PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

maman rusman(1*), nailatul millah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Kecerdasan memiliki manfaat yang besar bagi siswa, untuk perkembangan dirinya dan perkembangan sosialnya. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk membantu siswa mengembangkan potensinya. Salah satunya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan-kegiatan dalam ekstrakurikuler bertujuan untuk pembinaan watak, mental, emosional, dan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan interpersonal. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Expost Facto. Teknik penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji determinasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan interpersonal. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji determinasi yaitu 31,9%. Sedangka hasil uji hipotesis diperoleh siginifikasi sebesar 0,001 dan besarnya alfa adalah 0,05, artinya nilai signifikasi kurang dari alfa sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Interpersonal.

 

 

 

 

Abstract

Intelligence has great benefits for students, for their development and social development. School are formal education institutions that carry out guidance, teaching, and training programs to help students develop their potential. One of them is throught extracurricular activities, such as scot extracurricular activities. Scout extracurrcular activities aim at character, mental, emotional, and physical formation. This study aims to determine whether ther is the influence of scout extracurricular activities on interpersonal intelligence. The method in thid study was quantitative with an Ex Post Facto design. The research technique uses quetionnaires, observation, and documentation, while the data analysis technique uses the normality test, hypothesis testing, and determination test. The result of this study indicate a significant influence between scout extracurricular activiteis on interpersonal intelligence. This can be seen form the results of the calculation of the determination test which is 31,9%,. While the result of the hypothesis test obtained significance of 0,001 and the alpha size was 0,05, meaning that the significance value is less than alpha so Ho is rejected and Ha is acccepted.

Keywords: Extracurricular Scout, Interpersonal Intelligence.

                                                                                                


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Affandi, M. R. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekastrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan karakter Siswa di MI Tasmirit Tarbiyah Trenggalek. Skripsi. 1-101.

Basuki. (2007). Kecerdasan Emosional; Esensi dan Urgensinya dalam Pembinaan Perilaku. Jurnal Cendekia, 3(1), 133-150.

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16-21.

Dazeva, V. (2012). Perbedaan Kecerdasan Emosional Siswa Ditinjau dari Jenis Kegiatan Kurikuler. Psikologi-onlinne, 7(2), 81-92.

Esti Yuniandri, R. T. (2014). Metodologi Penelitian dan Statistik. Bogor: In Media.

Kemendikbud. (2014). Kepramukaan Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawan, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision.

Monawati. (2015). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 21-32.

Noor, R. M. (2012). The Hidden Cirriculum: Membangun karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD 01 Purwokerto. Jurnal Pendidikan, 5(1), 115-129.

Sriwayuningsih. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Peserta Didik di MI Laikang Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep. Auladuna:Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 40-47.

PSAP, D. R. (2010). Buku Materi Pramuka Penegak. Purwodadi: DRPSAP.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siskandar. (2008). Pengembangan Multiple Intellgences Melalui Kegiatan Non-Intrakurikuler dalam Rangka Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(2), 119-135.

Sri Woro, M. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 59-73.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, S. A. (2015). Pengaruh Keaktifan dalam Kepramukaan terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD di Gugus Sugarda. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(4), 18-23.

Utami, A. D. (2012). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(2), 138-152.

Utomo, J. (2015). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri IV Wates. Skripsi. 1-68.

Wirajaya, P. D. (2012). Buku Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Yogyakarta: PGSD FIP UNY.

Wulandari, A. T. (2017). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN 2 Nologaten Ponorogo. Skripsi.




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.5922

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â