WISATA HALAL: POTENSI EKONOMI BARU INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN CIREBON

EVA SITI ROPIAH(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The tourism industry is a collection of inter-related tourism businesses to meet the demand of foreign tourists and domestic tourists, an increase in the number of tourists is an economic potential of a region. One tourism industry is halal tourism. Halal tourism is a journey that is done with the intention of being grateful for what God has created, so that in its implementation the Islamic Shari'a is implemented with the aim of increasing faith. Cirebon Regency PAD in 2017 amounted to 779,337.85 million rupiah. Tourism sector in Cirebon Regency in 2017 has an effect of 2.3%. In 2017 tourist arrivals increased from the previous year, which was 713,591 people. Economic potential for halal tourism in Cirebon Regency can be seen from pilgrimage, culinary, culture that can continue to be developed into a lucrative economic potential especially with the support of the government and other elements such as academics and practitioner.

Keywords: tourism industry, local goverment revenue, halal tourism

 

Abstrak

Industri pariwisata merupakan  kumpulan usaha wisata yang saling terkait untuk memenuhi permintaan wisatawan asing maupun wisatawan domestik,  peningkatan jumlah wisatawan merupakan potensi  ekonomi  suatu daerah. Salah satu  industri wisata  adalah wisata halal.  Wisata halal merupakan perjalanan yang dilakukan dengan niat mensyukuri apa yang telah Allah ciptakan, sehingga dalam pelaksanaannya syariat-syariat Islam diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan. PAD Kabupaten Cirebon  pada tahun 2017 sebesar 779.337,85 juta rupiah. Sektor Pariwisata di Kabupaten Cirebon pada tahun 2017 berpengaruh sebesar 2.3%. Tahun 2017 kunjungan wisatawan meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 713.591 orang. Potensi ekonomi pada wisata halal di Kabupaten Cirebon dapat dilihat dari wisata ziarah, kuliner, budaya yang dapat terus dikembangkan menjadi suatu potensi ekonomi yang menggiurkan terlebih dangan adanya dukungan pemerintah serta elemen lainnya seperti akademisi maupun praktisi.

Kata  kunci: industri pariwisata, PAD,  wisata   halal

Full Text:

PDF

References


Adiakurnia, Muhammad Irzal. “5 Empal Gentong Khas Cirebon Yang Harus Anda Coba.†2017, n.d. https://travel.kompas.com/read/2017/12/23/150200927/5-empal-gentong-khas-cirebon-yang-harus-anda-coba.

Ali, Abdullah. Tradisi Kliwonan Gunung Jati: Model Wisata Religi Di Kabupaten Cirebon. Cirebon: Pemerintah Kabupaten Cirebon, 2007.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bappelitbangda Kabupaten Cirebon. “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cirebon 2014-2019,†n.d.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial:Format-Format Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2003.

Cecep. “Hasil Wawancara Dengan Anggota Bidang Pariwisata Disbupdparpora Kabupaten Cirebon,†2018.

Edwin. “Hasil Wawancara Dengan Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora Kabupaten Cirebon,†2018.

Guntur Sakti. “Siaran Pers : Indonesia Berada Di Peringkat 2 Global Muslim Travel Index 2018,†2018. kemenpar.go.id.

———. “Siaran Pers : Menpar: Berada Di Peringkat I GMTI, Wisata Halal Indonesia Akan Mudah Rebut Pasar Global,†2018. kemenpar.go.id.

Harum, Sisca. “Hotel Verse: Akomodasi Nyaman Untuk Bisnis Dan Liburan,†2017. marketplus.co.id.

Jaelani, Aan. “Event and Festival in Cirebon: Review of Shariah Marketing Mix.†Management, no. 6461 (2007). https://doi.org/10.1111/j.1574-0862.2010.00507.x/abstract.

———. “Islamic Tourism Development In Cirebon: The Study Heritage Tourism in Islamic Economic Perspective,†2016, 1–24. http://www.researcherid.com/rid/D-6905-2016.

Kemenparekraf. “Kajian Pengembangan Wisata Syariah,†2015.

Kurnia, Muhamad Irzhal Adia. “Tak Hanya Religi, Ini Wisata Menarik Lainnya Di Kabupaten Cirebon,†2017. https://travel.kompas.com/read/2017/05/13/120700727/tak.hanya.religi.ini.wisata.menarik.lainnya.di.kabupaten.cirebon.

Kurniawan Gilang Widagyo. “Analisis Pasar Pariwisata Halal Di Indonesia.†The Journal of Tauhidinomics, 2015.

Marzuki. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE UII, 1995.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.




DOI: 10.24235/inklusif.v3i2.3392

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 Analisis Web Lihat Statistik Saya
 

Â