PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS CERITA PENDEK YANG BERORIENTASI PADA KARAKTER CINTA TANAH AIR
(1) IKIP PGRI MADIUN
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar menulis cerita pendek dengan karakter cinta tanah air. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Mantingan Ngawi. Tahapan penelitian, meliputi: pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produksi awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir, dan desiminasi serta implementasi. Hasil pengembangan buku ajar ditunjukkan pada tahap-tahap sebagai berikut. Validasi buku ajar dinilai oleh dua validator yang menunjukkan bahwa buku ajar termasuk dalam kategori baik karena persentase ≥ 75%. Uji coba terbatas melalui angket, wawancara guru, dan observasi pengamat. Hasil uji coba lapangan diperoleh nilai siswa dalam menulis cerita pendek rata-rata 80. Jadi, dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis cerita pendek dengan karakter cinta tanah air layak digunakan sebagai buku ajar menulis cerita pendek kelas VIII.
Â
This study aims to develop textbooks to write a short story with the character of love homeland. The research was conducted at SMPN 1 Mantingan, Ngawi. Research stages include: initial information collection, planning, development of initial production formats, preliminary trials, product revisions, field trials, product revisions, field tests, final product revisions, and dissemination and implementation. The results of textbook development are shown in the following stages. The textbook validation was assessed by two validators indicating that the textbook was included in either category because the percentage was ≥ 75%. Limited trials through questionnaires, teacher interviews, and observer observations. The results of the field test obtained the value of students in writing an average short story 80. So, it can be concluded that the textbook writing short stories with the character of love the homeland worthy of use as a textbook to write a short story class VIII.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, Bambang Eko Hari dan Panji Kuncoro Hadi. 2006. Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek Dengan Strategi Tanggapan Dan Penggambaran Strategi Tanggapan dan Penggambaran Ulang (STPU) Pada Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun. Madiun: Jurnal Pendidkan. Vol. 12, No 2: 208- 226.
Dwiyono, Agus dkk. 2002. Integrasi Budi Pekerti dalam PPKn.Jakarta: Yudhistira.
Harefa, Andrias. 2002. Sekolah Saja Tidak Pernah Cukup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khan, Yahya. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Koesoema, Doni A. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosida Karya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Widyaningrum, Heny Kusuma dan Fauzatul Ma’rufah Rahmanumeta. 2016. Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Madiun: Proceedings Internasional Seminar Faculty of Education (FoE). Volume 1, Mei 2016.
DOI: 10.24235/ileal.v2i2.1199
Article Metrics
Abstract view : 762 timesPDF - 821 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â