Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis of School Exam Questions Using the Iteman Program)

Rizka Abri Pradani(1*), Anwar Efendi(2),


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the items based on content validity, reliability, level of difficulty, item discrimination, and the operation of the distractor on the junior high school examination questions in Rembang Regency for the 2021/2022 academic year. Data were obtained from the answer sheets of 32 students of SMPN 1 Kaliori using the Iteman program. The results showed that seven items were in the difficult category, 20 were in the moderate category, and 13 were in the easy category. Meanwhile, based on the Differential Power Index (IDB), it can be seen that seven items are in a bad category, 13 items are in the sufficient category, 14 items are in a good category, and 2 items are in the very good category. The rest are in a bad category. The test item writing team can use research findings as evaluations, and teachers can use them to improve the quality of each item tested.

Penelitian ini bertujuan menganalisis butir soal berdasarkan validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, dan pengoperasian distraktor pada soal Ujian Sekolah SMP di Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dari lembar jawaban 32 siswa SMPN 1 Kaliori dengan menggunakan program Iteman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh butir soal berkategori sulit, 20 berkategori sedang, dan 13 berkategori mudah. Adapun berdasarkan Indeks Daya Beda (IDB) dapat diketahui bahwa tujuh butir soal berkategori buruk, 13 butir soal berkategori cukup, 14 butir soal berkategori baik, dan 2 butir soal berkategori sangat baik. Sisanya berkategori tidak baik. Tim penulis soal tes dapat menggunakan temuan penelitian sebagai evaluasi, dan guru dapat menggunakannya untuk meningkatkan kualitas setiap item yang diuji.


Keywords


item analysis; iteman program; school exam questions

Full Text:

PDF

References


Agustiana, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 26–35. DOI: https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203

Ali, R. M., & Hastuti, D. (2022). COLLEGE: A Universal Tool to Assess Indonesian Student’s Soft Skills. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640(Iccie), 19–24. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.004

Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 1–26. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919

Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35-47. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aripin, I. (2017). Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjang SMA. Mangifera Edu: Jurnal Biologi and Pendidikan Biologi, 2(1), 43–49.

Aryana, S., Burhanudin, M., Fauziya, D. S., & Wagiran, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) (Evaluation of Indonesian Language Course Online Learning Using the Context, Input, Process, Product (CIPP) Model). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 425–438. DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10284

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 1-12.

Basri, K., Baidowi, B., Junaidi, J., & Turmuzi, M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 682–694. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.107

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Dalam Binus. Citra Wacana Medika.

Dewi, N. P., Rahmi, Y. L., Alberida, H., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 138-146. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/512

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15–26. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.173

Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN (Analysis of exercise items for odd semester end of semester Indonesian language subjects class. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 160–180. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20530

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17-28. DOI: https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.267

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Kosasi, S. (2014). Penerapan metode jaringan saraf tiruan backpropagation untuk memprediksi nilai ujian sekolah. Jurnal Teknologi, 7(June 2014), 20–28. DOI: https://doi.org/https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1012

Kristyasari, M. L. (2021). Validitas dan Reliabilitas Instrumen CTTMC pada Pembelajaran IPA Terpadu SMP. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 76–85.

Kurniawan, D. D., Syifa, A., Huda, N., & Kusuma, M. (2022). Item Analysis of Teacher Made Test in Biology Subject. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640(Iccie), 312–317. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.057

Ma’rifah, U., Algiovan, N., & Sutarsyah, C. (2021). An Item Analysis of English Test During Online Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(12), 647–654. DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3396

Monica, S., & Sudarman, Y. (2013). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Seni Budaya Kelas VII di SMPN 29 Sijunjung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mulyaningsih, I. (2020). Ability of Indonesian Teachers Candidates in Preparing a Lesson Plans. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 218–234. DOI: https://doi.org/10.21009/bahtera.192.03

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. BPFE.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. DOI: https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan model Rasch pada pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah kejuruan Iteman and rasch model analysis on the development of critical thinking instruments for vocational school students. 4(2), 224–233.

Pasi, S. N., & Yusrizal. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTSN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 6(2), 195–202.

Prihono, E. W. (2019). Validitas Instrumen Kompetensi Profesional pada Penilaian Prestasi Kerja Guru Professional Competency Instrument Validity on The Assessment of Teacher Work Performance. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 897–910. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.529

Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMAN 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2022 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214.

Rahmi, L. (2017). Studi Validitas Soal Pilihan Ganda Buatan Guru Mata Pelajaran Geografi SMA di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Geografi, 6(1), 61–67. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.24036/geografi/vol6-iss1/179

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian. Jakarta: Erlangga.

Sari, A. W., Mudjiran, & Alizamar. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal serta Implikasi. Jurnal Bikotetik., 01 (02), 37–72. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada MAN Sampit. EduSains, 4(2), 1689–1699. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.514

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setyawarno, D. (2017). Penggunaan Aplikasi Software Iteman (Item and Test Analysis) untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya, 1(1), 11–21. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jifp.v1i1.866

Sufanti, M., Hakim, L., & Luckiyanti, R. (2014). Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP. Kajian Linguistik dan Sastra, 26(2), 113–119. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7540

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.50

Susetyo, A. M. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Semester Kelas VIII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 187–198. DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2789

Utomo, W. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Daur Hidup Beberapa Makhluk Hidup dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Klatakan 02 Tanggul Tahun Pelajaran 2010/2011. Pancaran Pendidikan, 4(1), 105–116.

Vitalocca, D., & Mardiana, A. N. (2019). Pelatihan analisis butir tes dengan Program ITEMAN pada guru-guru SMK di Kabupaten Sidrap. Prosiding Seminar Nasional, 120–123.

Yani, A., Asri, A. F., & Burhan, A. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2), 98–115. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.7410

Yuslita, H., Zulfan, & Arifin, M. (2016). Analisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Semester Ganjil di SMA Negeri 5 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015-2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 139–145. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v1i1.1784




DOI: 10.24235/ileal.v8i2.11002

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â