Pengembangan Sistem Informasi Bahasa Indonesia untuk Semua (SIBIUS) Berdasarkan Kebutuhan Seleksi Nasional Berbasis Tes
(1) Universitas Brawijaya, Malang
(2) Universitas Brawijaya, Malang
(3) Universitas Brawijaya, Malang
(4) Universitas Brawijaya, Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berdasarkan Seleksi Nasional Berbasis Teks. Melalui jenis penelitian pengembangan model 4D (penetapan, perancangan, pengembangan, diseminasi), dikembangkan Situs Informasi Bahasa Indonesia untuk Semua (SIBIUS) dalam bentuk website yang mengintegrasikan beberapa platform interaktif lain. Pada tahap perancangan, dibahas pengumpulan materi, rancangan alur website, dan platform yang diintegrasikan. Pada tahapan pengembangan, dibahas penyajian dan substansi SIBIUS yang terdiri dari halaman beranda, materi, latihan soal, forum, kontak, grup, dan berbagi berkas. Materi yang diangkat adalah kaidah kebahasaan (sintaksis-semantik) dan literasi yang disajikan dalam bentuk visual (Canva), audio (VoiceThread), serta isyarat (HandTalk). Adapun latihan soal disajikan dalam platform interaktif seperti Oodlu, WordWall, Wizer.me, dan dibahas secara audio-visual. Ragam kebahasaan SIBIUS adalah formal-interaktif. Media pembelajaran divalidasi oleh ahli media pembelajaran dan bahasa. Hasil diseminasi mendapat respons dan komentar yang positif sehingga membuktikan kelayakan SIBIUS untuk diimplementasikan.Â
Development of the Indonesian Language Information System for All (SIBIUS) Based on the Needs of Test-Based National Selection
This study aims to develop digital learning media based on the National Text-Based Selection. Through the type of 4D model development research (determination, design, development, dissemination), the Indonesian Language Information Site for All (SIBIUS) was developed as a website that integrates several other interactive platforms. At the design stage, the materials collection, the website flow design, and the integrated platforms were discussed. At the development stage, the presentation and substance of SIBIUS were discussed, consisting of the home page, materials, practice questions, forums, contacts, groups, and file sharing. The materials raised are language rules (syntax-semantics) and literacy presented in visual (Canva), audio (VoiceThread), and gesture (HandTalk) forms. The practice questions are presented in interactive platforms such as Oodlu, WordWall, Wizer.me, and discussed audio-visually. The language variety of SIBIUS is formal-interactive. The learning media was validated by experts in learning media and language. The results of the dissemination received positive responses and comments, thus proving the feasibility of SIBIUS for implementation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), 84-99. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/13585/9818
Amalia, N. F., & Yaqin, F. A. (2022). Pembelajaran Literasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1(1), 111-122. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/prosidingPGMI/article/view/805
Ancer, T., Sidabutar, U. B., & Aritonang, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Appype pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK. JPENTUS: Jurnal Pendidikan, Teknologi dan Sains, 1(1), 22-30. https://journal.physan.id/index.php/jupentus/article/view/29
Arifah, A. R., Winarni, R., & Suhita, R. (2023). Media Pembelajaran Augmented Reality sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13141
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36. doi:https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Azzahra, S. S., & Masnina, R. R. (2023). Inovasi Mendengarkan Musik Tingkilan Kutai Untuk Terapi Stress pada Siswa yang Akan Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer. Jurnal Kesehatan, 16(1), 73-81. https://journals.ums.ac.id/index.php/jk/article/view/19687
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2017). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Siswa SMP. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v2i2.1167.
Faqih, F. I., & Setyawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Tema Cerita Fantasi Berkearifan Lokal Madura Berbasis Android. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 71-87. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/9032/4019
Nazilah, H. M., & Setiawati, E. (2023). Asimetri Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Kompetensi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Studi Pendahuluan. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS ( 444-458). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/4891
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Online pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1-12. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/SIMADA/article/view/3412
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 3(1). https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/306
Hidayat, W. (2000). Kamus Teknologi Komputer: Komputer-Internet. Surabaya: Sarana ilmu.
Ibrahim, M. A., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5287.
Jufri, A. J. (2018). Penerapan Metode Penelitian dan Pengembangan dalam Merancang Sistem Repositori Institusi di Perpustakaan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 620-630. https://doi.org/10.20961/jpi.v4i2.33716
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lazulfa, I., & Andriani, A. (2021). Pengenalan dan Pelatihan Pemahaman Materi Tes Potensi Skolastik bagi Siswa Madrasah Aliyah. Sainsteknopak, 5(1), 1-6. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/sainsteknopak/article/view/1914/1254
Lestari, F. I., Fadillah, F., & Suratman, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Materi Aplikasi Presentasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(9), 1–13. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42417.
Mahardika, A., & Destiana, H. (2014). Animasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Hewan dan Alat Transportasi untuk Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 100–110. https://doi.org/10.33480/pilar.v10i1.467
Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.35580/sainsmat5130482016
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SDN Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.
Marzuqi, I. (2017). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. GELANGGANG, 10-12. http://repository.unisda.ac.id/453/
Maulana, H., Munawaroh, R., Nuha, N. A., Ilmi, D. F., Rachmansyah, M. F., Masyuri, A. S. A., & Haramain, A. M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Website di Desa Pandean Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. JURNAL PENELITIAN SISTEM INFORMASI (JPSI), 1(2), 28-48. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JPSI/article/view/472
McGowan. (2018). Integrated Academic Literacy Development: Learner-Teacher Autonomy for MELTing the Barriers. Journal of University Teaching & Learning Practice, 15(4). https://doi.org/10.53761/1.15.4.6
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102/71
Mulyaningsih, I. (2017). Sikap mahasiswa terhadap bahasa indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87.
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/655
Nazilah, H. M., & Setiawati, E. (2023). Asimetri Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Kompetensi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Studi Pendahuluan. In Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XLV, Semarang 2023.
Nugrahani, A., & Sudarwanto, A. S. (2019). Sinkronisasi Pengaturan Nama Domain dan Hak Merek di Indonesia. Jurnal Privat Law, 7(2), 17-175. doi: https://doi.org/10.20961/privat.v7i2.34405
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/144
Rasuanti, E., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Materi Cerpen di SMK Negeri 1 Pemulutan. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(1), 140-154. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7342
Rezky, M., Ramly, & Saleh, M. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40-47. https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i1.12394
Rismadiyanti, E. F. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UTBK 2020. Acta Psychologia, 3(2), 148-155. https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/article/view/46192
Rosandiena, T. T., & Indrojarwo, B. T. (2018). Perancangan Website sebagai Media Penjualan Online IKM di Jawa Timur. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(1), 44-47. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/29544
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104-112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sriyati, S. (2022). Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 74-83. https://doi.org/10.21093/twt.v9i1.4210
Suarmika, P. E., Hidayat, N., & Safitri, S. (2023). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Media Aplikasi Android sebagai Bahan Ajar Interaktif. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 278-291. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3154
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1), 111-123. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p
Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8(2), 150–156. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1823
Syahriati, S. (2023). Challenges and Opportunities in Indonesian Language Education in the Digital Era. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 1405-1411. https://jurnal.usk.ac.id/riwayat/article/view/33874/18769
Trismanto, T. (2016). Kalimat Efektif dalam Berkomunikasi. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 2(1), 33–40. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v2i1,%20April.708
Umar, U. (2017). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 131-144. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/364
Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i12017p016
Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 179–190. https://doi.org/10.30651/lf.v3i2.3102
Widjaja, G., & Widyapradnya, A. (2018). Domain Name. Cross-border, 1(2), 175-183. https://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/849
Yuliana, S., Wikanengsih, & Kartiwi, Y. M. (2020). Penguatan Literasi Berbahasa Indonesia dengan Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 243-254. https://doi.org/10.22460/p.v3i3p243-254.4927
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Zamjani, I., Rakhmah W, D. N., Azizah, S. N., Waruwu, H., & Hariyanti, E. (2020). Platform Pembelajaran Digital dan Strategi Inklusivitas Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://repositori.kemdikbud.go.id/21553/
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Cetakan Kelima). Jakarta: Yayasan Obor.
DOI: 10.24235/ileal.v10i1.15551
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â