Model pengembangan ukm industri ekonomi kreatif di kota cirebon dalam presfektif ekonomi islam
(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author
Abstract
Quardple helixwhere government, businessmen, academicians, and communities become the main actor from the model. In Cirebon, there are some problems faced by creative economic actors as follows lack of competent human resources, lack of capital, and lack of marketing access.
This study got the result as an action conducted by the Cirebon authorities in supporting the progress of creative economy as follows conducting entrepreneurship training, UMKMgo online training, product packaging training, and taxation training. In capital sector, the actions can be financing socialization, program socialization from the Ministry, and checking to ensure the reality of UKM. In marketing sector, the actions can be the improvement of partnership for small medium enterprise with private sectors, the implementation of UKM product promotion, the cooperation with market place online, the cooperation with supermarket and mini market and the supplying of Web UMKM
Key Words : Creative Economy, Model, Islami
Abstrak
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep diera ekonomi baru yang mengutamakan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama Dalam pengembanganya ekonomi kreatif khususnya di Jawa Barat menggunakan model Quardple helix dimana peran pemerintah, pengusaha, akademik dan komunitas menjadi aktor utama dari model tersebut, Di kota cirebon terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku ekonomi kreatif diantaranya adalah sumber daya manusia yang kurang kompeten, kurangnya modal, serta akses pemasaran masih lokal.
Hasil dari penelitian ini berupa tindakan yang dilakukan oleh pemerintah kota cirebon dalam mendukug pengembangan ekonomi kreatif seperti, mengadakan kegiatan Pelatihan kewirausahaan, Pelatihan UMKM go Online, Pelatihan pengemasan produk dan Pelatihan perpajakan. Dalam bidang permodalan hal yang dilakukan berupa kegiatan Sosialisasi permodalan, Sosialisasi program dari kementrian serta Pengecekan untuk memastikan kebenaran UKM. Dalam bidang pemasaran hal yang dilakukan berupa Peningkatan kemitraan bagi usaha kecil menengah dengan pihak swasta, Penyelenggaraan promosi produk UKM, Kerjasama dengan market place online, Kerjasama dengan supermarket dan mini market serta Penyediaan Web UMKM.
Kata kunci : Ekonomi Kreatif, Model, Islam
Full Text:
PDFReferences
ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY AbaoutCirebon.id. “Disperindag Kota Cirebon Dorong IKM Lebih Kreatif Dan Mandiri,†2018. http://m.kumparan.com.
Aprilyani, Jane. “SDM Topang Pertumbuhan Ekonomi Kreatif,†2018. https://www.kontan.go.id.
Arif. “Dongkrak Ekonomi Kreatif Putra Daerah Ini Inisiasi Gerakan Kemakmuran Cirebon,†2017. http://www.tribunnews.com.
Chandra, Ardian Adhi. “Kendala Yang Dihadapi Pelaku Industri Kreatif,†2016. https://m.detik.com.
Chapra, Umer. Ekonomi Dan Tantangan Ekonomi, Islam Kontenporer. Surabaya: Risalah Gusti, 1999.
Denzin, Normank, Andyvonna, Lincolin. “Handbook of Qualitative Research 2nd Edition.†California, 2000.
Devi. “Program Kegiatan Dinas Perdagangan, Koprasi Dan Usaha Kecil Menengah Kota Cirebon 2017.†Cirebon, 2017.
———. “Program Pemerintah Kota Cirebon (DISPERINDAG) Dalam Menangani Masalah Pemasaran.†2018.
———. “Usaha Pemerintah Kota Cirebon (DISPERINDAG) Dalam Menangani Masalah Pemasaran.†2018.
———. “Usaha Pemerintah Kota Cirebon (DISPERINDAG) Dalam Menangani Masalah Permodalan.†2018.
Djafar, Muhamad. Etika Bisnis Dalam Islam. Malang: UIN Malang Pres, 2007.
Fathoni, Anwar. “Konsep Pemasaran Dalam Presfektif Hukum Islam.†Jurisdictie UPN 9 (2018): 136.
Julita, Lidya. “Gabung Dilapak Baru Untuk IKM Dan UKM Jualan Online, Apa Syaratnya?†Cirebon, February 2018. http://economy.okezone.com.
Larassaty, Ayu Lucy. “Kontribusi Sumberdaya Manusia Di Bidang Industri Kreatif.†Bandung, 2016.
Ma’ruf. “Untuk Ketiga Kalinya Pelaku Umkm Di Kota Cirebon Dapatkan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online,†2018. http://dkis.cirebonkota.go.id.
Mediawati, Elis. Konsep Utang Dan Modal Dalam Islam. Bandung: UPI Pers, 2013.
Mustofa. “Potensi Pariwisata Dan Perdagangan Kota Cirebon,†2017. http://disporabudpar.kotacirebon.go.id.
Nadia, Citra. “Cirebon Kota Pertama Di Gelar Bisma Goes to Get Member,†2018. www.bekraf.go.id,.
Pangestu, Mari Lela. Kebangkitan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Retas Bekraf, 2016.
Wartoyo. Pemetaan Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Pengembangan Dan Peningkatan Ekonomi Kota Cirebon. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2017.
Wawan. “SDM Jadi Kendala Utama Industri Kreatif,†2012. www.Kompas.com.
DOI: 10.24235/inklusif.v4i1.3705
Article Metrics
Abstract view : 197 timesPDF - 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 |
Â