PENGARUH TEMPAT USAHA, DISPLAY PRODUK DAN PERSONAL SELLING SECARA ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR BATIK DESA TRUSMI KABUPATEN CIREBON TAHUN 2018

Nurlela Ilyasa(1*),


(1) PASCASARJANA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

This study aims to find out how big the influence of business premises, display products and personal selling in Islam, to the purchase decision by consumers in the market of batik Trusmi Village Cirebon Regency. The results of this study indicate that the value of place of business positively affect the value of purchasing decisions by consumers in the market of Trusmi Village Batik Cirebon with a correlation relationship range of 82.44%. The value of product display positively influence the value of consumer buying decision by 97.21% The value of personal selling Islam positively affects the value of consumer purchasing decision by 89.11%. The value of place of business, product display and personal salling in Islamic way together influential positively to the value of purchasing decision by consumer equal to 80,28%, the establishment of business place value, product display and personal selling in Islam and purchasing decision is caused by variable or other factors not examined in this study.

 

Keywords   : Market, Batik, Place, Display Product, Personal Selling Islam.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan seberapa besar pengaruh tempat usaha, display produk dan personal selling secara Islam, terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di pasar batik Desa Trusmi Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tempat usaha berpengaruh secara positif terhadap nilai keputusan pembelian oleh konsumen di pasar batik Desa Trusmi Kabupaten Cirebon dengan kisaran hubungan korelasi sebesar 82,44%. Nilai display produk berpengaruh secara positif terhadap nilai keputusan pembelian oleh konsumen sebesar 97,21% Nilai personal selling secara Islam berpengaruh secara positif terhadap nilai keputusan pembelian oleh konsumen sebesar 89,11%. Nilai tempat usaha, display produk dan personal salling secara Islami secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap nilai keputusan pembelian oleh konsumen sebesar 80,28%, terbentuknya nilai tempat usaha, display produk dan personal selling secara Islam dan keputusan pembelian tersebut disebabkan oleh variabel atau factor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

 

Kata Kunci

: Pasar, Batik, Tempat, Display Produk, Personal Selling Islam.

 

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abi abbas Syihabuddin. Mukhtasor Sahih Bukhari. Yogyakarta: Andi Aziz, 2006.

Bahreusyi, Salim. Terjemahan Riadus Sholihin II. Bandung: Al Ma’arif, 2006.

Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. 6th ed. Bandung: Alphabeta, 2004.

Handi, Chandra. Marketing. Yogyakarta: AMP YPKN, 2008.

———. Marketing Untuk Orang Awam. Palemban: Maxikom, 2010.

Hendri Ma’ruf. Pemasaran Ritel. 2nd ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Hendro, Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga, 2011.

Idri. Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta : Prenadamedia Group, 2015.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Kotler, Philip., and A.B Susanto. Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2002.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. Marketing Management. Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Kotler, Philip, and a.B Susanto. Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2002.

latif, Abdel kader Chachi dan Abdul. Islamic Marketing Ethics and Its Impact on Customer Satisfaction in the Islamic Banking Industry. t.tp : Proceedings of HTC, 2008.

Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Munir Badri. Administrasi Perkantoran Modern. Surabaya: Pratama, 2007.

Muslih. Etika Bisnis Islami Landasan Filosofis, Normatif, Dan Substansi Implementatif. Yogyakarta: Ekonisia., n.d.

Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Stanton, William J. Prinsip Pemasaran. Pacific Basin Finance Journal. Jakarta: Erlangga, 2001.

Swastha, Basu, and Irawan. Manajemen Pemasaran Moder. Yogyakarta: Liberty, 2005.

Swastha, Basu. Azas-Azas Pemasaran. Yogyakarta: Liberty, 2002.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam. Malang: Bayu Media, 2014.

Umar, Husein. Study Kelayakan Bisnis. 3rd ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.

“Web Pages.†accessed Desember 11, 2017. http://fe.umj.acer.id/index.php?option=com,Rozali www.

Wawancara dengan Bapak Joni Priyatna petugas PD. Pasar Batik Trusmi pada tanggal 12 Maret 2018.

Wawancara dengan Bapak Yudi salah Satu pemilik kios batik Pada tanggal 12 Maret 2018.

Profile Kewirausahaan Batik Trusmi Kabupaten Cirebon Tahun 2018.




DOI: 10.24235/inklusif.v3i2.2885

Article Metrics

Abstract view : 328 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 Analisis Web Lihat Statistik Saya
 

Â