Ketauhidan dalam Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji: Kajian Hermeneutika Paul Ricoeur

Yosi Wulandari(1*), Virma Tama Saputra(2),


(1) Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ketauhidan dalam Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. Teori yang digunakan dalam riset ini adalah hermeneutika Paul Ricouer. Subjek penelitian ini adalah 12 pasal pada Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. Objek riset ini adalah ketauhidan dalam Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. Metode pengumpulan data menggunakan metode baca, simak, dan catat. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah human instrumen. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data penelitian dikumpulkan dan dianalisis dengan tahap hermeneutika Paul Ricoure, yaitu objektif, reflektif, dan filosofis. Hasil penelitian ini menemukan ketauhidan Islam dalam gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji pada keseluruhan bait. Ketauhidan dalam Gurindam Dua Belas karya raja Ali Haji ini memuat konsep agama, pengenalan Allah, pemahaman akan diri dan akhirat, serta tata cara ibadah seperti salat, puasa, zakat, dan haji.

Monotheism in Gurindam Dua Belas by Raja Ali Haji: Paul Ricoeur's Hermeneutic Studies

The purpose of this study is to describe monotheism in Gurindam Dua Belas by King Ali Haji. The theory used in this research is Paul Ricouer's hermeneutics. The subject of this research is 12 articles of Gurindam Dua Belas by Raja Ali Haji. The object of this research is monotheism in Gurindam Dua Belas by Raja Ali Haji. The data collection method uses the reading, listening, and recording methods. The research instrument used in this study is a human instrument. The validity of the data uses the triangulation technique of data sources. The research data was collected and analyzed using Paul Ricoure's hermeneutic stages: objective, reflective, and philosophical. The results of this study found the monotheism of Islam in the Gurindam Dua Belas by Raja Ali Haji in the entire temple. Monotheism in Gurindam Dua Belas by King Ali Haji contains the concept of religion, the knowledge of Allah, the understanding of oneself and the hereafter, as well as the procedures of worship such as prayer, fasting, zakat, and hajj. 


Keywords


Gurindam Dua Belas; Hermeneutics; monotheism

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. B. P. (2015). Harmonisasi hukum adat dan hukum Islam bagi pengembangan hukum nasional. Al Mashlahah Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam Harmonisasi, 3(6), 369–376.

Afnanda, M. (2022). Pendidik agama Islam ideal menurut “Gurindam Pendidik†karya Rosli AB. Ghani (Kajian Bait I Sampai VII). Jurnal Darussalam, 23(2), 29–36.

Amin, I. (2022). Implementasi hukum Islam dalam falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Minangkabau. Ijtihad, 38(2), 17–28.

Amin, S. (2019). Eksistensi kajian tauhid dalam keilmuan Ushuluddin. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 22(1), 71–83.

Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 37–55. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527

Anggraeni, D., Hakam, A., Mardhiah, I., & Lubis, Z. (2019). Membangun Peradaban Bangsa Melalui Religiusitas Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 15(1), 95–116. https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.05

Anis, M. (2020). Zakat Solusi Pemberdayaan Masyarakat. El-Iqthisady : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 42–53. https://doi.org/10.24252/EL-IQTHISADI.V2I1.14074

Anwar, F. (2019). Kritik sosial dalam naskah drama Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Deddy Mizwar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 105–121.

Aqiilah, I. I. (2020). Puasa yang Menajubkan (Studi Fenomenologis Pengalaman Individu yang Menjalankan Puasa Daud). Jurnal EMPATI, 10(2), 163–189. https://doi.org/10.14710/EMPATI.2020.27704

Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Jurnal Literasi, 3(1), 30–40.

Asmaraneti, L., Puspita, R., & Hilmin, H. (2023). Menelusuri hakikat pembelajaran dalam Islam dari Rasulullah hingga ulama klasik dan modern. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.665

Azzahra, M., & Awalia, P. (2023). Hubungan antara bahasa politik dan agama dalam karya sastra modern. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2985(1), 141–146.

Batubara, H. H. (2017). Strategi dan Media Pendidikan Karakter. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(2), 140–150. https://doi.org/10.17509/T.V4I2.8233

Cikka, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.31970/GURUTUA.V3I1.45

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.37755/JSAP.V8I2.170

Daud, M. Z., & Subet, M. F. (2022). Chicken as Inquisitive Meaning Reference for Carefulness, Uselessness and Betrayal in Malay Proverbs. Kajian Malaysia, 40(1), 179–213. https://doi.org/10.21315/KM2022.40.1.9

Dewi, S. N., Pinasti, J., Rahmadani, D., Rahman, M. A., & Wismanto, W. (2024). Syirik dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia. Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(1), 437–450. https://doi.org/10.59059/MUTIARA.V2I1.1035

Erfinawati, E., & Ismawirna, I. (2019). Nilai budaya dalam sastra lisan masyarakat Aceh Jaya. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 81–89.

Fahri, H., Aziz, M., & Mujrimin, B. (2022). Analisis pemikiran Muhammad Iqbal tentang teologi dan filsafat ketuhanan. AL HIKMAH: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 100–109.

Fauziddin, M., Dwi Lestari, G., Mariana, N., & Sukartiningsih, W. (2023). Analysis on Value of 12 Verses Gurindam by Raja Ali Haji in the Context of Learning Islam in Early Childhood (PAUD). International Journal of Membrane Science and Technology. 10(2), 600-607 https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1268

Fiadi, A. Z. (2024). Manusia: Makhluk Berpikir dan Berilmu yang Luar Biasa dalam Menghadapi Tantangan. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.56393/ANTROPOCENE.V4I1.2437

Fithri, W. (2014). Kekhasan Hermeneutika Paul Ricoeur. Jurnal Tajdid, 17(2), 187–211.

Hadi, S. (2018). Konsep Sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1(2), 473–488. https://doi.org/10.33753/MADANI.V1I2.25

Haji, R. A. (2004). Gurindam Duabelas dan Syair Sinar Gemala Mestika Alam. Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu.

Handayani, T., Bahtiar, A., & Relawati, H. (2022). Religiusitas dalam Puisi Subuh Karya Amir Hamzah dan Kembali Pada Tuhan Karya Jalaluddin Rumi. Referen, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.22236/referen.v1i1.9169

Hardiman, F. B. (2015). Seni Memahami Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida (Widiantoro, Ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Harto, B. (2020). Mengenal Tipu Daya Iblis Sebagai Musuh Utama Manusia. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 15(2), 547–577. https://doi.org/10.55558/ALIHDA.V15I2.45

Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 48–66.

Hidayat, E. S. (2022). Pertemuan Agung Filsafat dan Tasawuf. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf dan Peradaban Islam, 2(1), 30–51. https://doi.org/10.58572/HKM.V2I1.10

Ilyas, M. (2018). Ghibah Perspektif Sunnah. Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 5(1), 141–159. https://doi.org/10.24252/AL-QADAU.V5I1.5677

Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I2.2128

Istikhoma, W., Keumalahayati, A. D., & Yaqin, A. (2024). Tindakan Orang Tua terhadap Ketidakjujuran Anak: Studi Pembentukan Karakter di Lembaga Pendidikan Informal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 840–854. https://doi.org/10.37985/MURHUM.V5I1.506

Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2020). Analisis Makna Kematian: Sebuah Perspektif Konseptual Menurut Imam Ghazali. Wardah, 21(1), 123–132. https://doi.org/10.19109/WARDAH.V21I1.5827

Kaslam. (2021). Model Perencanaan Hidup Seorang Muslim. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 23(2). https://doi.org/10.24252/JUMDPI.V23I2.21696

Khairunisa, S. A., & Febriana, T. (2023). Analisis nilai moral dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar di sekolah dasar. JUPERAN: Jurnal Penedidikan dan Pembelajaran, 2(2), 134–144.

Khaniejo, N., & Julka, A. (2024). A composite monotheism? Pakistani state identity and support to the Khalistan movement, post 1984. Sikh Formations, 20(3), 211–229. https://doi.org/10.1080/17448727.2024.2384841

Kistoro, H. C. A., & Sibarani, A. N. L. (2020). Relevansi Konsep Nilai Petatah Petitih Sunan Gunung Djati dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 24–40. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4125

Lailiyah, N. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Meminta Maaf Terpidana Korupsi di Indonesia. PRASASTI: Journal of Linguistics, 6(2), 215–225. https://doi.org/10.20961/PRASASTI.V6I2.51038

Manurung, A. A. (2023). Analisis Pesan-Pesan Dakwah dalam Hadis Mu’az Radiallahu’anhu dalam Kitab Ṣahih Bukhari. Bashirah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.51590/BASHIRAH.V4I1.309

Miftahuddin, Aman, & Yuliantri, R. D. A. (2024). Islamic character education model: An in-depth analysis for Islamic boarding school. Cakrawala Pendidikan, 43(2), 370–380. https://doi.org/10.21831/cp.v43i2.66516

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Mulyadi. (2018). Tunjuk ajar Melayu; Warisan nilai pada bait-bait syair Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji. Jurnal Madania, 8(2), 256-275. http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v8i2.6139

Muqit, A., & Zulfikar, Ek. (2021). God in human nature and the factors that change it: The thematic study of the subject and the Hadith of tauhid. Jurnal Yaqzhan, 07(02), 153–168. Diambil dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqzhan/index

Mursidah, S., Ilahi, K., & Khotimah, K. (2019). Prilaku Beragama Sembahyang dalam Islam dan Yahudi. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 11(1), 16–32. https://doi.org/10.24014/TRS.V11I1.8288

Mutiara, D. (2021). Nilai-Nilai Komunikasi Profetik dalam Syair Gurindam Dua Belas (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure ). Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2), 173-197. https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.12

Naidysh, V. M. (2024). Hellenic Theology of the Formation of the Late Cassics. RUDN Journal of Philosophy, 28(2), 494–508. https://doi.org/10.22363/2313-2302-2024-28-2-494-508

Nurdin, A. (2019). Etika Pergaulan Remaja dalam Kisah Nabi Yusus AS (Telaah Tafsir Tarbawi dalam Surat Yusuf Ayat 23-24). Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 490–510. https://doi.org/10.36671/ANDRAGOGI.V1I3.69

Nurhayati. (2021). The significance of linguistics in the study of Philosophy. Hortatori, 5(1), 51–60. Diambil dari https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/index

Nurliana. (2019). Nilai teologi dalam Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji. El-Furqaria, 5(2), 181–195.

Nurmiyanti, Faizah, H., & Auzar. (2023). Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran Gurindam 12 Raja Ali Haji. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 2373–2379.

Priskila, D., Widiasavitri, P. N., & Widiasavitri, P. N. (2020). Gambaran pencarian identitas agama remaja dengan orang tua beda agama di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 91–101. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.V07.I01.P10

Putra, D. A. D., Fahmi, I., & Umar, A. B. (2022). Konsep Hidup Bahagia Berdasarkan 3 Prinsip yang Terdapat di dalam Ilmu Tauhid. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 9(3), 267–278. https://doi.org/10.31102/ALULUM.9.3.2022.267-278

Putro, D. E., Abidin, A. Z., Wardoyo, F. R. S., & Gozali, M. L. (2022). Dana Talangan Haji Dalam Prespektif Fiqih Muammalah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3231–3235. https://doi.org/10.29040/JIEI.V8I3.6098

Rahim, A. R. (2021). Analisis Kekerasan Verbal dalam Sinetron “Suara Hati Isteri.†AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(1), 1–8. Diambil dari https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/121

Rahimi, B. (2024). Mohammad Nakhshab’s concept of dialectical Tawhid : Vitalism and the question of monotheism. Critical Research on Religion, 12(2), 139–156. https://doi.org/10.1177/20503032241254367

Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.24269/PLS.V1I2.693

Ricoeur, P. (2003). Hermeneutika Kontemporer (dalam Josef Bleicher Terj. Ahmad Norma Permata, Ed.). Yogyakarta: Fajar Pustaka.

Ritonga, H. J. (2019). Teologi transpormatif sebagai esensi ketauhidan dan aplikasinya dalam kehidupan. An-Nadwah, 25(2), 107–118. Diambil dari http://id.wikipedia.

Rusdin, M. (2022). Makna satu dalam formula Break Even Point dan dalam ketauhidan Islam. Jurnal Ilmiah Bongaya (JIB), 6(1), 12–19.

Sahran, A. R., & Hasanah, U. (2018). Hadits Perempuan Melakukan Perjalanan Tanpa MaẖRam Perspektif Hermeneutika Paul Ricoeur. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 3(1), 70–83. https://doi.org/10.30984/ajip.v3i1.633

Saidi, A. I. (2008). Hermeneutika, Sebuah Cara untuk Memahami Teks. Jurnal Sosioteknolog, 13(7). 376-328.

Sakila, S. R., Arbi, Dewi, E., & Rohani. (2023). Nilai akidah dalam Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. NUSANTARA; Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 19(1), 19–289. https://doi.org/10.31849/jib.v13i1.1119

Sari, S. P., Nurfadhillah, S. A., Wibowo, T. S. S., & Syifa, Y. N. (2023). Memperkokoh keimanan kepada Allah. Gunung Djati Conference Series, 2(2), 439–449.

Shoumi, I. I. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(1), 28-41. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i1.2100

Siviana Sari, S., & Ilyas Alfatah, A. (2021). Nilai-nilai pendidikan tauhid perspektif syekh ahmad Al-Marzuki dalam Kitab Aqidatul Awam. Jurnal Islam Nusantara, 05(1), 102–116. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i1.243

Sukirman. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Supianti, M., & Hidayat, O. (2023). Analisis Persepsi Makna Ketauhidan Penonton Film Tarung Sarung (Studi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa). Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 10(1), 1–12. Diambil dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/komunika

Suryani, I., Panjaitan, A. Y., Jannah, M., Ritonga, A. I., Novita, W., & Helvirianti, E. (2023). Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 6002–6012. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I2.16422

Tresna, G., Maryana, Fatimah, N., & Priyanto, A. (2018). Nilai religiusitas dalam tinjauan sajak “ Potret Keluarga †karya WS Rendra. Jurnal Parole, 1(2), 207–216.

Widyaningsih, W., Rusliana, I., & Naan, N. (2022). Sikap Syukur sebagai Proses Pembentukan Budi Pekerti pada Remaja (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas 10 di SMK Pasundan 4 Bandung). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 666–686. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpiu.17008

Wijaya, M. (2021). Konsekuensi Representasi Propaganda Budaya dan Ideologi dalam Film. Imaji, 12(2), 54-61. https://doi.org/10.52290/i.v12i2.47

Yuniva, F., Agung S, L., & Dyah S, C. (2023). Gurindam 12: Analysis Implementation Value of Character Education in Tanjung Pinang Senior High School. International Journal of Social Science and Human Research, 6(08), 4813-4818. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i8-28

Yuniva, F., & Ediyono, S. (2022). Gurindam 12 sebagai wadah penguatan moral bagi mahasiswa di era Global. Science, Engineering, Education, and Development Studies, 6(1), 67–72. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/seeds/index




DOI: 10.24235/ileal.v10i1.18366

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â