Narasi Kearifan Lokal Gerabah Pademawu sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Seni Madura (Narrative of Local Wisdom of Pademawu Pottery as Teaching Material Indonesian Containing Madurese Art)
(1) Universitas Islam Malang
(2) Universitas Islam Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
This study focuses on describing Pademawu pottery which is used as teaching materials for Indonesian Madurean art. The Pademawu community is one of the producers of pottery with the best quality, pottery products have been widely exported abroad. Pademawu pottery contains the values of local wisdom at every stage of its manufacture so that it is strategically arranged as teaching materials for Indonesians. The research method is qualitative descriptive with an ethnographic approach to obtain an overview of the content of virtue and wisdom in Pademawu pottery that can be implemented in Indonesian subjects. The novelty of this research is the study of the narrative of Madurese wisdom on Pademawu pottery as teaching material for Indonesians, especially in affective and psychomotor aspects. The results showed that there is material content in pottery related to the basic competencies of the 2013 Curriculum so it has the potential to be used as teaching materials for Indonesian adaptive Madurese local wisdom.
Penelitian ini berfokus mendeskripsikan gerabah Pademawu yang digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia bermuatan seni Madura. Masyarakat Pademawu merupakan salah satu produsen gerabah dengan kualitas terbaik, hasil gerabah sudah banyak diekspor ke luar negeri. Gerabah Pademawu mengandung nilai-nilai kearifan lokal pada setiap tahap pembuatannya sehingga strategis disusun sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk memperoleh gambaran muatan kebajikan dan kebijaksanaan pada gerabah Pademawu yang dapat diimplementasikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kebaruan penelitian ini adalah kajian narasi kearifan Madura pada gerabah Pademawu sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia, khususnya dalam aspek afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat muatan materi yang ada pada gerabah yang berkaitan dengan kompetensi dasar Kurikulum 2013 sehingga berpotensi dijadikan bahan ajar Bahasa Indonesia adaptif kearifan lokal Madura.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, A. (2017). Preferensi Bentuk Cerita Pendek Humor Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Kembara, 3(2), 123–124.
Anggraini, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Technologi Entertaiment Designe (TED) dan Cloud Computing. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 101–116. https://doi.org/10.15408/dialektika.v7i2.13601
Anggraini, S., Rusmianto, N. E., & Agustina, E. S. (2015). Pembelajaran Memahami Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas X. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(4), 1–8.
Arianti, D. (2021). Kearifan Lokal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 115–123.
Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4), 12–28.
Chandra, A. A., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal. Widyaparwa, 49(1), 111–123. https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i1.304
Hariadi, J. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi: (Sebuah Alternative Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. DOI: 10.21580/at.v8i1.1163
Hastuti, I. (2013). Perkembangan Usaha Industri Kerajinan Gerabah, Faktor yang Mempengaruhi dan Strategi Pemberdayaan pada Masyarakat di Desa Malikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2), 127–145.
Kasmi, H. & Zamana, M. (2019). Nilai-nilai Sosial Budaya dalam Teks Cerpen Kearifan Lokal Pembelajaran Sastra SMA Se-Banda Aceh. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 107–117.
Kormasela, D. A., Dawud, & Rofiuddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), 1056–1065. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kurniawati, F. & Gunansyah, G. (2019). Semanggi Suroboyo Desa Kendung Benowo-Surabaya sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 3061–3070.
Kusmana, S., Mulyaningsih, I., Suryaman, M., & Septiaji, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia (Development Of Fables Text Teaching Materials With Local Authenticity For Indonesian Language Learning). Sawerigading, 27(1), 55-65. Doi: Https://Doi.Org/10.26499/Sawer.V27i1.894
Kusumaningrum, Y. D. (2014). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan pada Peserta Didik di SMA Al Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 190–200.
Kutsiyah, F. (2020). Keragaan Potensi Desa di Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Melalui Pendekatan One Tambon One Product Village. CERMIN: Jurnal Penelitian 4(2), 350–364. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i2.724
Manurung, E., Rizkiyah, M., & Lubis, F. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Generasi Muda pada Masa Pandemi Covid-19 dan Era Globalisasi. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhyidin, A. (2021). Representasi Kearifan Lokal Jawara dalam Novel Kelomang (The Representation of the Champion’s Local Wisdom in the Kelomang Novel). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 175–188. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.5230
Nadlir. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 299–330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Pranowo & Sari, A., D., Y. (2021). Bentuk Bahasa dan Sikap Bahasa di Media Sosial untuk Menanggulangi Covid-19: Penelitian Pragmatik. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 159–177.
Ratnosumirat, A. A. & Gunasyah, G. (2016). Keramik Desa Balong-Blora sebagai Sumber Belajar Berbasis Konservasi dan Etnopedagogi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 1–23.
Risdiyanti, I. & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese Culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Sadik, A. S. (2014). Memahami Jati Diri, Budaya dan Kearifan Lokal Madura. Jawa Timur: Balai Bahasa Jawa Timur.
Sari, R. N. & Gunansyah, G. (2018). Batik Gedhog Desa Kedungrejo-Tuban sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1769–1780.
Soulisa, I. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Film Keluarga Cemara Karya Yandi Laurens. J-MACE Jurnal Penelitian, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.34124/jmace.v2i1.14
Sucita, D. N. (2020). Eksistensi Tradisi Pembuatan Gerabah Tradisional dalam Kaitannya dengan Pelaksanaan Upacara Agama Hindu di Desa Banyuning Kabupaten Buleleng. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agam Hindu, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36663/wspah.v3i1.45
Sueca, N. I. (2018). Integrasi Kearifan Lokal pada Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik di sekolah Dasar. Jurnal Hukum Agama Hindu Widya Kerta, 1(1).
Sugiarti, & Andalas, E. F. (2018). Perspektif Etik dalam Penelitian Sastra. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Suharti, & Faidin. (2022). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Kerajinan Gerabah di Sekolah Dasar Inpres Waduwani Kabupaten Bima. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 433–442. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3516
Suharti & Susilana, R. (2020). Implementasi Muatan Lokal Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 36–49. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.10
Sukesti, R. (2017). Langkah Awal Pengkajian Perkembangan Bahasa pada Novel Indonesia: Kekhasan Bentuk Kalimat dalam Novel Siti Nurbaja. Widyaparwa, 45(1), 93–106.
Sulastri, S., Simarmata, M., & Hartati, M. (2019). Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penunjang Mata Kuliah Kajian Fiksi. Cakrawala Linguista, 2(1), 1–8. https://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i1.1288
Sundari, J. & Nainggolan, E. R. (2017). E-Marketplace Desa Gerabah untuk Pengrajin di Desa Bumi Jaya Serang Banten. Journal Industrial Servicess, 3(1), 68–73.
Suryandari, N. D., Bara, S. T., Sunardi, Setiawani, S., & Yudianto, E. (2018). Etnomatematika Gerabah Bayat Desa Malikan Klaten sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Kadikma, 9(2), 118–126.
Sutarsih. (2016). Campur Kode dari Bahasa ke dalam Bahasa Indonesia Tuturan Masyarakat Keturunan Arab di Kampung Pekojan Semarang. Widyaparwa, 44(2), 175–183.
Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of Social Studies Learning Model Based on Local Wisdom in Improving Students’ Knowledge and Social Attitude. International Journal of Instruction, 12(3), 375–388. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a
Valendra, V. & Suprayitno. (2020). Gerabah Desa Rendeng-Bojonegoro sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 111–120.
Wahyuni, S., Ambarwati, A., Junaidi, Ghony, J., & Osman, Z. (2022). Authentic Assessment Model In Literature Learning Integrated Multicultural Character. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 5(2), 134–150. https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4668
Wahyuningsih, N. (2013). Keberadaan Artefak Gerabah di Desa Melikan. Sejarah dan Budaya, 8(2), 197–211.
Wardani, et Al. (2017). Analisis Teks Anekdot Bermuatan Karakter dan Kearifan Lokal sebagai Pengayaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 68–77.
Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Smart, 1(2), 257–265.
DOI: 10.24235/ileal.v9i1.11459
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â