Relevansi Metode Baghdadiyyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Ponpes Shohibul Barokah Indramayu
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Baghdadiyyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an; 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Baghdadiyyah; 3) Untuk mendeskripsikan seberapa relevansinya metode Baghdadiyyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri usia MI/SD di Ponpes Shohibul Barokah Desa Rawadalem Balongan-Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan desain penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan obervasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan penulis menemukan bahwa: 1) Pelaksanaan metode Baghdadiyyah di MMB 2 putra dan putri sudah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Dan tahapan-tahapan pelaksanaan metode Baghdadiyyah-nya sudah tertata dengan rapih; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an di MMB 2 putra dan putri yang dilaksanakan setiap hari, santri dapat mengidentifikasi huruf Hijaiyyah dengan baik. Untuk pengucapan/pelafalan makhorijul huruf dan panjang-pendeknya bacaan, ada beberapa santri yang tidak bisa mengucapkannya dengan baik. Namun, sebagian santri bisa mengucapkan/melafalkan makhorijul huruf dan panjang pendeknya bacaan dengan baik dan benar; 3) Metode Baghdadiyyah masih sangat tepat diterapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri usia MI/SD di MMB 2 putra dan putri, karena cara pengajaran motode ini di mulai dari memperkenalkan dasar (asal) huruf Hijaiyyah sehingga santri tahu dan dengan mudah untuk membaca Al-Qur’an, dan metode ini juga membuat santri lebih fasih untuk membaca Al-Qur’an-nya.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Baghdadiyyah, Kemampuan MembacaFull Text:
PDFReferences
Al Halim, A. Adibudin dan ‘Azizah, Wida Nurul. (2018). Upaya Penigkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Pengenalan Huruf Hijaiyyah menggunakan Metode Qoidah Baghdadiyah ma’a Juz’amma (Turutan) di Kelas 1 A MI Ma’arif NU 01 Tritih Kulon. Jurnal Tawadhu. Vol. 2 N0. 1.
Al-Fatih. (2018). Metode Al-Baghdadiyyah. Jurnal Pendidikan dan Keislaman. Vol. 1 No. 1.
Animous. (1414). Juz’amma. Surakarta: Alwah.
Anirah, Andi. (2015). Optimalisasi Metodelogi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Minat Anak Santri, Istiqra. Jurnal Penelitian Ilmiah. Vol. 3 No. 1.
Ar Rasikh. (2019). PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH: Studi Multisitus pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib. Jurnal Penelitian Keislaman. Universitas Islam Negeri Mataram. Vol.15 No.1 : 14-28.
Arif, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres. Halaman 39.
Budiyanto, M. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqra’ (Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an). Yogyakarta: AMM. Halaman 5-6.
Hasbullah. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Halaman 51.
Ma’mun, Muhammad Aman. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam: Annaba. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang. Vol. 4 No. 1.
Nasution, S. (1972). Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Nawawi, Muh. Husain. Al-Burhan Fi Bayani Halamtil Qur’an. Halaman 2-3.
Rifai, Moh dan Ghoni, Rosihin Abdul (Penerjemah). (1991). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: CV. Wicaksana.
Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu. Halaman 4.
Sugandi, A. (2000). Teori Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Halaman 29.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Halaman 225-244).
Tim Penyusun Kamus P3B. (1898). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Amani.
Ummah, Siti Sumihatul dan Wafi, Abdul. (2017). Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Qur’an bagi Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Pamekasan Yogyakarta. Vol. 2.
Zainuddin, Muhammad Ihsan. Keutamaan-Keutamaan Al-Qur’an. E-Book Islam.
Zakiyah, D. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Halaman 86.
DOI: 10.24235/ijee.v5i1.8948
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id