Makna Tanda pada Poster Digital sebagai Media Promosi Wisata: Pendekatan Semiotika Saussure

Tri Pujiati(1*), Meria Zakiyah Alfisuma(2),


(1) Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
(2) Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Poster wisata berisi ajakan dengan menggunakan tanda-tanda berupa teks dan juga gambar visual yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini berupaya untuk melihat pemaknaan verbal dan visual pada poster wisata digital di Bangkalan, Madura. Penelitian dengan desain deskriptif kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari poster digital yang ada di Bangkalan, Madura. Poster wisata digital yang diteliti sebanyak 3 buah dan telah diunggah ke media sosial (FB, IG, dan Tiktok). Poster wisata digital dilengkapi dengan penggunaan 3 bahasa (Madura, Indonesia, dan Inggris) dan juga desain gambar yang menarik yang menggambarkan kearifan lokal masyarakat Madura. Penelitian dengan menggunakan pendekatan teori Semiotik Saussure ini menunjukkan hasil bahwa tampilan visual dan verbal pada poster memberikan informasi yang jelas terkait ajakan untuk mengunjungi tempat wisata di Bangkalan. 


The Meaning of Signs on Digital Posters as Tourism Promotion Media: Saussure's Semiotic Approach

Tourist posters contain invitations using signs in the form of text and also visual images that are interesting to examine.This research attempts to look at the verbal and visual meaning of digital tourist posters in Bangkalan, Madura. This research with a qualitative descriptive design was carried out using data collection techniques in the form of documentation from digital posters in Bangkalan, Madura. There were 3 digital tourist posters researched and uploaded to social media (FB, IG, and Tiktok). Digital tourist posters are equipped with the use of 3 languages, (Madurese, Indonesian and English) and also attractive image designs that depict the local wisdom of the Madurese people. Research using Saussure's semiotic theory approach shows the results that the visual and verbal displays on the poster provide clear information regarding the invitation to visit tourist attractions in Bangkalan. 


Keywords


digital tourist posters; meaning of signs; Saussure semiotics

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2017). Analisis Semiotik dalam Kumpulan Cerpen Air Mata Ibuku dalam Semangkuk Sup Ayam. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.378

Al-Ghamdi, Naimah, A., & Albawardi, A. H. (2020). Multivocality of Saudi COVID-19 Discourse in Social Media Posts: A Socio-Semiotic Multimodal perspective. GEMA Online Journal of Language Studies, 20(4), 228–250. https://doi.org/10.17576/gema-2020-2004-13

Al-Naimat, G. K. (2019). Semiotic Analysis of The Visual Signs of Protest On Online Jordanian Platforms: Code choice and language mobility. Theory and Practice in Language Studies, 10(1), 61–70. https://doi.org/10.17507/tpls.1001.09

Aldiansyah, D., Prilosadoso, B. H., & Setiaji, D. (2023). Analisis Semiotika Poster Video Gagasan Konstruktif GAMELAND. Citrawira: Journal of Advertising and Visual Communicatin, 4(1), 79–107. https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i1.5098

Amri, U. & Pratiwi, A. (2023). A Semiotic Analysis of Diary of a Wimpy Kid Movie Posters. Vivid: Journal of Language and Literature, 12(1), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25077/vj

Andina, A. D. T., Pratiwi, D. P. E., & Utami, N. M. V. (2021). Discovering the Meaning of Verbal and Visual Signs in L’oreal Paris Video Advertisement: A Semiotic Study. Journal of Language and Applied Linguistics, 2(1), 15–22.

Anggasta, M. G. & Franzia, E. (2016). Analisis Semiotika Visual Pada Poster Ngayogjazz 2011-2014. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 12(2), 177–192. https://doi.org/10.25105/dim.v12i2.57

Anwar, L. P. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 60–78.

Burhanudin, H., Sumarlam, & Rakhmawati, A. (2021). Dimensionality on the Mayor of Surakarta`S (2016-2021) Javanese Covid-19 Posters. Humaniora, 12(2), 161–171. http://dx.doi.org/10.21512/humaniora.v12i2.7009

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi (2nd ed.). Yogyakarta: Jalasutra.

Effendi, F. P., & Akhadiyatni, A. N. (2023). Analisis Semiotika Pada Poster Animasi Disney “LUCA.†Jurnal Professional, 10(1), 335–346. https://doi.org/10.37676/professional.v10i1.3939

Hermawan, B. (2013). Multimodality: Menafsir Verbal, Membaca Gambar, dan Memahami Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i1.756

Husna, I., & Hero, E. (2022). Analisis Semiotika Ferdinand De Sausures Makna Pesan Iklan Rokok a Mild Versi Langkah. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 44–59.

Itaristanti, I., Shofiyatin, H., & Mulyaningsih, I. (2019). Analisis Bahasa Pada Feature Dalam Surat Kabar Jawa Pos.com. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 71-77. DOI: 10.22236/Imajeri.V2i1.5078

Kartika, A.S., Sudipa, I.N., & Resen, I.W. (2016). Verbal and Visual Signs on Airlines Advertisements: A Semiotic Study. Jurnal Humanis, Fakultas Ilmu Budaya, Unud 17–2, 22-27.

Kolly, A. S. (2013). Analisis Semiotika Representasi Kebudayaan Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Energi Versi Flores, Nusa Tenggara Timur di Media Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 38–52.

Kurniasih, N. (2016). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. https://doi.org/10.31227/osf.io/aj2z9

Laksani, H. & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. Aksa Jurnal Komunikasi Visual, 6(2), 944–956.

Leech, G. N. (1983). Principles of Pragmatics. London : Longman.

Maharani, M., Patriansyah, M., & Mubarat, H. (2021). Analisis Semiotika Saussure pada Karya Poster Maharani yang Berjudul “Save Children.†Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1718

Marsheilo, B. & Tamburian, D. (2022). Analisis Semiotika Iklan Aqua Kids 2020. Prologia, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10257

Martinet, J. (2010). Semiologi Kajian Teori Saussuran antara Semiologi Komunikas dan Semiologi Signifikasi, terjemahan Stephanus Aswar Herwinarko. Yogyakarta : Jalasutra.

Mey, J. L. (1993). Pragmatics: An Introduction. Oxford: Blackwell.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa, M. & Syahriani, I. (2021). Analisis Semiotika Poster “Ayo, Lindungi Diri dan Keluarga dari Covid-19†(Teori Ferdinand De Saussure). Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(2), 261–274. https://doi.org/10.24235/ORASI. V12I2.8815.G4186

Nuriarta, I. W. (2016). Poster sebagai Media Representatif dalam Pencitraan Identitas Budaya Bali pada Masa Kolonial. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 11(1), 64–70. https://doi.org/10.23887/prasi.v11i01.10974

Ropiah, O., Indrayani, L. M., Muhtadin, T., & Yuliawati, S. (2022). Semiotika Batik Paseban Kabupaten Kuningan (Semiotics of Paseban Batik, Kuningan Regency). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 358–369. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9090

Patriansah, M. (2020). Poster Analysis of Public Services Advertising by Sepdianto Saputra: Study of Saussure Semiotics. Arty : Jurnal Seni Rupa, 9(3), 203-2014.

Patriansah, M., Yulius, Y., & Sapitri, R. (2021). Communication Signs Behind Aji Windu Viatra’s Poster: A Saussure Semiotic Study. Ekspresi Seni, 23(1), 217–228. http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1293

Perdana, H. P. (2015). Makna Poster Promosi Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala. E-Journal Ilmu Komunikasi Unmul, 3(3), 200–210.

Permatasari, B. A. (2020). Analisis Isi Pesan Kreatif Pada Poster Covid-19 Selama Masa PSBB Di Kecamatan Sukorejo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Persada, S. I. P. (2020). Semiotic Analysis of Gundala Movie Poster. In International Conference on Business, Economic, Social Science, and Humanities- Humanities and Social Sciences Track (ICOBEST-HSS 2019) 391, 133–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200108.029

Pujiati, T. (2015). Analisis Semiotika Struktural pada Iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 1–22.

Pujiati, T., Nirwani, S., & Mubarok, Y. (2021, November). Representation of Social Criticism of Indonesian People’s Life Phenomena through Comic Strip: A Semiotic Approach. In The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020), 537–534.

Rahayu, I. S. (2021). Analisis Kajian Semiotika dalam Puisi Chairil Anwar Menggunakan Teori Charles Sanders Peirce. Jurnal Semiotika, 15(1), 30–36. http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v15i1.2498

Ramalia, V., Soedarsoni, D. K., & Esfandari, D. A. (2016). Makna Poster Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Poster Kasus Pembunuhan Salim Kancil). E-Proceding of Management, 3(3), 3846–3853.

Riaz, M. & Shaban, M.R. (2020). Gender-Based Socio-Semiotic Analysis Of Honour Killing In Pakistani Paintings. Pakistan Journal of Women’s Studies: Alam-e-Niswan, 26(1), 125–149. https://doi.org/10.46521/pjws.026.01.0021.

Riwu, A. & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 dara. Deiksis, 10(3), 212–223. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809

Searle, J. R. (1969). Speech Acts an Essay in The Philosophy of Language (1st ed.). London: Cambridge University Press.

Sitompul, A. L., Patriansyah, M., & Pangestu, R. (2021). Analisis Poster Video Klip Lathi: Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(1), 23–29. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1830

Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suciyanto, S. (2016). Semiotic Analysis of Greenpeace Campaign Posters in Climate Change Series. University Syarif Hidayatullah.

Sudiani, Y. (2016). Analisis Desain Uang Kertas Pecahan Seratus Ribu Rupiah. Ekspresi Seni, 18(2), 324–332. DOI: 10.26887/ekse.v18i2.100

Sulistriyani, S. & Kuntoro, K. (2021). Analisis Wacana Persuasif untuk Memotivasi Diri dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), 83–99. DOI: 10.30595/mtf.v7i1.9744

Susanti, D. I. & Prameswari, J. Y. (2022). Kajian Semiotika Pada Poster Tema Perundungan Karya Siswa Kelas 6 SD. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6(2), 72–77. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.18931

Suyatno & Pujiati, T. (2023). The Meaning And Symbolic Of Campursari Kelayung Layung: An Approach To Rolland Barthes’ Semiotics. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 1(3), 134–145. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v1i3.310

Utami, R., Setia, E., & Dellana. (2021). A Semiotic Analysis Found on Movie Poster “Shutter Island.†LingPoet: Journal of Linguistics and Literary Research, 2(3), 20–26. https://doi.org/10.32734/lingpoet.v2i3.6642

Viatra, A. W. (2019). Poster “Hope†Obama dalam Komunikasi Massa. Imaji, 17(2), 93–104. https://doi.org/:10.21831/imaji.v17i2.22332

Widiadnya, P. I. G. A. V. (2020). Semiotika Tanda Verbal dan Visual Pada Iklan Kampanye Pencegahan Penyebaran Covid-19. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa dan Budaya, 4(2), 10–18.

Wulandari, A. I. & Islam, M. A. (2020). Representasi Makna Visual Pada Poster Film Horor. Barik, 1(1), 69–81.

Yulius, Y. (2022). Analisis Tanda Visual dan Verbal Pada Desain Poster “Hari Bidan Nasional.†PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 17(2), 153–161. https://doi.org/10.23887/prasi.v17i02.53824




DOI: 10.24235/ileal.v9i2.15297

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â