Makna Religiusitas dalam Puisi Ebbhu Karya Sugik Muhammad Sahar: Studi Hermeneutika Paul Ricoeur

Moh. Tabarok(1*), Ari Ambarwati(2), Akhmad Tabrani(3),


(1) Universitas Islam Malang
(2) Universitas Islam Malang
(3) Universitas Islam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam puisi Ebbhu karya Sugik Muhammad Sahar yang berhubungan dengan masyarakat Madura serta interpretasi nilai-nilai religius berdasarkan pendekatan hermeneutika Paul Ricoeur. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Analisis data mengikuti prosedur hermeneutika Ricoeur yang meliputi: (1) distansiasi (pembacaan objektif teks); (2) interpretasi (pemaknaan simbol dan metafora); (3) apropriasi (kontekstualisasi makna); dan (4) referensi (penemuan makna di balik teks). Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai religiusitas dalam puisi Ebbhu karya Sugik Muhammad Sahar. Nilai-nilai religius ini berhubungan dengan nilai keagamaan yang terdapat pada masyarakat Madura seperti ketaatan dalam beribadah (ubudiyah), penghormatan terhadap nilai-nilai spiritual (ta’dzim), pencarian ilmu pengetahuan (tholabul ’ilmi), dan keteguhan dalam menjalankan ajaran agama (istiqomah).

The Meaning of Religious in The Poetry Ebbhu by Sugik Muhammad Sahar: Poul Ricour's Hermeneutic Studies

This study aims to describe the religious values in Sugik Muhammad Sahar's Ebbhu poem related to Madurese society and the interpretation of religious values based on Paul Ricoeur's hermeneutic approach. Data collection was conducted through literature study. Data analysis followed Ricoeur's hermeneutic procedures which included: (1) distanciation (objective reading of the text); (2) interpretation (meaning of symbols and metaphors); (3) appropriation (contextualization of meaning); and (4) reference (discovery of meaning behind the text). The results of the study showed the existence of religiosity values in Sugik Muhammad Sahar's Ebbhu poem. In addition, these religious values are related to religious values found in Madurese society such as obedience in worship (ubudiyah), respect for spiritual values (ta'dzim), seeking knowledge (tholabul 'ilmi), and steadfastness in carrying out religious teachings (istiqomah).


Keywords


hermeneutics; local wisdom; Madurese poetry; religious

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A., Yulianto, W. E., & Wahyuni, S. (2023). Writing Spice-Themed Poetry for Covid-19 Prevention Campaign for Indonesian Children. Journal of Poetry Therapy, 36(4), 273–285. https://doi.org/10.1080/08893675.2023.2185825

Atika, M. (2019). Penguatan Peran Langgar sebagai Medium Keluarga dalam Upaya Pembentukan Pendidikan karakter Anak di Madura. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 10(2), 141–157. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i2.6594

Aziz, A., & Yahya, M. I. S. (2019). Kritik Intrinsikalitas dan Ekstrinsikalitas Sastra Modern dalam Kajian Sastra Arab Modern. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.31

Aziz, S. (2017). Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik Bagi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Dialogia, 15(1), 131–149. https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i1.1188

Azizatul, K., Mahpur, M., & Solichatun, Y. (2022). Eksplorasi Budaya “Bapa’ Babu’ Guru Rato” dalam Menciptakan Kebersyukuran Siswa kepada Orang Tua. JPIB Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 5(2), 133–148. https://doi.org/10.15575/jpib.v5i2.17818

Dartiningsih, B. E. (2022). Budaya dan Masyrakat Madura. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Dharmawan, & Setiawan., M. A. (2024). Interpretation of Hadith on the Prohibition of Painting and Its Implications for Modern Art and Creativity: A Hermeneutic Approach. Jurnal Study Teks Agama dan Sosial, 1(2). https://doi.org/10.30762/cr.v1i2.1672

Effendy, M. H. (2021). Nilai Religius pada Kearifan Lokal Tembang Macapat Madura. Khazanah Theologia, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/kt.v3i1.10959

Effendy, M. H. (2022). Teori dan Metode Kajian Budaya etnik Madura. Surabaya: Jagad Media Publishing.

Fatimah, D. S., Sadiah, S. H., & Pramandhika, R. B. (2019). Analisis Makna Pada Puisi “Kamus Kecil” Karya Joko Pinorbo Menggunakan Pendekatan Semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(5), 701–706.

Fauzan, M. A., A’yun, A. Q., Azizah, A. N., & Abbas, N. (2024). Analisis Hadis Keutamaan Ilmu dalam Konteks Pendidikan Islam. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(4), 10–21. https://doi.org/10.59966/setyaki.v2i4.1212

Firdausi, F., Sahrawi, S., Aziz, D., & Tohari, M. (2023). Kopiah dan Sarung Identitas Pesantren: Histori Perlawanan Santri Terhadap Kebudayaan Eropa. ALHAMRA: Jurnal Studi Islam, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.30595/ajsi.v4i2.18824

Firmansah, W. (2020). Nilai Religius Antologi Puisi Kitab para Pencibir Karya Triyanto Triwikromo. Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS, 5(5), 1–10.

Gazali, E. (2019). Mengungkap Etos Kerja Petani Garam Madura. Malang: Media Nusa Creative.

Haiah, U., & Rahman, F. (2024). Pembelajaran Zikir Ratib Al-Haddad dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa di MI. Third International Conference on Humanity Education and Society (ICHES). Banyuwangi: Forum Pimpinan PTKIS Tapal Kuda.

Hamid, A. (2017). Hutang Palêan: Studi terhadap Perilaku Masyarakat Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura. Ekomadania, 1(1), 57–84.

Hamzah, A. A. (2019). Makna Puisi Wiji Thukul dalam Film “Istirahatlah Kata-Kata” dengan Pendekatan Semiotika Ferdinand De Saussure. Jurnal Dakwah dan Sosial, 2(1), 15–31. https://doi.org/10.5281/zenodo.3544710

Harahap, U. H., & Zulkarnaen, Z. (2024). Hermeneutika Feminisme dalam Tafsir Al-Qur’an: Kajian Metodologi Amina Wadud. Alhamra Jurnal Studi Islam, 5(1), 85–96. https://doi.org/10.30595/ajsi.v5i1.20646

Hasbi, M. R., Lestari, P., & Zahara, A. (2024). Tunjuk Ajar Rasulullah: Apa Tanda Melayu Beriman. Sukabumi: CV Haura Utama.

Jailani, M., & Huda, M. (2024). Pesantren Babul Ulum Pamekasan: Menghadirkan Moderasi Beragama Melalui Budaya Mondok Madura. Jurnal Perspektif, 17(1), 33–50. https://doi.org/10.53746/perspektif.v17i1.157

Julian, R. (2022). Madura Niskala. Yogyakarta: Basabasi.

Kamaluddin, R. N. (2024). Pemaknaan Puisi Pada Kumpulan Puisi Sangkolan Mata Celurit Mata Sabit Karya Roz Ekki: Suatu Pendekatan Semiologi Roland Barthes. Aksarabaca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(2), 433–440. https://doi.org/10.47313/aksarabaca.v3i2.3178

Khairunnisyah, S. M., & Supena, A. (2024). Ketidaklangsungan Ekspresi dalam Puisi “Tebesaya, Gadis Berputih-Kebaya” Karya Aslan Abidin (Kajian Riffaterre). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 250. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.13054

Khasanah S, U., Dwi, E. F., & Erfania, E. (2023). Persepsi Suku Madura dalam Keberlanjutan Pendidikan Anak di Tengah Masyarakat Transisi Desa Konang, Bangkalan. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian “Peran Riset, Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Pembangunan Indonesia Berkelanjutan,” 1114–1122.

Kholiyudani, A. (2024). Tradisi Sangkolan di Desa Karduluk: Perspektif Antropologi Terhadap Fiqih Islam. Al-Mawarid Jurnal Syariah dan Hukum, 6(2), 243–260. https://doi.org/10.20885/ijiis.vol.6.iss2.art6

Kusuma, D. (2024). Analisis Unsur Pengimajian pada Puisi “Di Negeri Amplop” Karya Mustofa Bisri. Jendela ASWAJA, 5(1), 33–41. https://doi.org/10.52188/ja.v5i1.759

Marjanto, D. K. (2019). Pewarisan Nilai Budaya Melalui Pranata Pendidikan Adat dalam Rangka Mendukung Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 11(2), 249–263. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i2.506

Misnatun, M., & Kamal, M. Z. (2021). Pertautan Islam dan Budaya Lokal dalam Ritual Rokat Taseâ€TM (Studi di Perkampungan Nelayan Legung Batang-Batang Sumenep). Tafhim Al-’Ilmi, 13(1), 12–37. https://doi.org/10.37459/tafhim.v13i1.5056

Mohammad, H. (2019). Fenomena Guru Perspektif Fungsi dan Identitas Sosial. Surabaya: Jagd Media Publishing.

Muchlis, L. S., & Septianus, G. R. (2020). Game Edukasi Belajar Mengaji Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android. Jurnal Informatika, 5(2), 120–128. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.5048

Mudzakkir, A., Naro, W., Yahdi, M., Suarni, S., & Muliyani, M. (2024). Sejarah Pendidikan Islam: Karakter Pendidikan Islam Klasik & Modern. Indonesian Jurnal of Islamic Education Review, 1(3), 176–186. https://doi.org/10.58230/ijier.v1i3.268

Musleh, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Macopat. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(1), 21–44. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i1.10

Nugraha, A. P. (2017). Makna Peribahasa Madura dan Stereotip Kekerasan pada Etnis Madura (Tinjauan Stilistika). LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(2), 90–98. https://doi.org/10.18860/ling.v12i2.4172

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pahruroji, P. (2019). Analisis Nilai Moral pada “Misteri Uang Melayang” Karya Sona. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5), 777–782.

Prasetyo, E. Y., & Hermansah, T. (2023). Religiusitas Puisi Penyatuan Karya Abdullah Wong. KOMUNIKA, 10(1), 60–71. https://doi.org/10.22236/komunika.v10i1.10079

Putra, A. D., Zahir, R., Razak, S. A., & Kurniati. (2024). Kontribusi Etika Politik Islam Terhadap Penyelesaian Korupsi di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3(2). https://doi.org/10.58540/jipsi.v3i2.583

Rahmad, R., Supratman, M. T., Rahman, A., Hasanah, N. L., & Miati, M. (2022). Nilai-Nilai Religius dalam Peribahasa Madura. GERAM, 10(2), 124–132. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10627

Rapanna, P. (2016). Membumikan kearifan Lokal dalam Kemandirian Ekonomi. Makasar: CV Sah Media.

Restiawati, D., & Irma, C. N. (2024). Kekerasan Gender pada Tokoh Utama dalam Cerpen Kali Ketiga Ini Ningsih Melahirkan Bayi Karya Susanto Aboge. Hasta Wiyata, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.01.07

Ricoeur, P. (2021). Hermeneutika dan Ilmu-Ilmu Humaniora. Yogyakarta: IRCiSoD.

Rifai, M. A. (2007). Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, dan Pandangan Hidupnya Seperti Dicitrakan Peribahasanya. Yogyakarta: Pilar Media.

Rofiatun, R., & Thoha, M. (2019). Manajemen Pembinaan Kedisiplinan Sastri dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 2(2), 278–287. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v2i2.2937

Rostitawati, T. (2023). Pemikiran Keagamaan di Indonesia: Analisis Terhadap Kontekstasi Idiologi Keagamaan Kaitannya dengan Pandemi Covid 19. Al-Ubudiyah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(2), 75–83.

Santoso, N. A., Darni, D., & Pairin, U. (2021). Religiusitas dalam Kumpulan Puisi Jawa Modern Sangarepe Ka’bah Karya Nyitno Munajat. Jurnal Education and Development, 9(2), 265–172.

Setiawan, F., & Arifin, S. (2020). Etno-Etik Tanean Lanjheng: Kontruksi Etos Bisnis Keluarga Muslim Madura. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(1), 173–194. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v14i1.654

Setiawan, K. E. P., Wahyuningsih, W., & Kasimbara, D. C. (2021). Makna Simbol-Simbol dalam Kumpulan Puisi Mata Air di Karang Rindu Karya Tjhajono Widarmanto. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(2), 39–64. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3943

Sibilana, A. R. (2023). Hibridasi dan Habitus Pendidikan Islam Tradisional Langgar dalam Masyarakat Madura di Jember, Jawa Timur. INTELETUAL, 13(3), 325–345. https://doi.org/10.33367/ji.v13i3.4558

Sulaeman, M. (2020). Pemikiran Hermeneutika Al-Qur’an Hasan Hanafi dalam Studi Al-Qur’an di Indonesia. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 1–26. https://doi.org/10.58401/salimiya.v1i2.147

Syamaun, S. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap dan Perilaku Keberagamaan. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 81–95. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6490

Syamsuddin, M. (2019). History of Madura (Sejarah, Budaya, dan Ajaran Luhur Masyarakat Madura). Yogyakarta: Araska.

Syarif, Z., & Thabrani, A. M. (2020). Entrepreneurship pada Masyarakat Kelompok Tani Melalui Pendidikan Koloman Sholawatan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(1), 75–92. https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i1.3011

Tabarok, M., & Ambarwati, A. (2024). Religiusitas dan Kekerabatan dalam Lagu Permainan Anak Madura terhadap Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Jurnal OBSESI, 8(4), 830–842. https://doi.org/ 10.31004/obsesi.v8i4.6054

Tabrani, A. (2018). Menyoal Sastra dan Nonsastra dalam Khasanah Sastra Indonesia. The First International Conference on Teacher Training and Education, 27–35. Malang: FKIP Unisma.

Taembo, M., Akbar, S. A., Maulana, A. R., & Busthony, H. F. (2024). Mengungkap Nilai Kehidupan Masyarakat Madura Melalui Analisis Makna Sastra Lokal Madura. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(2), 126–136. https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.27599

Tarlam, A. (2022). Hermeneutik dan Kritik Bible. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 103–118. https://doi.org/10.69698/jis.v1i2.16

Triambada, M. B. A., & Wulandari, Y. (2023). Religiusitas dalam Puisi Berjudul “Surat dari Ibu” dan Puisi “Ibu”: Kajian Sastra Bandingan. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(02), 135–141. https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i02.4836

Triana, L., & Khotimah, K. (2023). Nilai Religius Puisi Karya Ahmad dalam Antologi Puisi Tegalan ‘Jukung Tua.’ Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 129–133. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5271

Usman, U. (2019). Pendidikan Islam dalam Perspektif Masyarakat Petani Madura. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 253–271. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.2.253-271

Widiastuti, Y., Saryono, D., Suherjanto, I., & Ambarwati, A. (2024). Writing Poetry Storynomics Tourism Perspective of Generation Z Indonesia. Journal of Poetry Therapy, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/08893675.2024.2413952

Yusuf, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan: Intertektual dalam Cerita Rakyat Buton. Malang: Rena Cipta Mandiri IKAPI.

Zahid, A. (2020). Dampak Globalisasi dan Peran Sosok Kiyai di Sumenep (Kajian Kritis Anthony Giddens pada Peran Kiyai di Sumenep, Madura). Jurnal Sosiologi Agama, 14(2), 141–155. https://doi.org/10.14421/jsa.2020.142-01




DOI: 10.24235/ileal.v10i2.18553

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com