Muatan Ekologi dalam Bahan Literasi Sekolah Dasar pada Website Kemendikbud: Analisis Korpus

Iqbal Jefiza(1*), Pratomo Widodo(2), Titik Sudartinah(3),


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah lingkungan menjadi perhatian penting belakangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan ekologi dalam bahan literasi sekolah dasar pada website Kemendikbud. Data penelitian kualitatif ini berupa 47 buku literasi sekolah dasar tahun 2016 sampai 2019 pada laman Kemendikbud. Analisis data menggunakan metode software korpus berupa AntConc. Penelitian ini mengevaluasi tema-tema ekologi berdasarkan teori Greg Gerrard, seperti: pencemaran, hutan belantara, bencana, tempat tinggal, dan binatang. Hasil penelitian menunjukkan muatan ekologi dalam bahan bacaan literasi sekolah didominasi oleh ekologi hutan belantara. Ekologi pencemaran memiliki jumlah sangat rendah. Jumlah dan kualitas bahan bacaan literasi yang mengandung muatan ekologi perlu ditingkatkan agar dapat lebih efektif dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan kepada siswa.

Ecological Content in Materials Elementary School Literacy Materials on the Ministry of Education and Culture Website: A Corpus Analysis

Environmental issues have become an important concern lately. The purpose of this study was to determine the ecological content in elementary school literacy materials on the Ministry of Education and Culture website. The data for this qualitative study were 47 elementary school literacy books from 2016 to 2019 on the Ministry of Education and Culture page. Data analysis used the corpus software method AntConc. This study evaluated ecological themes based on Greg Gerrard's theory, such as pollution, wilderness, disaster, shelter, and animals. The results showed that the ecological content in school literacy reading materials was dominated by wilderness ecology. Pollution ecology has a very low number. The number and quality of literacy reading materials containing ecological content need to be increased so that they can be more effective in instilling environmental values in students. 


Keywords


ecological content: corpus analysis; environmental issues; primary school literacy materials

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Anak Usia Dini. Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108.

Alya, D. F., Ajija, S. N., & Rahayu, S. (2023). Ekologi Sastra pada Puisi “Syair Orang Lapar” Karya Taufiq Ismail. Literature Research Journal, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.51817/lrj.v1i1.610

Anafiah, S., Sudigdo, A., & Masjid, A. Al. (2022). Sastra Anak: Media Penumbuhan Karakter Kepemimpinan Melalui Ajaran Tamansiswa Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga). Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(2), 13–22. https://doi.org/10.30738/tc.v6i2.13407

Andalas, E. F. (2018). Literasi Ekologis: Tanggung Jawab Moral Ilmu Sastra dalam Pengelolaan Ekologi Manusia. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 2(2), 99–109.

Astrea, K., & Ulfah, A. (2019). Analisis Ekologi Berwawasan Gender (Ecofeminism) dalam Karya Sastra Para Sastrawan Lamongan. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2), 80–85. https://doi.org/10.52166/humanis.v11i2.2297

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848

Aziz, A. G. P., Dermawan, T., & Sulistyorini, D. (2024). Paradigma Etika Lingkungan dalam Novel Kekal Karya Jalu Kencana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 416–425. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3242

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Dewi, N. P. N., Suardiana, I. W., & Sutika, I. N. D. (2023). Mitos Bukit Buung Batu Majalan di Desa Adat Pengosekan: Analisis Ekologi Sastra. Humanis, 27(1), 53–64. https://doi.org/10.24843/JH.2023.v27.i01.p06

Fitriani, D., & Yusra, D. (2024). Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Naskah Drama pada Sebuah Taman Karya Husen: Kajian Ekokritik Sastra. Lintang Aksara, 3(1), 1–7.

Hariyanto, D. (2023). Kajian Sastra Lingkungan di Kalimantan Timur dalam Cerpen “Dataran Melengen” dan “Banjirkap.” LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 18(2), 156–174.

Hartati, D., Kurniasih, K., & Karim, A. A. (2023). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Tentang Desir Karya Gladhys Elliona. JURNALISTRENDI, 8(1), 20–30. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1471

Herbowo, N. A. S. (2020). Kajian Ekologi Sastra Berbasis Nilai Kearifan Lokal dalam Cerpen “Orang Bunian” Karya Gus TF Sakai. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 63–75. https://doi.org/10.15408/dialektika.v7i1.13887

Ikhwan, A. K. (2020). Relasi Anak terhadap Lingkungan Hidup dalam Novel Anak Karya Anak: Kajian Ekokritik Greg Gerrard. Bapala, 7(7), 1–10.

Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86

Latifah, N., Supriadi, O., & Suntoko, S. (2023). Nilai Etika Lingkungan dalam Kumpulan Cerpen yang Lebih Bijak daripada Peri Karya Rizqi Turama (Pendekatan Ekologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 38–48. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2130

Latuconsina, S. H., Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2022). Pemilihan Bahan Bacaan Sastra Anak dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/wanastra.v14i1.11415

Muliadi, M., Firman, F., & Rabiah, S. (2024). Puisi Media Penanaman Nilai-Nilai Karakter: Suatu Kajian Ekologi Sastra. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(Sp.Iss), 35–46. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7iSp.Iss.943

Mustika, I. L., Saptomo, S. W., & Sudiatmi, T. (2021). Dekonstruksi Ideologi Pendidikan dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.219

Nahak, K. E. N., & Naitili, C. A. (2023). Penggunaan Buku Cerita Fabel dengan Model Quantum Learning dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 39–47. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1000

Nasa, N. A., & Rizal, M. S. (2022). Fabel Bahan Literasi Anak dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SDN Mragel Lamongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 477–490. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6507

Rahman, H., & Sanjaya, A. T. (2024). Kearifan Ekologi dalam Novel Bara Karya Febrialdi R. sebagai Pemahaman Nilai Pendidikan Lingkungan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 135–143. https://doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11615

Rahmawati, D. (2021). Nilai-nilai Sosial dan Budaya dalam Tradisi Mantu Poci di Kota Tegal Jawa Tengah (Kajian Antropologi Sastra). TABASA: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(2), 1–19.

Ramadhani, A. M., Puspitasari, M., & Hidayati, A. N. (2023). Hubungan Alam dan Manusia dalam Cerita Rakyat Kisah Si Pego Karya Dwi Haryanto (Kajian Ekologi Sastra). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 128–139. https://doi.org/10.33369/diksa.v9i2.32152

Rizqina, A. A., Suwandi, S., & Chaesar, A. S. S. (2024). Kajian Ekokritik dalam Buku Kumpulan Cerita Rakyat Cilacap. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jbs.v12i1.127322

Sormin, E., Canty, R. T., & Febriana, I. (2023). Analisis Ekologi pada Cerpen Mematungku di Kaki Bukit Ini Karya Fina Aryadila: Kajian Ekologi Sastra. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.77

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22–31. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1857

Wijaya, I. K. W. B. (2019). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Eco Eco Family: Metode Parenting Anak Usia Dini untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1067

Wissang, I. O., Pande, R., & Deta, B. (2023). Pendampingan Menulis Cerita Fabel Berbasis Kearifan Budaya Lamaholot di SMPS Ratu Damai, Flores Timur. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 389–401. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2771

Yudono, K. D. A., Epit, Y., & Djokowidodo, A. (2024). Muatan Etika Lingkungan Hidup dan Pendidikan Karakter pada Drama Musikal Petualangan Madison serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 19(1), 69–86. https://doi.org/10.23887/prasi.v1901.75994

Yuliawati, S., Hidayat, R. S., Rahyono, F. X., & Kwary, D. A. (2018). Pilihan Kata dan Konstruksi Perempuan Sunda dalam Majalah Mangle Kajian Linguistik Korpus Diakronik. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 7(2), 138–153. https://doi.org/10.17510/paradigma.v7i2.172




DOI: 10.24235/ileal.v10i2.17701

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com