PEMBELAJARAN MENULIS ESAI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS LIFE SKILLS

Emah Khuzaemah(1*), Lilik Herawati(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya keterampilan menulis mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon memerlukan penanganan yang serius. Sebagai calon guru, mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) perlu memperoleh pembekalan kemampuan menulis yang baik. Pembelajaran berbasis life skills akan mengarahkan mahasiswa untuk terampil menyelesaikan permasalahan-permasalahan kehidupan yang semakin kompleks. Pemilihan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) didasarkan atas pertimbangan bahwa lahirnya sebuah gagasan memerlukan stimulus. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis esai mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran CIRC berbasis life skills. Penelitian ini dilakukan di Jurusan TBI semester 2, tahun akademik 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, baik dari aspek kemampuan dalam memilih tema, merumuskan judul, mengorganisasikan gagasan, menganalisis, maupun teknik penulisan. Dengan demikian, penerapan model CIRC efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis esai.


The low skill of writing IAIN student Syekh Nurjati Cirebon requires serious handling. As a prospective teacher, students of Tadris Bahasa Indonesia (TBI) need to obtain good writing skill. Life-based learning skills will lead students to skillfully solve complex life problems. The selection of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) is based on the consideration that the birth of an idea requires a stimulus. For that purpose, a classroom action research is conducted to know the improvement of students' essay writing skills through the application of CIRC learning model based on life skills. This research was conducted in Department of TBI semester 2, academic of 2015/2016. The results showed that students' writing ability improved in each cycle, either from the aspect of ability in choosing the theme, formulating the title, organizing ideas, analyzing, and writing techniques. Thus, the application of the CIRC model is effective to apply in essay writing.


Keywords


essay, writing, model Cooperative Integrated Reading and Composition

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2009. Pokoknya Menulis. Bandung: Angkasa.

Budiyono, Herman. 2012. â€Mengembangkan Paragraf Sesuai Fungsi dan Posisi dalam Rangka Menulis Sebuah Tulisan Esaiâ€dalam Jurnal Pena, Vol. 2, No. 2, Juli.

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Djuharie, O.S. dan Suherli. 2001. Panduan Membuat Karya Tulis: Resensi, Laporan Buku, Skripsi, Tesis, Artikel, Makalah, Berita, Essei, dll. Bandung: Yrama Widya.

Nunan, David. 1989. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Rachmawati, Dea Triani. 2014. Penerapan Metode Menulis Berantai dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen. Universitas Pendidikan Indonesia .

Sukirman, Dio Syukur. 2013. Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIII. Bandung: STKIP Siliwangi.

Suwandi, Sarwiji. 2015. “Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi untuk Mewujudkan Bangsa yang Unggul dalam Konteks Masyarakat Ekonomi Aseanâ€. Seminar Nasional dengan tema “Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)†yang diselenggarakan STKIP Siliwangi Bandung, 25 November 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahab, Rohmalina. 2012. “Reformulasi Inovasi Kurikulum: Kajian Life Skill untuk Mengantarkan Peserta Didik Menjadi Warga Negara yang Sukses†dalam TA’DIB, Vol. XVII, No. 02, Edisi Desember 2012.

Widiati, Utami. 2008. Pembelajaran Membaca-Menulis Terpadu Melalui Buddy Journals untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris dalam BAHASA DAN SENI, Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008.




DOI: 10.24235/ileal.v2i2.1360

Article Metrics

Abstract view : 845 times
PDF - 2715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â