Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing untuk Tenaga Kerja Asing
(1) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk tenaga kerja asing di Realia Language and Culture Center Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa catatan lapangan yang dikumpulkan lewat observasi langsung, wawancara semi terstruktur, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring dengan sistem one-on-one teaching. Media pembelajaran yang digunakan, meliputi Zoom, Google Docs, YouTube, WhatsApp, foto, artikel, rekaman audio, audio, Microsoft PowerPoint, dan infografis. Hambatan yang dihadapi berupa pemelajar merasa bosan, gangguan jaringan internet, dan kesulitan dalam menangkap maksud dari kosakata baru.
Indonesian Language Learning Media for Foreign Speakers for Foreign Workers
This study aims to describe BIPA learning media for foreign workers at the Realia Language and Culture Center in Yogyakarta. This study uses a case study approach. Data collection in this study is in the form of field notes collected through direct observation, semi-structured interviews, and document analysis. The data analysis technique used is the descriptive data analysis technique of the Miles and Huberman interactive analysis model which includes the stages of data collection, reduction, presentation, and conclusion. The study results indicate that the implementation of learning is carried out online with a one-on-one teaching system. The learning media used include Zoom, Google Docs, YouTube, WhatsApp, photos, articles, audio recordings, audio, Microsoft PowerPoint, and infographics. The obstacles faced are that learners feel bored, internet network disruptions, and difficulty in understanding the meaning of new vocabulary.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alharbi, A. (2019). Exploring The Potential of Google Doc in Facilitating Innovative Teaching And Learning Practices in an EFL Writing Course, Innovation in Language Learning and Teaching. Innovation in Language Learning and Teaching, 14(2), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17501229.2019.1572157
Alobaid, A. (2020). Smart multimedia learning of ICT: role and impact on language learners’ writing fluency YouTube online English learning resources as an example. Smart Learning Environments, 7(1), 1–30. https://doi.org/10.1186/S40561-020-00134-7/TABLES/10
Azhari, M., Wingkolatin, W., & Azmi, M. (2022). Pemanfaatan Media Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Al-Khairiyah Samarinda. Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/AMT.V1I1.540
Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (2 ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Bensulong, A., Afifah, F. N., & Solikhah, I. Z. (2021). Penggunaan Whatsapp dan Google Form dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK N 2 Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 85–90. https://doi.org/10.31000/LGRM.V10I1.4093
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.37905/AKSARA.6.2.97-102.2020
Buana, C. A. (2020). Penerapan Desain Rencana Pembelajaran Sebagai Upaya Membangun Interaksi dalam Pembelajaran Daring. Universitas Pelita Harapan, Tangerang.
Dahlena, S., & Asnawi. (2024). Media Pembelajaran dalam Pengajaran BIPA. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 74–86. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3509
Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The Role of Infographics for the Development of Skills for Cognitive Modeling in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(01), 82–92. https://doi.org/10.3991/IJET.V13I01.7541
Diani, W. R., & Dewi, L. S. (2020). Tantangan Guru BIPA Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 1–15. https://doi.org/10.31002/TRANSFORMATIKA.V4I2.3179
Djokowidodo, A., & Divinanto, K. (2024). Pemanfaatan Objek Wisata Lawang Sewu sebagai Media Pembelajaran BIPA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1836–1843. https://doi.org/10.54371/JIIP.V7I2.4014
Effendi, E., Aini, K., Nabila, S., Lubis, N., Maisarah, M., & Sugiarto, S. (2022). Artikel dan Editorial Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 218–224. Diambil dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4701
Faqih, F. I., & Setyawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Cerita Fantasi Berkearifan Lokal Madura Berbasis Android. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 71–87. https://doi.org/10.24235/ILEAL.V7I1.9032
Firdaus, M. D. (2018). Pengembangan Aplikasi Pesan Instan Whatsapp dalam Pembelajaran Microteaching sebagai Media Alat Bantu Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Gil-Glazer, Y., Walter, O., & Eilam, B. (2019). PhotoLingo—Development and Improvement of Higher-Order Thinking and Language Skills Through Photographs. Journal of Education, 199(1), 45–56. https://doi.org/10.1177/0022057419843523
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/SAP.V5I1.6511
Hastowohadi, Setyaningrum, R. W., & Pangesti, F. (2020). Forced Remote Learning during the COVID-19 Outbreak: International Students’ Stories from a Bahasa Indonesia (the Indonesian Language) for Foreigners Classroom. Journal of International Students, 10(S3), 180–197. https://doi.org/10.32674/JIS.V10IS3.3206
Hidayat, H., Qeis, M. I., & Winarni, R. W. (2019). Perancangan Infografis Museum Tokoh Pahlawan di Jakarta Sebagai Museum Arkeologi dan Sejarah. Jurnal Desain, 6(01), 69–76. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V6I01.2899
Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Infografis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.24952/IBTIDAIYAH.V2I2.5548
Khasanah, Marjuki, D., & Nasution, N. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Elmantab terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Akademika, 10(01), 25–46. https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V10I01.1338
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.
Kurniawan, K., Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia†untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 (Conformity of BIPA Textbook Contents “Sahabatku Indonesia†for Level 1 English Speakers). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279-293.
Kurniawansyah, A. S., & siswanto, siswanto. (2020). Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, Dan Google Drive Sebagai Formula dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Infotama, 16(2), 61–67. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jmi.v16i2.1155
Kustiawan, W., Fauzizah, N. A., Sinaga, H. A. B., Oktavia, I., Hafizah, F., Pangestu, S. A., & Siregar, R. A. (2023). Rekaman Audio Dalam Penyiaran Radio. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 13313–13321. Diambil dari https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1740
Lasabuda. (2017). Pengembangan Media Youtube dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian di Smk Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 2(2), 270–275. Diambil dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/jps/article/view/145
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.32585/JKP.V4I1.443
Marhayani, D. A. (Dina). (2021). Persepsi Mahasiswa STKIP Singkawang terhadap Penggunaan E-learning Berbasis Zoom Meeting. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1637–1646. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I8.305
Masitoh, S., Degaf, A., & Huda, M. (2023). Language Engagement Program in the Indonesian Language for Foreign Speakers Course (Prinsip Keterlibatan Bahasa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 229–244. https://doi.org/10.24235/ILEAL.V8I2.10152
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112. https://doi.org/10.58230/27454312.14
Muliani, D. E. (2021). Validity And Practicality Of Infographic Teaching Media In The Basic Science Concepts Course. Prosiding CELSciTech, 5, 13–19. Diambil dari https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PCST/article/view/3254
Nurhidayati. (2019). Media Power Point dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 463–470. Diambil dari http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/515
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289. https://doi.org/10.23887/JISD.V4I2.24238
Putra, D. (2021). Penggunaan Google Docs dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Diskusi Berkelompok. LENTERA KARYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Sejarah, dan Humaniora, 5(2), 125–134.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/JTQ.V16I1.203
Rachmawati, N. N., & Arifin, M. Z. (2023). Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jurnal Digdaya, 2(1). https://doi.org/10.31004/JD.V2I1.16
Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. https://doi.org/10.52166/TALIM.V3I1.1910
Riqza, M. S., & Muassomah, M. (2020). Media Sosial untuk Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi: Kajian Kualitatif Penggunaan WhatsApp pada Sekolah Dasar di Indonesia. Alsina : Journal of Arabic Studies, 2(1), 71–94. https://doi.org/10.21580/ALSINA.2.1.5946
Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). An-Nas, 2(2), 199–212. https://doi.org/10.36840/AN-NAS.V2I2.104
Rosyid, N. M. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pengajaran Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang (Universitas Islam Malang). Universitas Islam Malang, Malang. Diambil dari http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1048
Samosir, F. T. S., Pitasari, D. N., Purwaka, & Tjahjono, P. E. (2018). View of The Effectiveness of Youtube as a Student Learning Media (Study at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81–91. Diambil dari https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/view/8000/8356
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084.
Sazali, H. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.
Setiyana, F. N., & Kusuma, A. B. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.33541/EDUMATSAINS.V6I1.2945
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/ALINSYIROH.V6I2.3946
Smith, I. H. (2018). The short story of photography : a pocket guide to key genres, works, themes & techniques. London: Laurence King Publishing. Diambil dari https://books.google.com/books/about/The_Short_Story_of_Photography.html?hl=id&id=Pjm-swEACAAJ
Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68. https://doi.org/10.24252/JB.V5I1.3446
Sugiyono. (2022). Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suradika, A., Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., & Rifqiyati, R. (2020). Efektivitas Bahan Instruksional Pendidikan Agama Islam. Instruksional, 1(2), 98–110. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.98-110
Susani, R. G. (2020). Pemanfaatan Infografik Sebagai Materi Autentik Dalam Pembelajaran Bipa Di Era Normal Baru. Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA), 3(1), 116–121. Diambil dari https://conference.umk.ac.id/index.php/semarbipa/article/view/280
Taufik, M. U. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) Daring di Realia Language and Culture Center Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Wahyono, T., Islahudin, I., Kusmiatun, A., Hermanto, H., Purbohadi, D., & Septian, M. R. (2023). Assistance in Teaching Indonesian Language and Culture to BIPA Students at Fatoni University, Thailand. Proceeding International Conference of Community Service, 1(2). https://doi.org/10.18196/ICCS.V1I2.121
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V1I6.131
Wicaksono, Y. P. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Film untuk Meningkatkan Pembelajaran BIPA Tingkat Awal dan Menengah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(4), 876–885. https://doi.org/10.28926/BRILIANT.V7I4.1023
Wijayanti, Y., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/JSI.V9I2.31568
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/JOTING.V3I2.2561
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/RA.V1I1.1489
DOI: 10.24235/ileal.v10i1.15674
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â