Keterbacaan Teks Berita di Kompas.com sebagai Alternatif Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Readability of News Texts on Kompas.com as an Alternative Teaching Material for Indonesian Language Subjects)
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Abstract
The aim of this research is to describe the readability of news texts on Kompas.com as teaching material for class 8 Indonesian SMP/MTs. This research is a literature study. The data in this research are 30 Kompas.com news texts collected using documentation techniques. Readability level was measured using Fry charts. Steps to analyze data include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data was carried out by theoretical triangulation. The results showed that two texts were at the 7th grade reader level, five texts were at the 8th grade reader level, six texts were at the 9th grade level, eleven texts were at the 10th grade reader level, five texts were at the 11th grade reader level, and one text was at the 11th grade level. reader class level 12. The results of this research can be used as an alternative teaching material in schools for Indonesian language subjects, especially news text material for grade 8 SMP/MTs.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterbacaan teks berita di Kompas.com sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs. Penelitian ini merupakan studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah 30 teks berita Kompas.com yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Tingkat keterbacaan diukur menggunakan grafik Fry. Langkah menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua teks berada pada tingkat pembaca kelas 7, lima teks pada tingkat pembaca kelas 8, enam teks berada pada tingkat kelas 9, sebelas teks pada tingkat kelas pembaca 10, lima teks pada tingkat kelas pembaca 11, dan satu teks berada pada tingkat kelas pembaca 12. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi teks berita kelas 8 SMP/MTs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Edumaspul, 6(1), 974–980.
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa. Salaka, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Akbar, Atmazaki, & Basri, I. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4), 12–19.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fatin, I. (2020). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 dengan Formula Fry Idhoofiyatul. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–23.
Fauzi, H. I. R., Suryanto, E., & Wijayanti, K. D. (2018). Analisis Bentuk Kohesi dan Koherensi Wacana Berita dalam Majalah Panjebar Semangat sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP. Jurnal KATA, 2(1), 158–171.
Fuad, M. & Suyanto, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Berita Berbasis Metode karyawisata. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 22(1), 54–77. https://doi.org/10.23960/aksara/v22i1.pp54-77
Gilliland, J. (1972). Readability. London: University of London Press Ltd.
Ginanjar, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(2), 175–181. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216
Handini, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita bagi Siswa SMP Kelas VIII. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 4(2), 233–241.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8.
Harjasujana, A. S. & Yeti, M. (1997). Membaca 2. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku PGSM Dikti.
Hidayati, P. P., Ahmad, A., & Inggriyani, F. (2018). Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahasiswa PGSD. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 116–124. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496
Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100–106.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
Krisbianto, S., Taufik, R. R., & Anastasya, M. (2020). Pengaruh Konten Berita dan Teknik Pengambilan Gambar terhadap Akurasi Berita. Jurnal Digital Media dan Relationship, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i1.241
Kusmana, S., Mulyaningsih, I., Suryaman, M., & Septiaji, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia (Development Of Fables Text Teaching Materials With Local Authenticity For Indonesian Language Learning). Sawerigading, 27(1), 55-65. Doi: Https://Doi.org/10.26499/Sawer.V27i1.894
Kusuma, S. (2016). Posisi Media Cetak di tengah Perkembangan Media Online di Indonesia. InterAct, 5(1), 56–71.
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120
Nastiti, D., Rahardjo, S. B., & VH, E. S. (2017). Analisis Tahapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur dalam Bahan Ajar yang Disusun oleh Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 249–253. Diakses tanggal 9 Oktober 2023, dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11421
Nida, F. (2022). Keterbacaan Teks pada Artikel Berita Seeker. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(2), 148–157. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.148-157
Nugraha, F. S. & Andhita, P. R. (2021). Hierarki Pengaruh dalam Pemberitaan Gibran sebagai Kandidat Walikota Surakarta di Solopos.com. Avant Garde, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1242
Nuryasana, E. & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Oktaviani, Irma, D. & Yuliani. (2018). Validitas dan Keterbacaan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 7(2), 142–147.
Pangestu, A. & Putri, S. A. R. (2022). Pola Pemberitaan Media Online Kompas.com dalam Pelaporan Serangan Terorisme di Indonesia 2016-2020. Jurnal Kajian Jurnalisme, 5(2), 193–208. https://doi.org/10.24198/jkj.v5i2.34429
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 278–285. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i2.26986
Prastowo, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Pujiyanti, E. (2017). Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4), 407–416.
Rafli, N. A., Pratiwi, W. D., & Syafroni, R. N. (2023). Analisis Framing Berita Roots Day sebagai Bahan Ajar Teks Berita SMP. Jurnal Education and Development, 11(1), 160–167. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4305
Rahma, R. (2016). Keterbacaan Teks pada Buku Model Bahasa Indonesia Tematik SD Kelas Tinggi Kurikulum 2013. Riksa Bahasa, 2(1), 94–103.
Saleh, M. & Sultan, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(2), 117–129.
Sarimanah, E., Soeharto, S., Ramadhanti, A., Suhendra, & Efendi, R. (2021). Investigating Indonesian Textbooks Readability Using Fry Graph Formula. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 207–218.
Septiana, R. E. & Rahmawati, L. E. (2021). Implementasi Eufemisme dalam Berita Utama Surat Kabar Tempo sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Smp. Prasi, 16(01), 40–50. https://doi.org/10.23887/prasi.v16i01.34100
Septyani, D. E., Rafli, Z., & Muliastuti, L. (2020). Keterbacaan Wacana Buku Teks BIPA “Sahabatku Indonesia†Tingkat Madya. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 13–23. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.5448
Sidiq, V. A. R. A., Triyadi, S., & Pratiwi, W. D. (2022). Analisis Kelengkapan Unsur Berita Detik.com serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 240–264.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, A. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 6(2), 123–136. https://doi.org/10.31289/jap.v6i2.1051
Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Tahmidaten, L. & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tunggal, I. D. A. (2022). Perbedaan Perceived Quality dari Millenials Yogyakarta terhadap Kompas TV dan Kompas.com sebagai Media Berita. Kinesik, 9(1), 49–61. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i1.300
Wahyuningsih, Setiawan, K. E. P., & Kasimbara, D. C. (2020). Penggunaan Kalimat Tidak Efektif pada Penyusunan Naskah Soal Buatan Guru. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(2), 67–79.
Wasike, B. (2016). Preaching to the Choir? An Analysis of Newspaper Readability Vis-A-Vis Public Literacy. Journalism, 19(11), 1570–1587. https://doi.org/10.1177/1464884916673387
Wulandari, E. S., & Setiawan, H. (2022). Framing Berita Ujaran Kebencian Bahar Bin Smith dalam Berita Kompas.com dan CNN Indonesia sebagai Bahan Ajar Teks Berita Siswa SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2549–2555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2427
Yasa, K. N. (2013). Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Keefentifan Teks Berbahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3), 238–245.
Yetisia, M., Emidar, & Arief, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 204–210.
DOI: 10.24235/ileal.v9i1.13189
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â