student Class X SMA Negeri 1 STABAT. International Journal of Education Learning and Development, 6(8), 71 – 78.

Pradana, P. G., Artawan, G., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning di Kelas X MIA 22 SMA Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 1 − 12.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171 − 179.

Puspitasari, P., & Supriatna, E. (2017). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pengalaman dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Kelas X SMA Negeri 20 Bandung. Jurnal P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 39 – 44.

Rahmayanti, D., Martha, I. N., & Wisudariani, N. R. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 di Kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 1 − 12.

Sholekah, L. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Berbahasa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problemm Based Learning) pada Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42 – 50.

Sobari, T. (2012). Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Jurnal Semantik, 1(1), 17–41.

Soimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruz Media.

Suherli, K. (2017). Buku Guru: Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Sunismi. (2015). Developing Guide Discovery Learning Material Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Mediam For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), 334 – 346.

Syafyahya, L., & Yades, E. (2018). Discovery Learning And Small Group Discussion In Lexicology Education. Proceedings "Improving Educational Quality Toward International Standard" 4 September 2018, Universitas Andalas Padang, 52–56. https://doi.org/10.5220/0008679300520056

Van Joolingen, W. R., De Jong, T., Lazonder, A. W., Savelsbergh, E. R., & Manlove, S. (2005). Co-Lab: Research and development of an online learning environment for collaborative scientific discovery learning. Computers in Human Behavior, 21(4), 671 – 688. https://doi.org/10.1016/j.chb.2004.10.039

Wardani, E. D., Rustono, M., & Nuryatin, A. (2018). Structure and Contextual Meaning Analysis of Anecdote Text with Character and Local Wisdom as an Alternative to Selection of Teaching Materials for Indonesian in Senior High School. 247(Iset), 128 – 131. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.27

Wardani, S. R., Fuady, A., & Andayani. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas X SMK. Basastra, 4(1), 168 – 182.

Wibawa, B. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dikti.

Woi, P. L. J., Burhanuddin, D., & Sinaga, M. (2019). Implikatur pada Teks Anekdot dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Jurnal Tuah, 1(1), 34 – 42.

Zain, S., R. Nurdin, M., Kasan, & Suhartini. (2017). Efektivitas Teknik Pengandaian Diri dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Retorika, 10(2), 100–105. https://doi.org/10.26858/retorika.v




DOI: 10.24235/ileal.v6i1.4246

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â