Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to describe literacy habituation in elementary schools which includes implementation, obstacles, and solutions. This qualitative research uses data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use interactive analysis. The results of the study show that the implementation of literacy in Indonesian language learning in elementary schools complies with the provisions of the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology. The obstacles encountered were the low literacy culture of students, the lack of utilization of facilities and infrastructure by students, and the teacher did not provide examples of literacy habituation. The solution is in the form of providing a library, using teaching aids, using information technology media, fun literacy programs and activities, providing reading corners, teachers choosing appropriate books for students, and forming reading clubs.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan habituasi literasi baca tulis di Sekolah Dasar yang meliputi pelaksanaan, hambatan, dan solusi. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi baca tulis pada pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar sudah sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hambatan yang dihadapi berupa rendahnya budaya baca tulis pada siswa, kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana oleh siswa, guru tidak memberikan contoh habituasi literasi baca tulis. Solusinya berupa penyediaan perpustakaan, penggunaan alat peraga, pemanfaatan media teknologi informasi, program dan aktivitas literasi yang menyenangkan, penyediaan sudut baca, guru memilihkan buku yang layak untuk peserta didik, serta pembentukan klub membaca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyi, I. R., Ghufron, S., Rahayu, D. W., & Hidayat, M. T. (2020). Gerakan Literasi Sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 93 - 105. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/454/402.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282 - 289. https://doi.org/doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Ariani, S. E. M., Sukarno, & Chumdari. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Bumi 1 Kota Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 08(449), 1 - 6. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.43674.
Ati, A. P. & Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105 - 113. https://jurnal.unimed.ac.id.
Azis, A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, 2(1), 57 - 64. https://www.youtube.com/watch?v=SoJkO99sdFg.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685.
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ghazali, A. S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 108 - 118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.
Ismayani, R. M., Latifah, L., & Ahmadi, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pembelajaran Sintaksis melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC). Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 158–170. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2450.
Ismiyasari, F. N., Sutama, Widyasari, C., & Abidin, Z. (2020). Problematika Pembelajaran Literasi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Prosiding SNDIK Magister Pendidikan Dasar UMS, 29–40.
Jaedun, A., Haryanto, V. L., & Rahardjo, N. E. (2014). An evaluation of The Implementation of Curriculum 2013 at The Building Construction Cepartment of Vocational High Schools in Yogyakarta. Journal of Educatio, 7(1), 14 - 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/joe/article/view/5757.
Khuzaemah, E., & Ummi, H. U. (2020). Bahan Ajar Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Integrasi Keilmuan di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.6978.
Kusmana, S. (2017). Pengembangan Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 140–150.
Lear, E., Li, L., & Prentice, S. (2016). Developing Academic Literacy Through SelfRegulated Online Learning. Student Success, 7(1), 3 - 23. https://doi.org/https://doi.org/10.5204/ssj.v7i1.297.
Mariati, N. P. A. M., Sudiarsa, I. W., Sanjiwani, N. M. S., & Putra, P. A. P. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Negeri 15 Pemecutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 78–86.
Maruti, E. S. (2022). Ketahanan Literasi Anak-Anak di Masa Pandemi melalui Aplikasi Let’s Read. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 247–260. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9298.
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491 - 498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.
Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 384 – 390. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230.
Mudana, I. G. A. M. G. (2020). Pembelajaran Literasi Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Agama, 6(2), 1 - 10. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/vs.v6i2.2041.
Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970.
Mustika, P. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Perpustakaan terhadap Minat Kunjungan Siswa SMPN 1 Batang Anai. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 4(1), 305 - 314. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/5527.
Mustofa, A., Parji, P., & Soleh, D. R. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 24 - 35. https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH.
Mutji, E. J., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103 - 113. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133.
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115 - 128. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/paedagogia.v13i2.36000.
OECD. (2017). Reading Performance PISA 2015. Retrieved from https:data.oecd.org/pisa/reading-performance-pisa.
Padmadewi & Artini. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 1 – 17. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562.
Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 1 - 9. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199.
Qomariah, S. S. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 33 - 47. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPEB.
Rochmah, Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan Mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 110–115. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.288.
Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53 - 63. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.258.
Saepudin, E. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat (Studi Kasus pada Masyarakat di Kabupaten Bandung). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 271 - 282. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkip.v3i2.10003.
Sari, N. A. M. Y. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi Dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 94 – 103. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14708.
Setyaningrum, D. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 28 - 50. https://doi.org/https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbsi/article/download/8751/8404.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, H. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68 – 82. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3376.
Suryaman. (2015). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11 - 21. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496.
Susanti, D. A. (2018). Library, The Defender of Indonesian Lieracy Culture. Edulib, 8(2), 180 – 193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17509/edulib.v8i2.11235.
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116 - 123. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.
Wahyuni, S., Hindun, I., & Setyaningrum, M. Y. (2020). Implementasi PPK Berbasis Kelas Melalui Literasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Malang. SASAMBO: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 196–208. https://doi.org/https://journal-center.litpam.com/index.php/Sasambo_Abdimas/index.
Wardani, L. S. P., & Sabardila, A. (2020). Kualitas Argumentasi Mahasiswa dalam Wacana Debat “Budaya Literasi Sekolah†pada Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(3), 341 – 350. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.61.
Wibisono, Y. T. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Sumurwelut III/440 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(13), 2394 – 2404. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/26294/24080.
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78 – 92. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.
Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat. Pendas: Primary Education Journal., 1(1), 51 – 58. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55.
Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497 – 503. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.
DOI: 10.24235/ileal.v8i2.11052
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â