Makna Metafora pada Pembelajaran Bahasa dan Budaya Indonesia di kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Balazs Huszka(1*), Alexander Stark(2), Indah Aini(3), Robita Ika Annisa(4),


(1) Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam
(2) Universiti Malaysia Kelantan, Kota Bharu, Malaysia
(3) Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
(4) Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mengeksplorasi interaksi antara bahasa, pemikiran, dan budaya, dengan mengacu pada Hipotesis Sapir-Whorf (SWH) dan Teori Metafora Kognitif (CMT) untuk menyampaikan bahwa bahasa memiliki pengaruh signifikan terhadap kognisi. Bukti empiris turut disertakan untuk mendukung klaim ini dengan menganjurkan interpretasi moderat dari SWH, serta menekankan Relativitas Linguistik dari Determinisme Linguistik. Selain itu, pendekatan CMT, diperkenalkan oleh Lakoff dan Johnson, juga digunakan untuk menyoroti bagaimana metafora membentuk persepsi dan perilaku orang. Analisis meluas ke bagaimana bahasa merangkum pengalaman, sikap, dan nilai budaya melalui metafora, menyarankan bahwa menginkorporasikan metafora budaya ke dalam pendidikan bahasa asing dapat meningkatkan kompetensi antarbudaya dari siswa. Dengan fokus pada pengajaran bahasa Indonesia, ilustrasi tentang bagaimana metafora memberikan wawasan ke dalam perspektif budaya dan linguistik dari penutur jati dapat membantu mempromosikan pemahaman antarbudaya yang lebih dalam.


The Meaning of Metaphors in Learning Indonesian Language and Culture in Indonesian Language Classes for Foreign Speakers (BIPA)

This paper explores the interaction between language, thought, and culture, drawing on the Sapir-Whorf Hypothesis (SWH) and Cognitive Metaphor Theory (CMT) to argue that language significantly influences cognition. We present empirical evidence supporting this claim and advocate for a moderate interpretation of SWH, emphasizing Linguistic Relativity over Linguistic Determinism. Additionally, we delve into CMT, introduced by Lakoff and Johnson, highlighting how metaphors shape our perceptions and behaviors. Our analysis extends to how language encapsulates cultural experiences, attitudes, and values through metaphors, suggesting that incorporating cultural metaphors into foreign language education can enhance students' intercultural competence. By focusing on Bahasa Indonesia, we illustrate how metaphors provide insights into the cultural and linguistic perspectives of native speakers, promoting a deeper intercultural understanding.


Keywords


cognitive metaphor; Indonesian metaphor; Sapir-Whorf hypothesis

Full Text:

PDF

References


Agussalim, A., Sanusi Baso, Y., & Zuhriah. (2024). Mengukur Dimensi Kognisi: Pendekatan Algoritma dalam Analisis Bahasa. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 04(01), 73–82.

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 53–79.

Aristoteles (C. 335 B.C./1996), A. (C. 335. (1996). Poetics (M. Davis, Trans.). The Peripatetic Press.

Aziz-Zadeh, L., Wilson, S. M., Rizzolatti, G., & Iacoboni, M. (2006). Congruent Embodied Representations for Visually Presented Actions and Linguistic Phrases Describing Actions. Current Biology, 16(18), 1818-1823.

Boroditsky, L. (2011). How Language Shapes Thought. Scientific American, 304(2), 62–65.

Bylund, E., & Athanasopoulos, P. (2017). The Whorfian Time Warp: Representing Duration Through the Language Hourglass. Journal of Experimental Psychology: General, 146(7), 911–916. https://doi.org/10.1037/XGE0000314

Cameron, L., & Low, G. (1999). Researching and Applying Metaphor. Cambridge: Cambridge University Press.

Citron, F. M. M., & Goldberg, A. E. (2014). Metaphorical Sentences Are More Emotionally Engaging Than Their Literal Counterparts. Journal of Cognitive Neuroscience, 26(11), 2585–2595. https://doi.org/10.1162/JOCN_A_00654

Deamer, F., Palmer, E., Vuong, Q. C., Ferrier, N., Finkelmeyer, A., Hinzen, W., & Watson, S. (2019). Non-literal Understanding and Psychosis: Metaphor Comprehension In Individuals With a Diagnosis of Schizophrenia. Schizophrenia Research: Cognition, 18, 100159. https://doi.org/10.1016/J.SCOG.2019.100159

Edwin, G., & Lejap, T. P. (2023). Konselor Sadar Budaya : Studi Tentang Teori dan Implikasinya. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 8(1), 47–54.

Ellison, T. M., & Reinöhl, U. (2022). Compositionality, Metaphor, and the Evolution of Language. International Journal of Primatology, 1–18. https://doi.org/10.1007/s10764-022-00315-w

Fauconnier, G., & Turner, M. (2002). he Way We Think: Conceptual Blending and The Mind’s Hidden Complexities. New York: Basic Books.

Fauziah, S. M. (2015). Faktor Sosiokultural dalam Pemakaian Bahasa. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 154–174.

Gentner, D. (1983). Structure-Mapping: A Theoretical Framework for Analogy. Cognitive Science, 7(2), 155–170.

Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 2979–2993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541

Hall, E. T. (1983). The Dance of Life: The Other Dimension of Time. New York: Anchor Books.

Haqi, A., Risfina, A. M., Suryana, E., & Harto, K. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256

Ibarretxe-Antuñano, I. (2013). The Relationship between Conceptual Metaphor and Culture. Intercultural Pragmatics, 10(2), 315-339.

Ibrahim, I., Ruslan, Asnur, M. N. A., Sabata, Y. N., & Kahar, M. S. (2019). Faktor Sosial yang Berpengaruh terhadap Pergeseran Bahasa Lowa. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 208–218. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.208-218

Imtikhanah, R. D. N. W. (2021). Guru Natif dalam Pengembangan Kompetensi Antar Budaya dalam Pengajaran Bahasa Perancis, Haruskah? Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2021.001.01.04

Julaika, S., & Syaputra, E. (2022). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris pada Abstrak Jurnal Ilmiah. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 113–118. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2389

Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 47. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.47-54

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pencerahan, 9(2), 66–82.

Khotijah. (2013). Teori-teori Proses Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah, 10(2 (juli-Desember)), 1–20.

Koentjaraningrat. (1985). Javanese Culture. Oxford: Oxford University Pres.

Kövecses, Z. (2002). Metaphor: A practical Introduction. Oxford: Oxford University Pres.

Kövecses, Z. (2005). Metaphor in Culture: Universality and Variation. Cambridge : Cambridge University Press.

Lacey, S., Stilla, R., & Sathian, K. (2012). Metaphorically Feeling: Comprehending Textural Metaphors Activates Somatosensory Cortex. Brain and Language, 120(3), 416–421.

Lakoff, G. (1990). The Invariance Hypothesis: is Abstract Reason Based on Image-Schemas? Cognitive Linguistics, 1(1), 39–74.

Lakoff, G. (1992). The Contemporary Theory of Metaphor. In A. Ortony (Ed.), Metaphor and Thought (2nd Ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Lakoff, G., & Johnson, M. (1980). Metaphors We Live By. Chicago: University of Chicago Press.

Levinson, S. C. (2003). Space In Language and Cognition: Explorations in Cognitive Diversity. Cambridge: Cambridge University Press.

Lewis, R. D. (2006). When Cultures Collide: Leading Across Cultures. London: Nicholas Brealey Publishing.

Maciuszek, J., Polak, M., & Świa̧tkowska, N. (2019). Grammatical Gender Influences Semantic Categorization and Implicit Cognition in Polish. Frontiers in Psychology, 10(2208). https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.02208

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Martinovic, J., Paramei, G. V., & MacInnes, W. J. (2020). Russian Blues Reveal The Limits of Language Influencing Colour Discrimination. Cognition, 201, 104281. https://doi.org/10.1016/J.COGNITION.2020.104281

Matsuki, K. (1995). Metaphors of Anger in Japanese. Cognitive Linguistics, 6(4), 347–366.

Mulia, H. R. (2019). Pembelajaran Berbasis Multimedia: Upaya Memahami Keberagaman Gaya Belajar Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 144–154. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.857

Mustikawati, E. (2021). Kehadiran Guru Mengajar Melalui Penerapan Reward and Punishment Di SMP Negeri 2 Bogor. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 01(01), 46–51.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. Diakses tanggal 29 Maret 2024, dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Nurdiah, S., & Firsta. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Servant Leadership terhadap Kreativitas Mengajar Guru Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (Tk Aba) di Kecamatan Mlati Sleman Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2), 522–535.

Nursyahidah. (2017). Represtnasi Identitas Budaya dalam Etika Berbahasa ( Studi Kasus Masyarakat Bima). Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 604–610.

Nuryani, Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural: Teori dan Praktik Penelitian. Bogor: In Media.

Paivio, A. (1971). Imagery and Verbal Processes. Holt, Rinehart and Winston

Pajriah, S., & Budiman, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis). Jurnal Artefak, 4(1), 77. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.737

Parhan, M., Maharani, A. J., Haqqu, O. A., Karima, Q. S., & Nurfaujiah, R. (2022). Orang Indonesia dan Jam Karet: Budaya Tidak Tepat Waktu dalam Pandangan Islam. Sosietas, 12(1), 25–34. https://doi.org/10.17509/sosietas.v12i1.48065

Pierre-Louis, K. (2017). The Language You Speak Changes Your Perception of Time. Popular Science. Diakses tanggal 29 Maret 2024, dari https://www.popsci.com/language-time-perception/

Putra, D. S. A., & Selohadi, L. S. M. (2022). Tinjauan atas Relasi Bahasa dan Pikiran serta Implikasinya Terhadap Penerapan Teori Metafora Konseptual. Metafora: Jurnal Lintas Disiplin Studi Metafora, 1(1), 15–34. https://doi.org/10.26877/mf.v1i1.10694

Qiu, A. H., Tay, D., & Watson, B. (2024). Metaphorical Language and Psychopathological Symptoms: A Case Study of Trauma Victims’ Metaphor Use. BMC Psychology, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/S40359-023-01492-W/TABLES/3

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi Meminimalkan Beban Kognitif Eksternal dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Load Cognitive Theory. Humanika, 21(1), 17–32. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228

Rossetti, I., Brambilla, P., & Papagno, C. (2018). Metaphor Comprehension in Schizophrenic Patients. Frontiers in Psychology, 9(MAY), 1–15. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2018.00670/FULL

Sarifuddin, M. (2020). Bahasa, Pikiran, dan Kebudayaan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 504–513. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1562

Shofwati, G., & Susanti, N. (2023). Hubungan Antara Bilingual dengan Kemampuan Kosakata pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Bilingual Global Mentari Kota Depok. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 1(2), 248–253.

Soelistyowati, R., Marithasari, H., & Ramdani, G. (2023). Penerjemahan Metafora Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dalam Sebuah Novel Absolute Power Karya Baldacci dan Terjemahannya Kekuasaan Absolute Terjemahan Hidayat Saleh. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v5i1.8275

Suriyanti, E. (2020). Analisis Pola Pikir (Mindset), Penilaian Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Kindai, 16(1), 102–101. https://doi.org/10.35972/kindai.v16i1.358

Suwarni. (2023). Peran Budaya Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Iqtan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 241–254.

Tay, D. (2017). Using Metaphor in Healthcare: Mental Health Interventions. In Semino, E., Demjen, Zs. (Eds.) Routledge Handbook of Metaphor and Language. Routledge, 371–384.

Timotius. (2024). Perbandingan Konsep Kesucian dalam Kristen dan Hindu: Analisis Filosofis dan Teologis. Dekonstruksi, 10(01), 50–62. https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v10i01.213

Utami, N. U. P., & Rahman, T. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Anak. Jurnal PAUD Agapedia, 2(1), 53–65.

Utorowati, S., & Sukristanto. (2016). Jenis dan Fungsi Metafora dalam Novel Anak Bajang Menggiring Angin Karya Sindhunata: Sebuah Analisis Dekonstruksi Paul De Man. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 1–17.

Vebrynda, R. (2015). Persepsi Antarbudaya Mengenai Mahasiswa Indonesia di India. Komunikator, 7(2), 131–142.

Wastyanti, A. (2021). Perkembangan Kognitif dan Pengaruh Sosiobudaya dalam Belajar. 6(1), 1–13.

Younes, A. S., & Altakhaineh, A. R. M. (2022). Metaphors and Metonymies Used in Memes to Depict COVID-19 in Jordanian Social Media Websites. Ampersand (Oxford, UK), 9, 100087. https://doi.org/10.1016/J.AMPER.2022.100087

Yu, N. (1998). The Contemporary Theory of Metaphor: A Perspective From Chinese. Human Cognitive Processing, 1, 11–63.

Zulchidir, Indra, & Syamsidik. (2015). Keuneunong sebagai Adaptasi Masyarakat Kecamatan Pulo Aceh dalam Menghadapi Bencana Hidrometeorologi. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA), 2(2), 49–56.




DOI: 10.24235/ileal.v9i2.16645

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â