Kesalahan Fonologi pada Keterampilan Membaca Pemelajar BIPA di Universitas Rajabhat Songkhla Thailand
(1) Universitas Rajabhat Songkhla, Thailand
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan fonologis yang terjadi saat pemelajar Bahasa Indoneisia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Rajabhat Songkhla ketika melakukan kegiatan keterampilan membaca. Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari berbagai dokumen audio, peristiwa, dan informan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik dasar simak bebas libat cakap (SBLC) dan wawancara. Teknik cuplikan data yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kesalahan berbahasa yang dipadukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat tiga jenis jenis kesalahan tataran fonologi, yaitu perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Implikasi hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar pada mata kuliah BIPA dan fonologi.
Phonological Errors on the Reading Skills of BIPA Learners at Rajabhat Songkhla University, Thailand
This research aims to analyze phonological errors that occur when Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) students at Rajabhat Songkhla University when carrying out reading skills activities. This research is a qualitative descriptive study. The data used in this research consists of various audio documents, events and informants. The data collection method used was through basic techniques of free-involved listening (SBLC) and interviews. The data sampling technique used is a purposive sampling technique. Testing the validity of the data in this research was carried out using the method of theoretical triangulation and data source triangulation. The data analysis technique used is a language error analysis technique combined with data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show three types of phonological level errors, namely phoneme changes, phoneme deletions and phoneme additions. The implications of the results of this research can be used as teaching material in BIPA and phonology courses.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityarini, I. A. P., Pastika, I. W., & Sedeng, I. N. (2020). Interferensi Fonologi Pada Pembelajar BIPA Asal Eropa di Bali. Aksara, 32(1), 167–186. https://doi.org/10.29255/aksara.v32i1.409.167-186
Ainie, L. Z. & Andajani, K. (2023). Kesalahan Berbahasa Indonesia oleh Penutur Asing dalam Akun Youtube Tomohiro Yamashita. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 87–102. https://doi.org/10.29300/disastra.v5i1.7419
Alfiati, A. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 5(1), 67–84. https://doi.org/10.36835/ANNUHA.V5I1.262
Andriyana, Anh, H. H. Van, & Iswatiningsih, D. (2022). Kesalahan Fonologi Mahasiswa Vietnam Tingkat BIPA 1 dalam Pelafalan Fonem Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 119–124.
Azella, A. N. & Rahman, N. I. Z. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Fonologi pada Video Youtube Nihongo Mantappu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5626–5633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11996
Budiawan, R. Y. S. & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88–97. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428
Dewi, W. W. R. (2018). Fonologi Bahasa Indonesia. Intan Pariwara.
Dulay, H. B. & Krashen S. (1982). Language Two. Oxford University Press.
Fariqoh, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing Tingkat Dasar. Riksa Bahasa, 219–223.
Febrianti, R. & Susanto, G. (2023). Kesalahan Berbahasa Lisan Penutur BIPA dalam Kanal YouTube “Sarah Johnson.†MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 22–35. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.1.22-35
Fradhita, N. S., Febrianawati, R., & Utami, P. D. (2021). Analisis Kesalahan di Bidang Fonologi Pada Video Pembelajaran Zenius Net. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 57–62. https://doi.org/10.26418/EKHA.V4I1.40838
Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa : Teori dan Aplikasi. Ombak.
Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi Pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik, 1(1), 8–18.
Inderasari, E. & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–15. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v6i2.20192
Jannah, R. & Yanti, P. G. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5096
Kusuma, E. R. & Kayati, A. N. (2023). Pola Kesalahan Berbahasa pada Pembelajaran BIPA Program Darmasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 18–23. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.19210
Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Fonologi Pada Kanal Youtube “Mas Bas-Bule Prancis.†Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 91–98. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4094
Maulana, D. & Sanusi, A. (2020). Analisis Kesalahan Morfosemantik Pada Teks Terjemahan Siswa Madrasah Aliyah Darussalam Bogor. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 137–146. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v5i2.3837
Maulana, M. R., Prasetyo, T., Prayoga, B., & Dwi, K. (2023). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Pidato Presiden RI Saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023. Jurnal Ilmiah Sarasvati, 5(2), 153–158. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.3143
Muzaki, H. & Darmawan, A. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Lisan Pada Kanal Youtube Fouly. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.11420
Muzaki, H., Khusna, N., Putri, E. A., Putri, R. A., Melinda, S., Kanugrahan, A. C., & Larasati, A. P. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Youtuber Eropa Pada Tataran Linguistik. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.6908
Nugroho, R. D., Suryawati, C. T., & Zuliastutik, H. (2018). Analisis Kesalahan dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 193–209. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15508
Nurapiatul, I. S. & Siagian, I. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Pidato Presiden Jokowi Pada UOB Economic Outlook 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 353–358. https://doi.org/10.5281/zenodo.8313082
Nurjanah, A. (2016). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Karangan Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Rafkahanun, R. (2021). Analisis Kesalahan Fonologis dalam Keterampilan Berbicara Pembelajar BIPA di Pusat Studi Indonesia Ismailia Mesir. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 78–87. http://dx.doi.org/10.31503/madah.v12i1.380
Ramadhani, J. M., Nurafiani, V., & Karunia, D. A. (2023). Analisis Perubahan Fonem Pada Kata Serapan Bahasa Belanda ke Bahasa Indonesia. Aksara, 7(2), 233–243. https://doi.org/10.48175/ijarsct-13062
Rohayani, N. S. (2014). Penggunaan Kartu Kata Pada Pembelajaran Kosakata Berafiks dalam Keterampilan Menulis BIPA Tingkat Dasar (Penelitian Eksperimen Subjek Tunggal pada Pembelajar BIPA di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia). Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2), 1–9.
Santoso, A., Setyaningsih, R. U., Assyifa, S. N., & Ulya, C. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Fonologi Pada Unggahan Video Youtube Sekretariatan Presiden. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Indonesia, 13(2), 64–77. https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i2.17149
Sari, P. U. & Qura, U. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara Karya Jujur Prananto. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 50–62. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i3.3147
Setiawan, A. & Damastina, B. (2023). Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Pada Akun YouTube Nihongo Mantappu: “Wasedaboys Jadi Guru Jepang di SMA Indonesia! Gimana Ya!?†Jurnal Kabastra, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.31002/kabastra.v3i1.660
Setiyani, I. & Utomo, F. R. A. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Wawancara Eksklusif Ganjar Pranowo dan Piala Dunia di YouTube Mata Najawa. Jurnal Kabastra, 3(1), 60–70. https://doi.org/10.31002/kabastra.v3i1.668
Setyawati, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Yuma Pustaka.
Setyowati, I. D., Sulistiawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dalam Laporan Hasil Observasi Siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.32502/JBS.V3I1.1973
Sitaresmi, N., Naufalia, A., Sulistyaningsih, L. S., & Cahyani, I. (2024). Kesalahan Perubahan Bunyi pada Pelafalan Pembelajar BIPA Dasar Asal Korea Selatan. Jurnla Onoma: Pendidikan, Bhasa dan Sastra, 10(1), 16–27. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3003
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Duta Wacana University Press.
Supriani, R. & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67–76.
Zamri, T. & Faizah, H. (2021). Kesalahan Fonologi dan Morfologi dalam Debat Capres 2019. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 3(1), 76–82.
DOI: 10.24235/ileal.v9i2.16590
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â