Analisis Makna Kontekstual Pada Iklan Televisi

Tri Pujiatna(1*), Jaja Jaja(2), Anggi Krisma Diana(3),


(1) Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
(2) Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
(3) Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Human life today is inseparable from the influence of television. Various information can be obtained quickly. To meet the entertainment needs of humans/television viewers, television always inserts advertisements. Besides having commercial purposes, advertising also has the value of the information contained in it. Advertisers, both private and government, try to introduce and invite the public to do what the advertiser wants. Advertisers try to convey messages to consumers or the public in the form of meaningful symbols through mass media which are usually in the form of television, radio, and newspapers. The symbol of meaning is language. Language is used as a communication tool in advertising even though there are many other communication tools, such as images and sounds. The shape of the symbol, namely the language used as a communication tool in advertising has its own meaning.

 

Kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari pengaruh televisi. Berbagai informasi dapat diperoleh dengan cepat. Untuk memenuhi kebutuhan hiburan manusia/pemirsa televisi, televisi selalu menyisipkan tayangan iklan. Di samping memiliki tujuan komersil, iklan juga memiliki nilai informasi yang terkandung di dalamnya. Para pengiklan baik swasta maupun pemerintah berusaha untuk memperkenalkan serta mengajak masyarakat dapat melakukan apa yang diharapkan oleh pembuat iklan. Pembuat iklan berusaha untuk menyampaikan pesan kepada konsumen atau masyarakat dalam bentuk lambang bermakna melalui media massa yang biasanya berupa televisi, radio dan surat kabar. Lambang makna yang dimaksud adalah bahasa. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi dalam periklanan walaupun masih banyak lagi alat komunikasi yang lain, seperti gambar, dan bunyi. Bentuk lambang yaitu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam periklanan memiliki makna tersendiri.


Keywords


advertising; communication; convey messages; human life; television

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Ramadan 2017: Analisis Isi Iklan “Bahagianya Adalah Bahagiakuâ€. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17 – 31.

Azhari, M. Z. (2014). Analisis Semiotika Makna Pesan Moral dalam Iklan Sampoerna Versi “Orang Pemimpi†Di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 150 – 164.

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendrastuti, R. (2015). Variasi Penggunaan Bahasa Pada Ruang Publik Di Kota Surakarta. Kandai, 11(1), 29 – 43.

Jauhar, A. M. H. (2013). Makna Kontekstual Kata Sifat Amai dalam Lagu Jepang. GoKen, 1(1), 27 – 41.

Juniarti, I. W. & Wahyuniarti, F. R. (2019). Makna Kontekstual dalam Novel Pasukan Matahari Karya Gola Gong. Sastranesia, 7(1), 54 – 67.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Kuspriyono, T. (2015). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Web PT L’oreal Indonesia. Jurnal Komunikasi, 6(1), 1 – 9.

Musaffak. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. Kembara, 1(2), 224 – 232.

Palimbong, D. R. (2015). Makna Kontekstual Dalam Novel Diary Pramugari Karya Agung Webe. Jurnal KIP 4(2), 915 – 926.

Parera, J. D. (2004). Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Poluan, J. G., Genita G.L., & Victoria N. U. (2016). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca Cola (Studi Kasus Pada PT. Bangun Wenang Beverage Company Manado). Jurnal EMBA 4(3), 671 – 681.

Sugiantomas, A., Jaelani, A. J., & Supriatna, A. N. (2017). Humor Jui Purwoto, Cak Lontong, Pandji Pragiwaksono, dan Ernest Prakasa dalam Stand Up Comedy (Analisis Makna Kontekstual, Makna Konseptual, dan Teori Humor dalam Kalimat Humor). Jurnal Fon, 10(1), 1 – 10.

Sukirno, S., et al. (2004). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sungkrajap, M. A. (2013). Analisis Pengaruh Atribut Iklan Televisi Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Maksipreneur 2(2), 80 – 100.

Suryanti. (2018). Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok Di Televisi. Jurnal ASAS, 7(1), 49 – 51.

Sutiyono, J. & Sutrimah. (2016). Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS). Jurnal Pedagogia. 5(2), 297 – 310.

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan yang Efektif. Al-Khitabah, 2(1), 107 – 116.

Wijayanto, A. (2015). Makna Konseptual dan Makna Asosiatif Dalam Teks Lagu Sheila On 7. Jurnal Sastra Indoneisa, 4(1), 1 – 10.




DOI: 10.24235/ileal.v5i1.3578

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â