Karakteristik Teks Resensi pada Portal Apresiasi Online sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (Characteristics of Review Texts on Online Appreciation Portals as Indonesian Language Learning Materials in High Schools)
(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to describe topics, discourse structures, building blocks of cohesiveness, and their use as learning materials in high schools. The data sources were 10 online appreciation portals including Bacapetra.co, Kurung Buka, Buruan, Labrak, Metafor.id, Digital Madrasah, Lensastra.id, Ngewiyak.com, and Balairungpress. The results of the study show (1) the dominant sensitivity topic is about social issues regarding tensions between those who dominate and ordinary people, gender tensions, and economic problems; (2) the text structure consists of opening paragraphs, connecting paragraphs, and closing paragraphs; (3) cohesiveness building elements in the form of grammatical cohesion, namely reference, substitution, deletion, and conjunctions and lexical cohesion, namely repetition, synonymy, collocation, hyponymy, antonym, and equivalence; (4) the text in the relevant online portal is used as learning material for 11th-grade high school students, especially in phase F of the Independent Curriculum. Learning Outcomes of Reading and Viewing Elements with TPACK-based learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan topik, struktur wacana, unsur pembangun kohesivitas, dan pemanfaatannya sebagai materi ajar di sekolah menengah atas. Sumber data penelitian berupa 10 portal apresiasi online antara lain Bacapetra.co, Kurung Buka, Buruan, Labrak, Metafor.id, Madrasah Digital, Lensasastra.id, Ngewiyak.com, dan Balairungpress. Hasil penelitian menunjukkan (1) topik resensi yang dominan adalah tentang permasalahan sosial mengenai kesenjangan antara yang berkuasa dan masyarakat biasa, kesenjangan gender, dan masalah ekonomi; (2) struktur teks terdiri atas paragraf pembuka, paragraf penghubung, dan paragraf penutup; (3) unsur pembangun kohesivitas berupa kohesi gramatikal, yaitu pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan konjungsi serta kohesi leksikal, yaitu repetisi, sinonimi, kolokasi, hiponimi, antonimi, dan ekuivalensi; (4) teks dalam portal online relevan dimanfaatkan sebagai materi ajar pada siswa kelas 11 SMA terutama pada fase F Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran Elemen Membaca dan Memirsa dengan pengajaran berbasis TPACK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, V., & Restiyanti Pratiwi, D. (2021). Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 196–209.
Adi, W. (2018). Analisis Tekstual Gaya Bahasa Iklan Harbolnas Versi Sakit Jiwa Toko Online Bukalapak.com di Internet. Communicology, 6(2), 1–16. https://doi.org/10.21009/Communicology.0602.01
Anamaryanti, A., Syarif, H., & Rozimela, Y. (2015). Students’ Ability and Problems in Writing Review Text at Grade XII SMAN 4 Kerinci Kemampuan dan Masalah Siswa Dalam Menulis Teks Review di Kelas XII SMAN 4 Kerinci. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 16(1), 1–16.
Arvianto, F. (2018). Telaah Wacana Tekstual pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 22–42. https://doi.org/10.29408/Edc.V12i1.839
Asih, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal Diksatrasia, 2(1), 37–45.
Badara, A. (2013). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Kencana Prenada Media Group.
Bulan, A., & Kasman, K. (2018). Critical Discourse Analysis of Ahok’s Speech in Kepulauan Seribu. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 50–57. https://doi.org/10.31002/transformatika.v2i1.555
Daely, B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menyusun Resensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Education and Development, 8(2), 304–311.
Derin, T., Susilo Putri, N., Nursafira, M. S., & Hamuddin, B. (2020). Discourse Analysis (DA) in the Context of English as a Foreign Language (EFL): A Chronological Review. ELSYA: Journal of English Language Studies, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/elsya.v2i1.3611
Dwinuryati, Y., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas The Analysis of Grammatical and Lexical Cohesion in Exposition Text by Grade 10 Students. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p61-69
Hartanto, B. (2015). Analisis Unsur Kohesi dalam Wacana Bahasa SMS (Short Message Service). Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 90–106. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v1i1.74
Heyd, M. (2017). How to Write a Book Review-and Why You Should. Journal of Hospital Librarianship, 17(4), 349–355.
Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (Tuter Tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.1998
Ikania, R. (2020). Kohesi Gramatikal Pada Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari. Prosiding Seminar Literasi V “Literasi Generasi Layar Sentuh,†614–630.
Johnson, R. B., & Christensen, L. B. (2014). Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches. SAGE Publications, Inc.
Khany, R. (2014). Translation Students ’ Knowledge of Lexical Cohesion Patterns and Their Performance in the Translation of English Texts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 925–931. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.501
Khuzzallatifah. (2020). Penggunaan Kohesi dalam Teks Resensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Literasi V “Literasi Generasi Layar Sentuh,†319–327.
Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2020). Jenis-jenis Tekas Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS. Yrama Widya.
Krippendorff, K. (1980). Content analysis : an introduction to its methodology. Sage Publication.
Kusmaniyah, S. (2012). Pengembangan Model STAD Bhineka dalam Pembelajaran Menulis Resensi Berkonteks Multikultural Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik SMA. SELOKA, 1(2), 108–114. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V1I2.694.
Kusnawan, W., & Sugianto, D. A. (2018). Analisis Wacana Iklan Televisi “Tolak Angin Versi Budaya Truly Indonesia†Tinjauan Situasi Sosial Budaya, Aspek Gramatikal dan Leksikal. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan.
Kusuma, A. P., & Sabardila, A. (2022). Analisis Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Novel Layangan Putus. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 374–388. https://doi.Org/10.29408/Sbs.V5i2.5971
Kuswandari, A. H., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2017). Analisis Wacana: Representasi Pendidikan Indonesia Pada Berita Online Detik.Com (Discourse Analysis: Representation of Education in Indonesia On Detik.Com Online News). Metalingua, 15(2), 145–152. http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v15i2.120
Latsiya, K. P., & Baehaqie, I. (2016). Keefektifan Pembelajaran Menyunting Teks Ulasan Film dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 42–48. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i2.14707
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed). Sage Publications.
Musaffak. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 224–232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618
Nurkholifah, A., Supriadi, O., & Mujtaba, S. (2021). Analisis Kohesi dan Koherensi pada Isu Nasional di Media Online Kompas.com dan Jawapos.com Edisi April 2021. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4309–4319. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1279
Oka, I. G. N., & Suparno. (1994). Linguistik Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Oktavia, W., & Zuliyandari, D. (2019). Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual dalam Naskah Drama Bunga Rumah Makan Karya Utuy Tatang Sontani. LINGUA, XV(2), 223–233. https://doi.org/10.15294/lingua.v15i2.19038
Pramitasari, A. (2022). Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pada Lirik Lagu “Kita†Group Band Sheila On 7. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 224–235. https://doi.org/10.29408/sbs.v5i2.6297
Prasetya, H. A., & Murata, T. (2020). A model of opinion and propagation structure polarization in social media. Computational Social Networks, 7(1), 1–35. https://doi.org/10.1186/s40649-019-0076-z
Rakhmawati, A., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2015). Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Naskah Drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil Karya Arifin C. Noor Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 3(2), 1–17.
Rustono, & Sari, S. W. (2011). Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal dalam Karya Ilmiah Siswa SMA Sekota Semarang. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 27–44. https://doi.org/10.15294/lingua.v7i1.866
Situmorang, U. Y., Pastika, W., & Made Madia, D. I. (2021). Analisis Kohesi, Koherensi, dan Skematik Teks Surat Pembaca Bali Post Terkait Covid-19 Periode Maret-Agustus 2020. Journal of Indonesian Language and Literature, 01,(01), 125–141. https://doi.org/https://Doi.Org/10.24843/Stil.2021.V01.I01.P10
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2018). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Sukriyah, S., & Sumarlam, D. (2018). Kohesi Gramatikal Referensi Pronomina Persona Dalam Cerita Anak, Cerita Remaja, dan Cerita Dewasa Pada Kompas. Lingua Didaktika, 12(1), 59–75. https://doi.org/10.24036/ld.v11i2.10462
Sumarlam. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Pustaka Cakra.
Tjahyadi, I. (2020). Analisis Kohesi Gramatikal Dalam Teks Puisi Pasar dan Wanita Yang Kencing di Semak Karya Mardi Luhung. Parafarase: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, 20(2), 95–110. https://doi.org/10.30996/Parafrase.V20i2.4112
Ulfa, R., Ghazali, S., & Santoso, A. (2020). Sarana Kohesi Dalam Kumpulan Puisi Cinta Karya Kahlil Gibran "Melancholic Gibran Karya-Karya Syahdu Penggugah Jiwa". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 637–645. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13488
Ulinnuha, R., Udasmoro, W., & Wijaya, Y. (2013). Critical Discourse Analysis: Theory And Method In Social and Literary Framework. Indonesian Journal of Applied Linguistics 2(2), 262–274. https://doi.org/10.17509/ijal.v2i2.170
Wijayanti, L. M., Suharto, T., & Soleh, D. R (2018). Kritik Sosial dan Nilai Moral dalam Stand Up Comedy Indonesia Episode 7 di Televisi Nasional Kompas (Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual. Widyabastra, 06(2), 21–33. http://doi.org/10.25273/Widyabastra.V6i2.3594
Windiatmoko, D, U. (2016). Analisis Wacana dalam Gurindam XII dan Nilai Pendidikan Karakter serta Implikasinya sebagai Materi Ajar Sastra. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(3), 12–22. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4016
Wisudawati, A. F., & Setyani, N. I. (2018). Critical discourse analysis of global warming public service advertisement: implication for students. EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 3(2), 149–160. https://doi.org/10.30659/e.3.2.149-160
DOI: 10.24235/ileal.v9i1.13211
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â