PENGARUH ATRIBUT PRODUK, TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DAN JARINGAN KANTOR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH

Toto Sukarnoto(1*),


(1) IAI Bunga Bangsa Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRACT

 

The development of Islamic banking is more modern, based on Islam and have many wide range of products, features and facilities other services do not automatically become Islamic banking as a solution to the transactions and banking services expected by the whole society, it can not be separated from their weaknesses, so they lack of perceived levels of customer satisfaction.

Based on the background described can be formulated as the problem through the following questions: 1. What attributes of the product, the quality level of service and branch network of Islamic banking at Bank Jabar Banten sharia Tangerang City? 2. What product attributes, the quality level of service and office networks affect the level of customer satisfaction in the transaction of Islamic banking at Bank Jabar Banten sharia in Tangerang city? 3. How is the relationship between product attributes, the level of quality of service and network of offices on the level of customer satisfaction in the Islamic banking at Bank Jabar Banten sharia Tangerang City ?.

The purpose of this study include: 1. Information on product attributes, the quality level of service and branch network of Islamic banking at Bank Jabar Banten sharia in Tangerang city. 2. The effect of product attributes, level of service quality and network of offices on the level of customer satisfaction in the Islamic banking Islamic Bank Jabar Banten Tangerang City. 3. The relationship between product attributes, the level of quality of service and network of offices on the level of customer satisfaction in the Islamic banking at Bank Jabar Banten sharia in the city of Tangerang.

While the method of research in this thesis is a quantitative method of data collection in the form of observations, questionnaires, documentation and literature. In this study, using a sample as respondents 251 respondents with a population of 671 customers.

Based test of ANOVA or Fcount on can Fcount was 31.572, while F (0:05; 3.247) = 2.641, since Fcount>Ftable; 31.572> 2.641, then H0 is rejected. This means that influences of product attributes (X1), Quality of Service (X2) & Office Network (X3) to the level of customer satisfaction (Y) Bank Jabar Banten Syariah in Tangerang.

So that every time there is a change in the variable X is the product attributes, quality of service and network of offices will affect the level of customer satisfaction.

 

Keywords : Product Attribute; Quality of Service; Network of Office and Customer Satisfaction.

 

ABSTRAK

 

Berkembangnya perbankan syariah yang semakin modern, berasaskan Islam dan telah banyaknya berbagai macam produk, fitur dan fasilitas layanan lainnya tidak secara otomatis menjadi perbankan syariah sebagai solusi atas transaksi dan pelayanan perbankan yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, hal tersebut tidak terlepas dari adanya kelemahan sehingga masih kurangnya tingkat kepuasaan yang dirasakan nasabah.

Berdasarkan latar belakang yang dijelaskan maka dapat dirumuskan masalahnya melalui pertanyaan sebagai berikut ini : 1. Bagaimana atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor perbankan syariah pada bank bjb syariah Kotamadya Tangerang? 2. Apakah atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah dalam bertransaksi perbankan syariah pada bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang? 3. Bagaimana hubungan antara atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor terhadap tingkat kepuasaan nasabah perbankan syariah pada bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang?.

Adapun tujuan penelitian ini antara lain: 1. Informasi atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor perbankan syariah pada bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 2. Pengaruh atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor terhadap tingkat kepuasaan nasabah perbankan syariah pada bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 3. Hubungan antara atribut produk, tingkat kualitas pelayanan dan jaringan kantor terhadap tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah pada bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang.

Sedangkan metode penelitan dalam penyusunan tesis ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebagai respondensinya sebanyak 251 responden dengan populasi 671 nasabah.

Dari uji ANOVA atau Fhitung , didapat F hitung adalah 31,572 , sedangkan  F(0.05; 3,247) = 2,641, karena FHitung > Ftabel ; 31,572 > 2,641, maka H0 ditolak. Artinya Terdapat pengaruh Atribut Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2) & Jaringan Kantor (X3) terhadap Tingkat kepuasan nasabah (Y) bank bjb Syariah di Kotamadya Tangerang.

Sehingga setiap terdapat perubahan dalam variabel X yaitu atribut produk, kualitas pelayanan dan jaringan kantor akan mempengaruhi tingkat kepuasaan nasabah.

 

Kata Kunci : Atribut Produk; Kualitas Pelayanan; Jaringan Kantor; dan Kepuasaan Nasabah.

 

 


Keywords


Atribut Produk; Kualitas Pelayanan; Jaringan Kantor; dan Kepuasaan Nasabah.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami bisnis bank syariah. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, U. (2006). Metode penelitian sosial. Unpar press.

Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations

kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami bisnis bank syariah. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, U. (2006). Metode penelitian sosial. Unpar press.

Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami bisnis bank syariah. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, U. (2006). Metode penelitian sosial. Unpar press.

Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami bisnis bank syariah. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, U. (2006). Metode penelitian sosial. Unpar press.




DOI: 10.24235/inklusif.v6i1.8433

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 Analisis Web Lihat Statistik Saya
 

Â